Sukses

Beauty

6 Cara Aman Pencet Jerawat Menurut Ahli Dermatolog yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi problmatika utama kulit yang hampir dialami semua orang. Bahkan seringkali, untuk mengatasi jerawat tersebut, maka banyak orang menggunakan cara kilat dengan memencet jerawat. Padahal, memencet jerawat merupakan cara yang paling tidak dianjurkan untuk mengatasi jerawat. Dengan cara tersebut, banyak efek yang bisa ditimbulkan, salah satunya iritasi dan infeksi pada kulit. 

Memencet jerawat juga bisa menimbulkan inflamasi dan bekas luka, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui cara memencet jerawat yang aman, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit. Seperti dilansir dari Marieclaire.com, simak sejumlah cara yang disarankan oleh dermatologi untuk memencet jerawat secara aman, walaupun sebaiknya tidak dilakukan. 

1. Evaluasi tipe jerawat

Sebelum memencet jerawat di rumah, pastikan kamu memahami jenis jerawat yang dimiliki. Jika jerawat kemerahan, inflamasi, dan merupakan cystic acne, maka jangan pernah memencetnya. Jika dipaksakan hanya kana menimbulkan peradangan yang berkepanjangan. Jika ingin memencet jerawat, maka jenis jerawat yang memiliki komedo akan lebih cocok, sehingga tidak menimbulkan inflamasi. 

 

2. Kompres dengan benda hangat

Untuk mempercepat penyembuhan, maka gunakan kompres hangat. Lakukan beberapa kali dalam satu hari. Menurut Dr. Nakra, mengompres jerawat bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat putsula, sehingga proses pemencetab jerawat bisa terjadi lebih cepat dan mudah, dan meminimalisir terjadinya iritasi di kulit. 

3. Gunakan pimple patch

Cara efektif dan aman lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan pimple patch. Pimple patch mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus meminimalisir tangan yang usil untuk menyentuh jerawat. Dengan cara ini maka akan meminimalisir iritasi pada kulit. 

4. Selalu bersihkan area jerawat sebelum memencetknya

Pastikan area jerawat bersih sebelum kamu menyentuhnya. Gunakan alkohol 70% persen agar bakteri dan kuman mati sempurna. Lakukan dengan baik sehingga kulit terhindar dari infeksi. 

5. Tusuk jerawat gunakan jarum

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menusuk jerawat menggunakan jarum yang sudah dibersihkan dengan alkohol. Pastikan agar jarum yang dipakai dalam keadaan steril sehingga saat jarum diaplikasikan ke jerawat tidak menimbulkan infeksi. 

 

6. Hindari memencet jerawat memakai jari

Saat mengeluarkan nanah atau komedo, hindari menggunakan jari tangan. Usahakan untuk memakai cotton buds, sehingga tidak merusak jaringan kulit. Lakukan dengan steril, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit. 

6 Cara di atas menjadi cara yang dianjurkan oleh ahli dermatologi dalam mengatasi jerawat. Namun pastikanlah agar memencet jerawat dengan cara yang aman dan sebaiknya tidak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan yang terus menerus dilakukan, sehingga tidak akan merusak jaringan kulit.

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading