Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Jerawat Selain Menggunakan Obat Totol Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi:

  • Produksi minyak (sebum) yang berlebihan
  • Tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati
  • Bakteri
  • Peradangan (inflamasi)

Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Jerawat umumnya bisa diatasi dengan menggunakan serangkaian produk perawatan wajah. Namun ada kalanya jerawat terus berdatangan padahal sudah menggunakan skincare. Kamu bisa coba cara berikut ini untuk membantu proses mengatasi jerawat.

Mulai Dari Bersihkan Wajah

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Cuci wajahmu menggunakan air hangat, lalu gunakan tanganmu dengan arah memutar dengan lembut. Hindari scrub karena dapat membuat kulit berjerawat jadi lebih sensitif lagi karena adanya butiran-butiran scrub. Keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut.

Gunakan sabun cuci muka dengan pH yang sama atau menyerupai kulitmu, yaitu sekitar pH 5. Mengapa? Hal ini mendukung pertumbuhan bakteri baik di kulit yang diperlukan untuk kulit sehat. Kadar pH yang terlalu rendah (asam) atau pH terlalu tinggi (basa) dapat membuat kaget kulit, sehingga dapat membuat kulit sensitif dan iritasi, serta berpotensi menumbuhkan lebih banyak jerawat.

2. Cuka Apel sebagai Toner

Toner dapat membantumu mengembalikan kulit kembali ke pH normal atau pH 5. Gunakan cuka apel atau yang sering disebut dengan apple cider vinegar saat pagi dan sore setelah mencuci muka. Sapukan toner cuka apel dengan kapas di wajah dengan lembut.

Cuka apel mengandung potassium, magnesium, acetic acid serta enzim yang dapat membunuh bakteri jahat yang bersarang di wajah. Karena salah satu faktor dari tumbuhnya adalah wajah kotor penuh kuman, maka cuka apel dapat menjadi toner ampuh untuk menghilangkan jerawat. Jangan lupa untuk mencampurkan air sebelum mengaplikasikan cuka apel ke wajah agar tidak terlalu keras untuk wajah.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Semua orang perlu makan makanan sehat, baik saat kulit berjerawat maupun tidak. Untuk yang memiliki masalah jerawat, mungkin kamu harus evaluasi makanan mu. Apakah makananmu mengandung banyak lemak, gula, atau keduanya? Lemak dan gula adalah musuh terbesar kulit berjerawat.

Susu atau produk yang terbuat dari susu lainnya seperti butter ataupun keju juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Makanlah cukup buah serta sayur untuk menyeimbangkan makananmu. Pilih makanan dengan kandungan vitamin dan nutrisi seperti omega 3 dan vitamin C untuk menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat datang lagi.

Lidah Buaya Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengatasi Jerawat

4. Gunakan Lidah Buaya sebagai Pelembab

Gunakan aloe vera atau lidah buaya sebagai pengganti pelembabmu. Selain aloe vera adalah bahan alami, aloe vera juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat ataupun bekas jerawat.

Aloe vera juga berkhasiat untuk menenangkan iritasi karena rasa dingin yang dapat dirasakan saat diaplikasikan ke kulit.

5. Jangan Sentuh Wajahmu!

Hal yang sangat terdengar mudah tapi sangat sulit dilakukan ialah jangan menyentuh wajah mu, apalagi jerawat. Jangan garuk atau ambil secara sengaja jerawat dengan tangan.

Kebanyakan orang tidak sabar untuk menghilangkan jerawatnya sehingga mereka sering memegang jerawat. Dengan melakukan hal ini, jerawat akan meradang semakin parah, sehingga berpotensi menimbulkan bekas jerawat lebih hitam.

Tangan penuh bakteri dapat mendistribusikan bakteri ke jerawat sehingga jerawat akan semakin merah dan iritasi. Jadi stop sentuh wajahmu dengan tangan kotor, ya!

6. Rutin Mencuci Seprai Kasur dan Bantal

Seberapa sering kah kamu mencuci seprai bantal mu? Seprai bantal harus paling sedikit dicuci satu minggu sekali, karena bantal adalah benda akan sering bersentuhan dengan kulit wajah.

Jika bantal kotor penuh bakteri dan kuman, semua itu akan menempel di wajah, sehingga membuatmu semakin berjerawat. Cucilah seprai bantal, kamu pun dapat mencegah jerawat dengan tidur di bantal yang bersih.

Sering Mencuci Muka Justru Berakibat Buruk Untuk Kulitmu

7. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Mungkin dengan wajah berjerawat atau memiliki minyak berlebih, kamu sering merasa bahwa wajahmu kotor dan perlu dicuci. Mencuci wajah cukup dua kali sehari pada saat mandi pagi dan malam ketika sebelum tidur atau selesai beraktivitas. Lebih dari itu, wajah berpotensi mengalami iritasi dan memproduksi lebih banyak lagi minyak yang dapat menumbuhkan jerawat.

Gunakan pelembab agar kulit mu ternutrisi sehingga kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih, sehingga kamu tidak akan merasa kotor atau ingin mencuci wajah terus.

8. Kompres Menggunakan Es batu

Cara paling mudah dan alami yang bisa kamu lakukan adalah kompres jerawatmu dengan es batu. Es batu mampu meredakan peradangan dan menenangkan kulit.

Selain itu, es batu juga diketahui bisa menghilangkan minyak berlebih serta kotoran penyebab jerawat. Kamu hanya perlu membungkus beberapa es batu dengan kain lalu oles dan diamkan pada wajah selama beberapa detik.

Fokuskan kompres es batu pada bagian jerawat yang kemerahan. Kompres es batu juga sangat ampuh untuk mengatasi jerawat berukuran besar atau disebut jerawat batu. Tentunya, pastikan kain dalam keadaan bersih dan es batu terbuat dari air steril.

9. Biarkan Wajahmu Istirahat

Jerawat memang bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang, terlebih lagi jika sedang memerah meradang. Tak sedikit yang lalu mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan makeup.

Pada saat kulitmu berjerawat, hindari makeup tebal dan riasan berbentuk padat seperti stik dan krim. Sebab produk tersebut biasanya mengandung polyethylene atau ethylhexyl palmitate yang berbahaya untuk kulit berjerawat.

Selain itu, peralatan makeup kamu pun sangat berpotensi mengandung kotoran yang dapat memperparah jerawat. Jika kamu benar-benar perlu menggunakan makeup, pilihlah produk makeup yang berlabelkan “non-komedogenik” yang artinya tidak menyebabkan jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading