Sukses

Beauty

Jangan Disepelekan, Begini Cara Keramas yang Paling Tepat untuk Rambut Berwarna

Fimela.com, Jakarta Tampil beda dapat diekspresikan dalam beragam cara. Salah satunya dengan mewarnai rambut. Apalagi tak hanya indah dipandang, punya rambut berwarna ini juga bisa bikin senang. Bahkan, tak jarang hal tersebut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Hanya saja perasaan bahagia memiliki rambut berwarna ini tak akan bertahan lama, jika rambut berwarna pudar perlahan. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurang tepat perawatannya, termasuk keramas yang sembarangan.

Padahal, rambut berwarna ini membutuhkan perlakuan khusus saat keramas. Makanya, biar rambut berwarna tak cepat memudar dan rasa bahagia punya rambut berwarna ini bisa bertahan lebih lama, terapkan cara keramas yang tepat berikut ini.

Jangan Keramas Sering-Sering, Cukup 2 Hari Sekali Saja

Keramas terlalu sering tidaklah dianjurkan, apalagi untuk rambut berwarna. Sebab, sejatinya minyak alami pada kulit kepala justru dapat melindungi rambut, terutama saat bleaching.

Pada rambut kering, keramas berlebihan tak hanya akan membuat rambut lebih kering, tetapi juga membuat warna rambut cepat memudar. Sementara untuk rambut tipis dan berminyak memang sebaiknya sering dicuci untuk menghindari minyak yang menumpuk. Sebab, hal tersebut bisa membuat rambut lepek dan kempes. Namun, cukup 2 hari sekali saja. Tujuannya agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Keramaslah dengan Air Dingin, Bukan Air Panas

Mandi dengan air panas memang menyenangkan, tetapi ketahuilah jika keramas dengan air panas hanya akan membuat rambut berwarna cepat memudar. Ini karena air panas bisa membuka kutikula rambut, sehingga warna dalam batang rambut gampang luntur.

Sebaliknya, gunakan air dingin saat keramas. Hal ini karena air dingin dapat mengunci kutikula. Imbasnya, warna rambut justru dapat melekat lebih lama. Jika memang cuaca lagi dingin, bisa pakai shower cap, jadi bisa tetap mandi air panas tanpa harus mengenai rambut berwarna langsung.

Hanya Gunakan Sampo dan Kondisioner Khusus Rambut Berwarna

Dibandingkan rambut yang tidak diwarnai, biasanya rambut berwarna akan cenderung lebih kering. Hal ini bisa dirasakan saat mulai membasahi rambut. Penyebabnya, karena kutikula rambut terbuka atau bahkan terkikis saat pewarnaan.

Itulah kenapa sebaiknya menggunakan sampo dan kondisioner khusus rambut berwarna. Dengan begitu, warna rambut tak hanya dapat bertahan lebih lama, tetapi rambut juga tetap sehat berkilau dan senantiasa terjaga kelembapannya.

Gunakan Dry Shampoo dan Vitamin Rambut

Meski sampo kering atau dry shampoo tak bisa menggantikan peran sampo dalam membersihkan minyak dan kotoran rambut, tetapi produk satu ini bisa diandalkan dalam kondisi darurat. Jadi, biar jarang keramas, rambut tetap harum dan tampak terawat.

Selain itu, jangan lupa aplikasikan juga vitamin rambut. Fungsinya untuk menutrisi sekaligus memberikan kelembapan esktra. Dengan cara ini, rambut berwarna akan tampak lebih tertata, tampak sehat alami dan berkilau.

Jika tips-tips keramas untuk rambut berwarna tersebut dapat diaplikasikan dengan baik, niscaya keindahan rambut berwarnamu bisa bertahan lebih lama. Jadi, jangan sepelekan urusan keramas ini ya, jika tak ingin rambut berwarna cepat memudar. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading