Sukses

Beauty

3 Cara Ampuh Mengembalikan Warna Kulit yang Belang

Fimela.com, Jakarta Kulit belang merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh banyak orang. Kulit belang mengacu pada kondisi dimana area tertentu kulit menjadi lebih gelap dibanding area kulit lainnya, sehingga memberikan tampilan warna kulit yang tidak konsisten. Hal ini dapat terjadi karena adanya produksi melanin yang berlebih di beberapa area kulit. Kulit belang biasanya terjadi pada area wajah, leher, dan lengan. Meskipun bukan kondisi yang serius dan berbahaya, kulit belang dapatĀ membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Melansir dariĀ stylecraze.com, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit belang, di antaranya adalah:

  • Paparan sinar matahari.
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi.
  • Perubahan hormon.
  • Penuaan.

Namun, tidak perlu khawatir karena kulit belang dapat diatasi dengan beberapa cara agar mengembalikan warna kulit seperti semula. Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan warna kulit yang belang.

1. Rutin Menggunakan Sunscreen

Sunscreen merupakan rangkaianĀ skincare yang wajib digunakan secara rutin setiap harinya, tidak peduli apakah saat akan berkegiatan di luar rumah atau sekedar bersantai di dalam rumah. GunakanĀ sunscreen dengan SPF yang kuat.Ā Mengutip dari thedermaldiary.com,Ā pancaran sinar UVA dan UVB yang dihasilkan oleh matahari sangat berbahaya karena dapat menembus kulit dan menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah molekul yang sangat tidak stabil dalam tubuh yang dapat berekasi dengan sel sehat dan menyebabkan kerusakan sel seperti penuaan, pigmentasi, dan kanker. Oleh karena itu, menggunakanĀ sunscreen secara rutin dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahariĀ agar terhindar dari sinar UVA dan UVB, sehingga masalah kulit belang pun dapat di atasi denganĀ sunscreen.Ā GunakanĀ sunscreen dengan minimal SPF 30 dan jangan lupa untuk selaluĀ re-apply sepanjang hari.

Ā 

Ā 

2. Eksfoliasi

Melansir dariĀ ensoulclinic.com, eksfoliasi dapat membantu membersihkan lapisan sel kulit mati, sehingga ampuh untuk mengembalikan warna kulit yang belang. Melakukan eksfoliasi untuk kulit yang belang dapat dengan menggunakan natural eksfoliator ataupunĀ chemical eksfoliator untuk mengikis lapisan kulit paling atas lebih cepat. Dengan demikian, lapisan kulit baru akan muncul ke permukaan.

Eksfoliasi dapat mempercepat pengelupasan kulit sehingga mampu mengurangi pigmentasi superfisial dan warna kulit yang tidak merata, menjadikan tampilan kulit lebih baik. Lakukan eksfoliasi secara rutin yakni dua kali dalam seminggu untuk hasil yang menakjubkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa regimen eksfoliasi yang terlalu sering justru dapat merusak sel kulit. Jadi, pastikan menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan tipe kulit dan juga tidak melakukannya terlalu sering.

Ā 

3. Ubah Gaya Hidup

Melansir dariĀ ensoulclinic.com, mengubah gaya hidup dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kondisi hiperpegmentasi atau kulit belang. Menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih sebanyak 6 hingga 10 gelas setiap harinya, serta meningkatkan kualitas tidur yakni setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari, maka masalah kulit belang dan bahkan stres pun dapat diselesaikan. Hal ini berpengaruh karena selain akibat paparan sinar matahari, kulit belang juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh.

Selain itu, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari jika inginĀ menghempas kulit yang belang seperti yang dilansir dariĀ healthline.com berikut ini:

  • Alkohol, dapat menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga membuat wajah terlihat memerah dan mengakibatkan warna kulit tidak merata.
  • Makanan pedas, dapat meningkatkan kemerahan pada kulit.
  • Makanan tinggi gula, karena dapat memicu berbagai jenis iritasi kulit. Sedangkan iritasi kulit dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang membuat warna kulit menjadi belang atau tidak merata.
  • Makanan yang terlalu banyak diproses atau berminyak seperti camilan keripik.

Makanan di atas harus dihindari atau dikurangi konsumsinya karena dapat memicu kulit memerah dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Beberapa makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti camilan manis juga dapat mempercepat munculnya keriput dan bintik-bintik tanda penuaan. Sedangkan penuaan juga merupakan salah satu penyebab dari kulit yang belang.

Ā 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Ā 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading