Sukses

Beauty

Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Kuku Kaki yang Bisa Dilakukan Selama Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Di tengah musim hujan yang mengguyur hampir setiap hari, kehujanan saat menjalani aktivitas sehari-hari mungkin jadi hal yang sering dialami. Jalanan yang becek hingga genangan air yang sering ditemui di trotoar diam-diam jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kuku kaki, lho.

Yup, di musim hujan seperti sekarang ini, masalah kesehatan kuku kaki jadi hal yang perlu diperhatikan. Cuaca hujan rentan menyebabkan berbagai masalah seperti jamur hingga kutu air. Demi kuku kaki yang tetap sehat dan cantik, ikuti beberapa langkah mudah dalam perawatannya berikut ini yuk!

Bilas Kaki dengan Air Hangat

Bagi yang berkendara dengan angkutan umum atau mungkin naik sepeda motor, mengganti sepatu dengan sandal jepit sering jadi solusi untuk mencegah sepatu kesayangan rusak terkena air hujan. Namun, hal ini jadi bikin kaki rentan terkena air hujan, genangan air, hingga lumpur yang tentu mengandung kuman dan bakteri.

Begitu sampai di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera mencuci kaki. Setelah itu, siapkan baskom berisi air hangat yang berisi cairan antiseptik atau sea salt. Gunakan untuk merendam kaki yang dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang menempel. Lakukan cara ini secara rutin, minimal 3x dalam seminggu.

Gosok dengan Sikat Lembut

Selain merendam kaki di dalam air hangat, tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyikat area kaki dan kuku dengan bantuan sikat lembut dan sabun. Cara ini penting untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela kuku dan sulit dijangkau hanya dengan merendam kaki saja.

Pastikan sikat yang digunakan memiliki bulu yang lembut agar tidak menyebabkan iritasi dan membuat kuku malah terkikis. Gosok secara perlahan di sekitar sela-sela kuku dan jari kaki. Bilas hingga bersih, dan segera keringkan kaki dengan bantuan lap atau handuk bersih.

Jangan Lupa Potong Kuku Kaki Secara Rutin

Coba diingat-ingat kembali, apakah kamu masih sering memotong kuku kaki secara rutin? Karena bagian yang satu ini tersembunyi di bagian bawah tubuh, banyak yang sering melewatkannya. Padahal, memotong kuku kaki secara teratur menjadi salah satu kunci menjaga kebersihannya selama musim hujan.

Jadi, jangan lupa potong kuku kaki secara teratur setiap seminggu sekali. Biar lebih mudah, potong kuku dalam kondisi lembap, misalnya saja setelah mandi atau setelah merendam kaki. Jadi lebih memudahkan ketika membersihkannya.

Jaga Kelembapan Kaki

Last but not least, jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan di area yang satu ini. Pelembap sangat penting untuk menjaga kuku kaki tetap lembap, nggak mudah rapuh dan patah. Selain itu, mengaplikasikan pelembap sambil memberikan pijatan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah di area tersebut.

Menjaga kebersihan kaki merupakan hal yang penting, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini. Dengan kuku yang terjaga kebersihannya, penampilanmu pun akan terlihat cantik maksimal, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading