Sukses

Beauty

Jangan Salah Mengaplikasikan, Ini Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu benda yang tak boleh dilupakan, terutama jika hendak jalan-jalan keluar. Hal ini karena sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, terutama saat siang hari yang begitu terik.

Hanya saja, beberapa orang masih belum tahu kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen. Padahal, jika diaplikasikan dengan benar, sunscreen ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Makanya, biar tak sampai salah menggunakan, simak ulasan tentang waktu terbaik untuk menggunakan sunscreen berikut ini.

Sebelum Bepergian Keluar Rumah

Waktu paling tepat yang pertama untuk menggunakan sunscreen adalah sebelum bepergian keluar rumah. Sunscreen biasanya berbentuk losion cair yang mengandung senyawa kimia tertentu. Fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Ketika diaplikasikan, cairan tersebut akan terserap ke dalam kulit. Peran sunscreen ini dapat menyerap sinar radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Inilah kenapa penggunaan sunscreen ini perlu dibiasakan setiap hari.

Antara Jam 10 Pagi Sampai 3 Sore

Saat jam 10 pagi sampai 3 sore, biasanya matahari sedang panas-panasnya. Sinar UV yang dipancarkan pun sangat kuat, sehingga kadang masih bisa menembus ke dalam ruangan. Sinar UV ini sendiri ini dapat membahayakan tubuh, terutama kesehatan kulit.

Oleh karena itu, antara jam 10 pagi sampai 3 sore, sebaiknya mengaplikasikan sunscreen walau tak pergi ke mana-mana. Sebab, kadang juga tanpa sadar terpapar matahari, entah saat barang pesanan, mengambil jemuran dan sebagainya. Jadi, dengan mengaplikasikan sunscreen kulit pun akan terjaga setiap saat.

Hari Berawan Tetap Pakai Sunscreen

Lantas, bagaimana jika di luar sedang berawan? Faktanya, meskipun hari sedang berawan, paparan sinar UV ini tetap bisa menembus kulit hingga 80%. Bahkan saat berada di daerah bersalju, berpasir, atau di dekat air sekalipun, risiko terkena paparan sinar UV ini tetap besar, lantaran merefleksikan matahari.

Gunakan Saat Mau Berenang

Saat ingin berenang, pastikan juga untuk menggunakan sunscreen. Hal ini karena air dapat memantulkan sinar UV, sehingga tetap bisa membakar kulit. Khusus untuk berenang, gunakan sunscreen yang tahan air. Aplikasikan sebelum masuk dan sesudah keluar dari kolam, agar perlindungan yang didapatkan lebih maksimal.

Nah, supaya penggunaannya lebih maksimal, gunakan sunscreen ini minimal 20-30 menit sebelum bepergian keluar rumah. Aplikasikan sunscreen setiap 2 jam sekali, khususnya saat berada di luar. Jika kamu punya kulit kering, oleskan sunscreen ini 15 menit sebelum keluar.

Di samping itu, jika memungkinkan berteduhlah terlebih dulu atau pakai penutup kepala, seperti topi, terutama saat cuaca terik sekali. Gunakan pula pakaian yang dapat melindungi tubuh dari paparan sinar matahari langsung. Kamu juga bisa pakai kacamata hitam. Langkah-langkah tersebut dapat membuat pemakaian sunscreen kian optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading