Sukses

Beauty

3 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Panu ditandai dengan munculnya bintik berwarna putih pada kulit. Panu bisa muncul di bagian area wajah, punggung, dada, leher dan lengan atas. Munculnya panu di wajah menyebabkan rasa percaya diri menurun.

Panu disebabkan karena adanya jamur Malassezia yang menginfeksi kulit. Panu dapat dialami seseorang saat sistem imunitas tubuhnya sedang lemah. Panu dapat menular ke orang lain dengan cara kontak fisik atau bersentuhan.

Sebenarnya panu akan hilang secara alami setelah 7 hari. Namun, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu di wajah. Berikut cara menghilangkan panu di wajah yang bisa dilakukan:

1. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di wajah yang pertama adalah dengan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang alami, yang bisa mengatasi infeksi jamur penyebab panu. Cara menggunakan bawah putih untuk menghilangkan panu adalah sebagai berikut:

  1. Potong bawang putih menjadi dua bagian.
  2. Gosok bawang putih ke area kulit yang ada panunya.
  3. Biarkan kandungan bawang putih meresap dan membunuh bakteri jamur.
  4. Setelah itu, bilas hingga wajah bersih.

2. Jeruk Nipis dan Belerang

Jeruk nipis dan belerang memiliki manfaat untuk membunuh bakteri panu. Belerang adalah bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Sedangkan, kandungan jeruk nipis membantu menghilangkan iritasi pada panu. Cara menggunakannya adalah:

  1. Campurkan belerang yang sudah ditumbuk dengan jeruk nipis, aduk sampai berbentuk pasta.
  2. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang terdapat panu dan diamkan selama 10 mneit.
  3. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Lidah Buaya

Kandungan sifat anti-inflamasi dan anti-jamur di dalam lidah buaya, bisa membantu menghilangkan panu di wajah. Lidah buaya akan mempercepat penyembuhan panu dan mengurangi iritasi di wajah. Cara menggunakan lidah buaya ini sangat mudah, yaitu:

  1. Pilihlah lidah buaya yang segar dan kupas bagian dagingnya.
  2. Oleskan daging lidah buaya ke area panu. Biarkan sampai mengering dan bilas setelahnya.
  3. Ulangi dua kali dalam sehari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading