Sukses

Beauty

Selain Bikin Pori-Pori Membesar, Ini 5 Akibat Bila Malas Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Makeup merupakan produk kecantikan yang seringkali digunakan oleh wanita untuk mempercantik diri. Selain itu, merias wajah menggunakan makeup dapat menambah kepercayaan diri seseorang untuk tampil di depan banyak orang. Namun, ketika menggunakan makeup Sahabat Fimela tidak boleh malas untuk membersihkannya karena menggunakan makeup seharian penuh berisiko menimbulkan masalah kulit.

Dilansir dari bebeautiful.in kulit wajah seringkali terpapar sinar UV, kotoran, polusi, dan makeup setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah secara menyeluruh terutama sebelum tidur. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus riasan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan kulit. 

Penggunaan makeup setiap hari merupakan hal yang wajar dilakukan oleh seorang wanita, terutama mereka yang bertemu dengan banyak orang. Namun, kebersihan kulit wajah tetap harus diperhatikan terutama produk makeup yang mengandung bahan-bahan tertentu.

“Tidak ada salahnya memakai riasan setiap hari, tapi itu semua tergantung dari bahan yang ada di dalam produk, serta seberapa rajin Anda menghapus riasan." ungkap skin trainer di Massage Retreat & Spa Minneapolis, Ariel Enriquez dikutip dari verilymag.com. 

Berikut merupakan akibat yang dapat muncul bila Sahabat Fimela malas membersihkan makeup sebelum tidur, antara lain:

 

1. Pori-Pori Menjadi Lebih Besar

Tidak dapat dipungkiri jika malas membersihkan makeup sebelum tidur dapat membuat pori-pori Sahabat Fimela menjadi lebih besar. Melansir dari makeupandbeauty.com dokter kulit berbasis di New York Rachel Nazarian, M.D mengungkapkan bahwa tidur engan riasan membuat pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat, sehingga membuat munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Di sisi lain, hal tersebut juga menghalangi kemampuan kulit untuk menyegarkan dan memperkuat selnya.

2. Breakout

Saat siang hari, makeup dapat bertindang seperti magnet untuk menahan polusi, minyak, kotoran, dan kulit mati. Apabila Sahabat Fimela membiarkan seluruh kotoran tersebut menempel di kulit dapat mengundang munculnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo yang membuat kulit menjadi breakout. Oleh karena itu, Sahabat Fimela sangat disarankan untuk menghapus makeup sebelum tidur dengan menggunakan micellar water dan sabun cuci muka.

3. Kulit Kering

Dalam wawancara bersama Instyle.com Melanie Palm, MD, MBA mengungkapkan bahwa saat lupa membersihkan makeup sebelum tidur dapat membuat kulit menjadi meradang. Ketika peradangan meningkat kulit cenderung menjadi kering, merah, dan bersisik sehingga cara terbaik adalah dengan rajin mencuci wajah sebelum tidur untuk mencegah peradangan terjadi, sehingga kulit menjadi lembap dan halus.

4. Penuaan Dini Lebih Cepat

Seorang ahli bedah plastik wajah dan perawatan kulit, dr, James C. Marotta mengungkapkan bahwa tidur dengan makeup dapat menyebabkan kulit menjadi keriput. Apabila menggunakan makeup selama tidur tandanya Sahabat Fimela ingin proses penuaan terjadi lebih cepat, oleh karena itu sangat disarankan menghapus makeup sebelum tidur untuk membuat kulit tampak lebih cerah, muda, dan terhindar dari proses penuaan yang dapat terjadi.

5. Akar Bulu Mata Terinfeksi

Salah satu masalah lain yang dapat muncul bila malas membersihkan makeup sebelum tidur adalah akar bulu mata yang terinfeksi. Hal ini terjadi karena banyak wanita terutama para model malas untuk menghapus maskara dan eyeliner di malam hari. 

"Jika Anda merasa terlalu lelah untuk pergi ke wastafel kamar mandi untuk mencuci muka secara menyeluruh, simpan setumpuk tisu di meja samping tempat tidur Anda. Pilihan saya adalah kain yang sangat menghidrasi dan paling lembut dari Biossance, yang akan memastikan proses dan menghilangkan riasan yang menjebak bakteri dengan mudah, segera.” kata Katey Denno, penata rias selebriti dikutip dari makeupandbeauty.com.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading