Sukses

Beauty

How To: Cara Membuat Scrub Kopi dan Gula untuk Kulit Wajah Cerah

Fimela.com, Jakarta Kulit cerah menjadi dambaan semua orang, khususnya perempuan. Tidak tanggung-tanggung, banyak orang yang rela menghabiskan uangnya untuk perawatan di salon maupun memakai produk mahal untuk segera mendapatkan kulit cerah. Ada juga cara lain yang bisa dicoba, yaitu melakukan perawatan di rumah dengan bahan alami yang dengan mudah kamu temukan untuk mendapatkan kulit cerah.

Kulit adalah organ terbesar tubuh dan penting untuk merawatnya. Eksfoliasi adalah salah satu cara utama untuk melakukannya. Eksfoliasi menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan jerawat, selain itu eksfoliasi membuat kulit tampak lebih cerah dan halus

Salah satu cara terbaik untuk eksfoliasi adalah dengan menggosoknya dengan scrub alami. Jika kamu seperti kebanyakan orang, kamu mungkin menganggap kopi sebagai minuman pagi. Namun yang mungkin belum diketahui adalah kopi juga bisa dijadikan scrub.

Dilansir dari healthline.com, scrub kopi dan gula menjadi cara yang bagus untuk eksfoliasi dan membuat kulit terasa lembut dan halus. Kafein dalam kopi membantu mengencangkan dan mengencangkan kulit, sedangkan gula membantu mengangkat sel kulit mati.

Kombinasi ini juga merupakan cara yang bagus untuk melawan tanda-tanda penuaan. Scrub kopi dan gula dapat digunakan pada wajah dan tubuh. Berikut manfaat dan cara mencerahkan kulit dengan scrub kopi dan gula

Manfaat scrub kopi dan gula

1. Anti penuaan

Scrub kopi dan gula adalah eksfoliator alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit lebih lembut dan halus yang juga membantu mengurangi munculnya keriput dan bintik-bintik penuaan. Scrub kopi dan gula dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan elastisitas kulit.

2. Mencerahkan kulit

Scrub kopi dan gula menjadi cara alami untuk mendapatkan kulit bercahaya. Scrub yang terbuat dari bubuk kopi, minyak, dan gula, jika digunakan secara teratur, dapat membantu memperbaiki penampilan kulit dengan meremajakan dan memberikan kilau segar

3. Memperbaiki kerusakan akibat sinar UV

Kopi merupakan sumber yang kaya antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Scrub kopi dan gula juga membantu meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Baik bintik matahari atau hiperpigmentasi.

4. Perawatan untuk selulit

Studi terbaru menunjukkan bahwa kopi dapat menjadi pengobatan selulit yang efektif. Kopi adalah diuretik alami, artinya membantu membuang racun dan kelebihan air dari tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi munculnya selulit.

5. Bantu hilangkan stretch mark

Ada banyak manfaat menggunakan scrub kopi dan gula untuk stretch mark. Kopi adalah exfoliator yang bagus, yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit dan membuat stretch mark menjadi samar.

Cara membuat dan memakai scrub kopi dan gula

Bahan

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • 1/2 cangkir gula (baik brown sugar atau gula pasir bisa digunakan)
  • 1/4 cangkir minyak kelapa atau minyak zaitun

Campurkan semua bahan dan pastikan tekstur scrub tidak terlalu kering ataupun terlalu basah. Kamu bisa pindahkan scrub ke dalam toples kedap udara dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Gunakan scrub sekali hingga dua kali seminggu pada lengan, kaki maupun wajah. Ambil 1 hingga 2 sendok makan lulur ke telapak tangan. Pijat scrub dengan lembut ke kulit selama 45 hingga 60 detik dengan gerakan melingkar. Bilas scrub setelah selesai.

Mungkin ada beberapa residu berminyak pada kulit sesudahnya. Kamu bisa mencucinya dengan sabun, atau membiarkannya untuk membantu melembapkan kulit. Pertimbangkan menggosok kulit dengan sikat kering terlebih dahulu, karena akan mengeksfoliasi dan merangsang aliran darah dan membuat scrub menjadi lebih efektif saat kamu menggunakannya.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading