Sukses

Beauty

Sering Mengalami Rambut Kusut? Begini Cara Penanganan yang Tepat biar Nggak Mudah Patah dan Rontok

Fimela.com, Jakarta Merawat rambut panjang memang bisa jadi salah satu cara untuk membuat penampilan terlihat lebih feminin dan cantik. Namun, memanjangkan rambut bukan berarti tanpa tantangan. Salah satu yang paling sering dialami tentu saja rambut panjang yang mudah kusut, sehingga membuat penampilan terlihat berantakan dan nggak rapi.

Biar nggak jadi dilema tersendiri, ikuti tips mengatasi rambut panjang yang bisa kamu coba untuk mencegahnya agar tak mudah patah dan rontok. Apa saja sih?

Pilih Jenis Sisir yang Tepat

Sisir menjadi salah satu benda penting yang wajib dibawa ke mana-mana oleh pemilik rambut panjang, terlebih yang sering mengalami kusut. Namun, jangan sembarangan memilih sisir. Tahukah kamu kalau penggunaan sisir yang kurang tepat justru bisa bikin rambut jadi mudah patah dan rontok?

Untuk mengatasi rambut panjang yang mudah kusut, pastikan pilih sisir paddle brush atau detangler brush khusus yang memiliki gigi jarang. Sisir tersebut cocok untuk merapikan rambut kusut agar mudah terurai serta meminimalisir patah dan rontok.

Perhatikan Teknik Menyisir yang Benar

Selain memilih sisir yang tepat, cara menyisir yang benar juga penting untuk membuat rambut kusut jadi mudah terurai. Jika dilakukan dengan sembarangan, malah bisa membuat rambut jadi mudah patah dan rontok. Jadi, seperti apa sih cara menyisir yang benar saat rambut mengalami kekusutan?

Jika biasanya kamu menyisir dari akar hingga ujungnya, cara ini nggak bisa diterapkan saat rambut kusut karena akan membuat terasa sakit. Selain itu, banyak juga bagian rambut yang akan patah dan rontok. Ketika rambut sedang kusut, hal yang perlu dilakukan adalah menyisir dari bagian bawah terlebih dulu untuk mengurai kekusutan yang ada. Setelah bagian yang kusut sudah lebih terurai, baru rapikan rambut dari akar hingga ujung.

Selain itu, cobalah bagi rambut menjadi beberapa bagian ketika akan menyisir. Jika langsung merapikan rambut dalam jumlah banyak dan memaksa menyisir dalam 1 bagian besar, hal ini malah akan menambah tingkat kekusutan rambut. Jadi, sebaiknya bagi rambut menjadi 3-4 bagian tergantung tebal dan tipisnya rambut. Setelah itu, sisir perlahan sedikit demi sedikit hingga lembut.

Gunakan Hair Oil atau Serum yang Menjaga Kelembapan Rambut

Tahukah kamu kalau secara umum, rambut yang mudah kusut adalah yang memiliki tekstur kasar dan cenderung kering. Jadi, penting untuk menjaga kelembapan rambut agar lebih lembap, sehingga rambut nggak mudah tersangkut lagi.

Kamu bisa memanfaatkan hot oil treatment dari bahan-bahan alami, misalnya saja Argan Oil atau Coconut Oil. Gunakan sedikit saja hanya di bagian ujung rambut. Alternatif lain, kamu juga bisa memanfaatkan serum rambut yang memiliki kandungan untuk menghidrasi.

Rawat Rambut dengan Produk yang Tepat

Kalau punya rambut yang mudah kusut, penggunaan produk perawatan rambut jadi poin utama yang wajib diperhatikan. Pastikan gunakan sampo dan kondisioner yang memiliki formula melembutkan dan melembapkan rambut, sehingga tidak terasa kering dan mudah tersangkut.

Selain perawatan harian dengan keramas, jangan lupakan juga weekly treatment menggunakan hair mask. Treatment yang satu ini sangat penting untuk menutrisi rambut panjang agar tetap sehat dan kuat, sehingga tidak mudah patah dan rontok. Gunakan hair mask yang sesuai kebutuhan rambut minimal 1 minggu sekali agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bagi yang sering bermasalah dengan rambut kusut, beberapa tips di atas bisa menjadi pilihan untuk merawat rambut agar tidak mudah patah dan rontok. Yuk, saatnya mulai praktikkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading