Sukses

Beauty

Miliki Rambut Berwarna yang Sehat dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Alami Ini

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam mengekspresikan diri. Salah satunya dengan mewarnai rambut. Apalagi jika warna rambutnya sesuai dengan tren terkini, maka bisa bikin penampilan lebih percaya diri.

Akan tetapi memiliki rambut berwarna tak lantas dibiarkan begitu saja. Perlu perawatan khusus untuk menjaga warnanya biar tidak mudah memudar. Termasuk di antaranya dengan mengonsumsi makanan-makanan alami yang dapat membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat. Bisa tebak apa saja?

Kacang Almond

Makanan alami pertama yang perlu rutin dikonsumsi karena manfaatnya yang besar bagi rambut adalah kacang almond. Kacang satu ini kaya antioksidan, vitamin E dan biotin yang tinggi di dalamnya.

Seperti diketahui, kerontokan rambut terjadi jika seseorang kekurangan biotin. Dengan rutin makan kacang almond, maka asupan biotin dalam tubuh dapat tercukupi dengan baik.

Bayam

Rambut juga butuh sumber mineral macam zat besi, asam folat, hingga vitamin A dan C. Beberapa zat gizi itupun bisa dijumpai dalam sayuran hijau, seperti bayam. Mengonsumsi sekitar 30 gram bayam secara rutin dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat.

Terlebih di dalam bayam ini juga terkandung antioksidan. Senyawa satu ini efektif menangkal radikal bebas, dan mendorong regenerasi kolagen. Hal tersebut dapat membantu kulit kepala ternutrisi dengan baik, sehingga kesehatan rambut bisa lebih terjaga.

Ikan Laut

Suka mengonsumsi ikan laut? Beruntunglah, karena tak hanya lezat dikonsumsi, tetapi juga menyimpan segudang manfaat penting, termasuk bagi kesehatan rambut. Ikan laut seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna kaya asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua zat gizi tersebut bagus untuk pertumbuhan rambut.

Bukan itu saja, ikan laut ini juga kaya antioksidan, vitamin B, vitamin D, protein dan selenium. Zat gizi tersebut baik untuk mengatasi rontok, merangsang pertumbuhan rambut, serta membantu menguatkan kepadatan keratin rambut.

Telur

Sering dihadirkan dalam beragam sajian, nyatanya telur punya manfaat yang bagus pula bagi kesehatan rambut. Di dalam telur terdapat biotin dan protein, yang berperan penting dalam mengatasi rambut rontok sekaligus memicu pertumbuhan rambut.

Di dalam rambut sendiri terdapat protein alami penyusun folikel bernama keratin. Nah, produksi keratin dapat meningkat dengan rutin mengonsumsi makanan sumber biotin dan protein seperti telur. Meski begitu, makan telur ini pun secukupnya saja, jangan sampai berlebihan, karena kandungan kolesterolnya juga tinggi.

Alpukat

Ikan laut bukanlah satu-satunya makanan yang banyak kandungan asam lemak omega- 3 dan omega-6 di dalamnya. Kedua zat gizi tersebut ternyata juga bisa ditemukan dalam buah alpukat. Buah ini juga termasuk superfood, karena juga mengandung zat gizi penting lainnya.

Di dalamnya, juga terkandung vitamin E dan antioksidan yang mampu memberikan nutrisi ekstra pada rambut. Hal ini membuat rambut berwarna semakin lebih berkilau, kuat dan tak mudah rontok.

Beruntungnya lagi, makanan-makanan tersebut tidaklah sulit ditemukan, sehingga dapat dijadikan konsumsi harian. Masukkan dalam menu makan bergizi seimbang setiap hari, agar manfaat yang diperoleh, terutama untuk menjaga kesehatan rambut berwarna dapat lebih maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading