Sukses

Beauty

Tips Perawatan Kulit Kombinasi, Perhatikan Area T-Zone Juga Yuk!

Fimela.com, Jakarta Memiliki tipe kulit kombinasi memang cukup tricky dalam menentukan perawatan yang tepat. Jenis kulit ini biasanya ditandai dengan area T-Zone yang cenderung lebih berminyak, sementara area lain menunjukkan kondisi kulit yang lebih kering. Perbedaan yang cukup signifikan inilah yang sering jadi tantangan tersendiri. Belum lagi area T-Zone yang cenderung mengeluarkan minyak berlebih sering mengganggu penampilan, bikin jadi mudah jerawatan, serta membuat makeup jadi gampang luntur.

Inilah pentingnya memahami perawatan yang tepat untuk pemilik kulit sensitif, terutama di area T-Zone yang sering ‘banjir minyak’. Simak beberapa tipsnya di sini yuk, Sahabat Fimela!

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Produksi minyak yang cukup aktif di area T-Zone pada kulit kombinasi membuat wajah jadi mudah terlihat kusam dan mengilap. Nah, salah satu aturan perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan wajah secara rutin.

Hal tersebut penting banget karena penumpukan minyak alami di T-Zone dapat memicu masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo. Jadi, penting untuk membersihkan wajah secara rutin setiap pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah melakukan berbagai kegiatan. Jangan lupa pilih facial foam dengan kandungan formula yang dapat menyerap minyak di wajah serta menjaga kelembapan dengan optimal.

Lanjutkan dengan Penggunaan Toner

Sudah bukan rahasia lagi kalau toner merupakan salah satu produk skincare yang memiliki banyak manfaat kecantikan. Mulai dari menjaga kelembapan wajah, mengecilkan pori-pori, hingga mengurangi produksi minyak di area tersebut.

Manfaat inilah yang membuat toner sangat tepat digunakan untuk pemilik kulit kombinasi. Toner dapat membantu area T-Zone menjadi lebih bersih maksimal hingga ke dalam pori-pori, serta mencegah minyak alami dan kotoran menumpuk yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk memaksimalkan perawatan ini, jangan lupa untuk mengaplikasikan toner yang memiliki kandungan salicylic acid untuk melawan jerawat.

Wajib Pakai Pelembap

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang menghindari penggunaan pelembap pada wajah berminyak, terutama area T-Zone. Namun, ternyata ini menjadi kebiasaan yang kurang tepat, lho. Pelembap tetap dibutuhkan bagi pemilik kulit kombinasi dan berminyak sekalipun.

Dengan melewatkan penggunaan pelembap, kulit akan terasa semakin kering yang membuat kelenjar sebum akan semakin aktif memproduksi minyak. Hal inilah yang bikin kulit jadi semakin berminyak. Jadi, penting untuk mengaplikasikan pelembap secara rutin untuk menjaga hidrasi kulit dan mencegah produksi minyak berlebihan.

Jangan Lupa Weekly Treatment Secara Rutin: Eksfoliasi dan Masker

Kedua perawatan ini juga nggak boleh dilewatkan bagi pemilik kulit kombinasi, terutama yang bermasalah dengan T-Zone yang banjir minyak. Eksfoliasi sangat penting untuk membuat kebersihan di area wajah jadi lebih maksimal karena dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menempel di permukaan kulit.

Sementara itu, masker juga diperlukan untuk mengurangi kadar minyak, mencegah jerawat, dan membuat wajah terlihat lebih segar. Pilih bahan masker yang cocok dengan kondisi kulit, misalnya saja tea tree atau charcoal. Menggunakan DIY face mask juga bisa dicoba, lho.

Melakukan perawatan yang tepat untuk area T-Zone pemilik kombinasi bisa jadi skin investment yang penting untuk tampilan yang lebih glowing. Saatnya cobain yuk, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading