Sukses

Beauty

Pentingnya Tanggal Kedaluwarsa Produk Skincare Alami, Simak Ini!

Fimela.com, Jakarta Masih sedikit orang yang memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk skincare. Cara kerja tanggal kedaluwarsa adalah produsen menjalankan sejumlah besar uji stabilitas di laboratorium mereka untuk menentukan berapa lama suatu formula bisa bekerja pada kinerja puncak tanpa diubah oleh faktor eksternal.

Ini bisa melibatkan penyimpanan produk dalam berbagai kondisi, seperti tingkat kelembapan dan suhu berbeda, memeriksa perubahan penampilan, tekstur, dan bau dari waktu ke waktu. Produsen juga bisa melakukan pengujian untuk menilai potensi produk mendukung pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya.

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, produsen dapat menentukan umur simpan produk dan hasilnya adalah tanggal kedaluwarsa. Penting untuk diperhatikan bahwa di AS, FDA hanya mewajibkan obat-obatan untuk memiliki tanggal kedaluwarsa.

 

 

Pentingnya memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk skincare alami

Saat berhadapan dengan cosmeceuticals atau biasa didefinisikan sebagai produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan bermanfaat medis, rekomendasinya adalah untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa atua label periode setelah pembukaan kemasan. Tanggal ini seringkali berbeda untuk produk alami.

Dalam hal produk skincare alami, proses penetapan tanggal kedaluwarsa bekerja lebih sama. Namun, mengingat barang-barang ini biasanya mengandung lebih sedikit bahan kimia, kerangka waktunya cenderung jauh lebih pendek.

Pengawet yang digunakan dalam produk skincare alami termasuk minyak pohon teh, asam salisilat, dan glukonolaton, semuanya dianggap efektif dalam mempertahankan komposisi suatu produk, walaupun rentang waktunya lebih singkat daripada alternatifnya.

Apa yang terjadi jika kamu menggunakan produk yang melewati tanggal kedaluwarsa?

Pertama, produk menjadi kurang efektif karena bahan-bahannya memburuk seiring waktu. Kedua, produk tersebut bisa berdampak buruk bagi kulit.

Tapi ada cara untuk memaksimalkan umur produk skincare alami. Pertama, kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara, seperti pompa atau stoples yang bisa diputar.

Ini akan memastikan lebih sedikit paparan udara dan mikroba, dan karena itu lebih sedikit risiko kontaminasi. Menyimpan produk di lemari es juga bisa membantu memperpanjang usia produk dengan menunda pertumbuhan bakteri dan jamur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading