Sukses

Beauty

How To: 6 Cara Mengatasi Kulit Kering di Sudut Bibir

Fimela.com, Jakarta Memiliki masalah kulit kering terutama pada area tertentu seperti sudut bibir menjadi masalah yang sangat mengganggu. Selain membuat susah mengunyah makanan, kulit kering di area sudut bibir juga dapat menganggu aktivitas berbincang.

Dilansir dari medicalnewstoday.com kulit kering pada sudut bibir disebabkan oleh banyak masalah dari dehidrasi, alergi, hingga iritasi. Namun, apabila Sahabat Fimela ragu akan penyebab kulit kering di sudut bibir dapat berkonsultasi dengan dokter.

Apa Penyebab Utama Kekeringan di Sudut Bibir?

Kulit kering di sekitar area mulut, terutama sudut bibir seringkali sebabkan oleh hal yang tidak disadari, seperti:

  • Alergi atau iritasi
  • Cuaca dingin atau berangin
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Cuci muka berlebihan
  • Dehidrasi
  • Dermatitis perioral
  • Kondisi medis lainnya, seperti rosacea, eksim, atau psoriasis

Kulit kering yang sering terjadi pada area sudut bibir ini dapat diobati dengan produk perawatan kulit hingga obat-obatan. Namun, untuk menghemat pengeluaran Sahabat Fimela dapat menggunakan pengobatan rumahan dengan harga yang terjangkau dan mudah untuk didapat.

 

 

Cara Atasi Sudut Bibir yang Kering

Sebelum mengobati kekeringan pada sudut bibir, Sahabat Fimela perlu mengetahui penyebab kulit kering di sekitar mulut. Apabila, Sahabat Fimela melihat kulit terkelupas dan bercak kering kemungkinan reaksi dari alergi. Melansir dari skinkraft.com berikut cara mengatasi kulit kering di sekitar mulut, seperti:

1.Gunakan Produk Perawatan Kulit Ringan

Untuk mengobati masalah kekeringan pada sudut bibir, Sahabat Fimela dapat menggunakan sabun cuci muka yang tidak mengandung bahan kimia atau parfum.

Pastikan juga tingkat pH sabun antara 4,7-5,7 (asam lemah). 

Selain itu, hindari penggunaan sabun yang mengandung alkohol, pewangi, dan pewarna buatan karena dapat menyebabkan reaksi alergi dan mengiritasi kulit sensitif. Sahabat Fimela juga dapat menggunakan pelembap yang dapat menenangkan kulit dan membantunya terus terhidrasi.

2. Pakai Tabir Surya

Penggunaan tabir surya dapat menyelamatkan Sahabat Fimela dari berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum bepergian. 

3. Gunakan Humidifier

Penggunaan humidifier di rumah dapat menambah kelembapan, sehingga penggunaan humidifier dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melembapkan kulit dengan mempertahankan kandungan air. Kehadiran humidifier dapat membantu anda terbebas dari masalah kulit kering.

 

 

4. Ubah Kebiasaan Gaya Hidup

Kulit kering terkadang dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, pastikan Sahabat Fimela memiliki kebiasaan gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, Sahabat Fimela dapat beralih ke diet rendah karbohidrat, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Hindari kebiasaan gaya hidup seperti merokok dan mengonsumsi alkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi yang menjadi salah satu penyebab kulit kering.

5. Jangan Lupakan Lip Balm

Menggunakan lip balm sangat penting untuk melembapkan kulit. Sama seperti area kulit lainnya, bibir juga perlu produk yang dapat menjaganya untuk terus terhidrasi. Selain itu, lip balm juga dapat membuat bibir menjadi lembut dan kenyal sehingga jangan lewatkan untuk penggunaan lip balm.

6. Coba Pengobatan Rumahan

Selain produk yang telah disebutkan di atas, Sahabat Fimela juga dapat menggunakan produk rumahan seperti madu untuk mengatasi kekeringan pada area bibir. Seperti yang diketahui madu merupakan bahan alami yang dapat mengobati masalah kekeringan. Hal ini disebabkan karena madu memiliki sifat pelembab yang membantu menenangkan kulit kering. Ambil satu sendok teh madu, tambahkan sejumput gula ke dalamnya dan gosok dengan lembut di bibir  untuk menghilangkan kulit mati.

 

Penulis: Angela Marici 

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading