Sukses

Beauty

Jangan Salah! Ini 4 Tips Merawat Kulit Kering dan Sensitif

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernahkah kamu mengalami sensasi kulit seperti ditarik di seluruh wajah? Atau kulit terasa kering, gatal, dan kemerahan. Jika pernah berarti kulitmu sedang dalam masalah kulit kering dan sensitif

Kulit kering dan sensitif biasanya memiliki ciri-ciri kulit terasa kering, gatal, kemerahan, hingga bersisik. Hal tersebut tentu sangat mengganggu, terlebih jika Sahabat Fimela sering melakukan berbagai aktivitas di luar hingga bertemu banyak orang.

Dilansir dari byrdie.com masalah kulit kering dan sensitif seringkali disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang tak dilakukan dengan benar seperti menggunakan produk yang menyebabkan iritasi dan mandi menggunakan air panas dalam waktu yang lama. 

Setiap jenis kulit pasti memilki perawatan yang berbeda-beda, tak terkecuali kulit kering dan sensitif sehingga Sahabat Fimela harus memerhatikan produk yang digunakan jika tidak ingin kulit terus berada dalam masalah. Berikut 6 tips merawat kulit kering dan sensitif yang harus dicoba.

 

 

1. Jangan Gunakan Banyak Produk Perawatan

Saat kulit sedang dalam masa kering dan sensitif, Sahabat Fimela harus memerhatikan kulit agar tetap “bernafas” dengan mengurangi rangkaian produk perawatan kulit agar kulit wajah tetap sehat.

Dikutip dari self.com dasar rutinitas perawatan kulit sebenarnya cukup sederhana yaitu sabun cuci muka, moisturizer, dan sunscreen untuk membuat kulit tetap sehat. Lebih sedikit produk dan lebih sedikit kandungan membuat sedikit peluang untuk bereaksi terhadap sesuatu dalam rutinitas perawatan kulit.

“Saya menghindari bahan keras apa pun dalam pembersih dan krim topikal, yang berarti hanya menggunakan pembersih lembut dengan bahan minimal di dalamnya, seperti Cetaphil Gentle Cleanser atau Neutrogena Gentle Cleanser.” ungkap Noelani Gonzalez, M.D., direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West dikutip dari self.com.

2. Gunakan Sabun Cuci Muka Khusus

Dalam merawat kulit kering dan sensitif diperlukan produk khusus untuk mengembalikan kesehatan kulit. Oleh karena itu, Sahabat Fimela harus memiliki produk sabun cuci muka khusus yang lembut agar tidak menghilangkan kadar air di kulit  setiap kali mencuci muka.

Perlu diketahui bahwa kulit wajah memiliki minyak utama yang bertindak seperti lem untuk menyatukan pelindung kulit. Apabila Sahabat Fimela merusak atau menghilangkan minyak tersebut dapat membuat pelindung kulit rentan rusak, sehingga sinar UV dan polusi dapat menembus kulit.

Memilih sabun cuci muka khusus menjadi rutinitas penitng dalam perawatan kulit karena mencuci wajah dengan sabun abal-abal dapat menghilangkan kelembapan kulit. Sahabat Fimela dapat menghindari sabun cuci muka yang bebas dari sulfat agar kulit tetap lembap dan sehat.

 

 

3. Lakukan Rutin Perawatan Kulit dengan Cepat

Setelah mencuci muka, sahabat Fimela dapat langsung menggunakan moisturizer dengan formula bebas alkohol untuk melembapkan kulit. Jangan biarkan kulit tidak menggunakan skincare lebih dari satu menit karena dapat membuatnya dehidrasi.

Oleh karena itu, Sahabat Fimela dapat melakukan rutinitas perawatan kulit dengan cepat. Pastikan toner atau moisturizer yang digunakan selalu melembapkan kulit. Selain itu, melakukan rutinitas perawatan kulit dengan cepat dapat membantu mengunci sebagian air yang menghidrasi kulit wajah.

4. Perbaiki Kulit Kering dan Sensitif dengan Krim Malam

Beberapa orang seringkali menghindari penggunaan krim malam agar kulit dapat “bernafas” tetapi beberapa dermatologis menyarankan untuk menggunakan krim malam untuk mengobati kulit kering dan sensitif. Hal ini disetujui karena krim malam dapat bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit saat tidur.

"Pada malam hari saat kulit beristirahat, permeabilitas kulit berada pada titik tertinggi, memungkinkan bahan aktif untuk menyerap jauh di dalam kulit, "kata Rouleau. 

Krim malam pada dasarnya adalah pelembap tanpa tabir surya dan tidak perlu menggunakan produk khusus yang diberi label 'krim malam'. Pelembap apapun tanpa SPF bisa digunakan, asalkan sesuai dengan jenis kulit.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

 

 

What's On Fimela
Loading