Sukses

Beauty

Selain Melembapkan, Ini 6 Manfaat Ekstrak Bunga Celendula untuk Wajah

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, pernahkah kamu mendengar nama bunga calendula? Mungkin bagi sebagian orang jenis bunga ini masih terdengar asing. Namun, dilansir dari brydie.com celendula merupakan bunga yang berasal dari negara Mediterania Utara. Celendula masih satu keluarga dengan bunga marigold yang terkenal akan sejuta manfaat.

Bunga celendula telah digunakan selama berabad-abad karena memiliki banyak khasiat untuk rangkaian perawatan kulit seperti mengencangkan kulit, mempercepat pertumbuhan luka, dan melindungi kulit dari sinar UV

Berikut manfaat dari ekstra bunga celendula dilansir dari ipsy.com.

Manfaat Ekstrak Celendula

1. Sifat Anti-Inflamasi

Sahabat Fimela pasti kamu kesal bila wajah mengalami peradangan karena dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Kini kamu tak perlu kesal lagi karena ada bunga celendula yang dapat menenangkan kulit dari peradangan.

Bunga ini memiliki sifat anti-inflamasi karena memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan triterpenoid bunga calendula. Sehingga, dapat mencegah dan meredakan kemerahan, nyeri, alergi, dan pembengkakan. 

2. Melembapkan Kulit

Selain mampu membantu meredakan peradangan, bunga calendula juga mampu meredakan kulit. Hal ini dapat terjadi karena ekstrak celendula bersifat seperti lemak esensial yang dapat menyerap nutrisi dan menahan air lebih lama di wajah sehingga tidak menyebabkan kekeringan, serta jadikan kulit lebih halus, kenyal, dan bernutrisi.

 

 

3. Lindungi Kulit Dari Radikan Bebas

Flavonoid yang terkandung dalam celendula tidak hanya mampu menenangkan kulit dari peradangan, melainkan dapat menjadi pelindung. Flavonoid dapat menjadi antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan berupa flavonoid yang terkandung dalam ekstrak calendula mampu menahan radikal bebas, sehingga wajah terhindar dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini berupa munculnya garis halus dan kerutan, hiperpigmentasi, dan kulit kusam.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang diketahui ekstrak bunga celendula telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa celendula mampu menyembuhkan luka bekas operasi caesar.

Selain itu, para wanita yang menggunakan ekstrak bunga calendula juga mengatakan bahwa luka mereka lebih cepat membaik dibandingkan dengan perawatan rumah sakit.

Penyembuhan yang dirasakan para wanita yang baru melahirkan tersebut berasal dari ekstrak celendula yang mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit. Jika aliran darah meningkat ke membuat kulit ternutrisi, serta membantu kulit terlihat lebih sehat dari sebelumnya.

5. Bantu Mengencangkan Kulit

Dalam penggunaan jangka pendek salah satu manfaat dari ekstrak celendula adalah menutrisi kulit, sehingga Sahabat Fimela mendapatkan kulit kencang, kenyal, dan sehat berseri. Sedangkan, dalam penggunaan jangka panjang, sifat anti-inflamasi dan antioksidan dapat membantu melindungi pasokan kolagen dan elastisitas kulit..

 

 

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa celendula berpotensi untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit dengan merangsang pertumbuhan sel-sel baru, sehingga jadikan kulit lebih lembap, kencang, terhindar dari penuaan, dan cerah.

Cara menggunakan Celendula

Dilansir dari brydie.com penggunaan celendula dalam perawatan kulit seringkali dibuat menjadi minyak yang diekstraksi. Dari minyak tersebut dapat diaplikasikan sebagai serum, krim, lotion, dan lainnya.

Dalam penggunaannya, ekstrak celendula aman digunakan setiap hari dalam rangkaian perawatan kulit Sahabat Fimela. Apabila Sahabat Fimela merupakan seseorang yang menyukai DIY dapat membuat body butter, minyak, atau lip balm menggunakan celendula.

Perlu diketahui bahwa celendula tidak boleh dioleskan langsung ke kulit tanpa minyak bawaan karena dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, Sahabat Fimela dapat mencampurkan dengan zat seperti beeswax, petrolatum, shea butter, atau jojoba oil.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading