Sukses

Beauty

Efek Memakai Lip Balm Terlalu Sering, Cegah Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Lip balm merupakan benda yang tak asing bagi kaum hawa. Biasanya, ini digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Meski begitu, penggunaan lip balm sebaiknya tak berlebihan. Penggunaan lip balm yang berlebihan dan terlalu sering, bisa berdampak buruk bagi kesehatan serta kecantikan bibir. 

Mengutip dari laman brightside.com, sebagai alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia, lip balm memiliki efek samping buruk jika digunakan terlalu sering. Adapaun efek samping atau dampak buruk tersebut antara lain sebagai berikut:

Bibir Makin Kering

Penggunaan lip balm awalnya memang untuk mengatasi bibir kering. Namun, jika penggunaan ini berlebihan, ini bisa menyebabkan bibir semakin kering. Para ahli mengungkapkan jika lip balm mengandung zat kimia tertentu yang menyebabkan kulit bibir teriritasi dan kering. 

Bibir Jadi Pucat dan Tampak Tidak Segar

Dampak buruk selanjutnya adalah, bibir terlihat pucat dan kurang segar. Penggunaan lip balm yang terlalu sering, bisa menyebabkan kulit bibir tidak lagi tampak lembab atau segar alami. Bibir justru akan terlihat kurang menarik, tidak sehat pun tidak segar. 

Iritasi

Melansir dari laman bestlifeonline.com, penggunaan lip balm yang terlalu sering juga bisa berpotensi menyebabkan iritasi pada bibir maupun area sekitar. Kulit bibir yang teriritasi tampak kering, pecah-pecah bahkan terluka. Bintik-bintik kecil juga besar kemungkinan akan muncul di sekitar bibir. Para ahli merekomendasikan agar lip balm tak digunakan lebih dari tiga kali dalam sehari.

Ketagihan atau Ketergantungan

Para ahli mengungkapkan jika penggunaan lip balm yang terlalu sering bisa menyebabkan ketagihan atau ketergantungan. Jika kamu menggunakan lip balm setiap hari, maka bibir akan terasa kurang nyaman, kurang menarik dan kurang segar tanpa lip balm. Sensasi atau kenyamanan inilah yang meningkatkan risiko ketagihan. Padahal, lip balm merupakan produk yang tak boleh digunakan secara berlebihan. 

Itulah sekian dampak buruk penggunaan lip balm yang terlalu sering. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita senantiasa lebih bijak dalam menggunakan lip balm pun produk kosmetik lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading