Sukses

Beauty

Biar Terlihat Menarik Sekaligus Mudah Diatur, Begini Cara Merawat Rambut Keriting yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang ingin memiliki rambut keriting, sehingga rela mengeluarkan biaya mahal dengan datang ke profesional di salon. Jadi, jika memang sudah terlahir dengan rambut keriting, tak perlu minder hingga grandrung untuk meluruskannya.

Memang, rambut keriting ini butuh perawatan ekstra, agar tak terlihat kusut hingga susah diatur. Namun, jika berhasil merawatnya dengan baik, rambut keriting juga bisa terlihat bagus. Nah, supaya tetap terlihat indah sekaligus mudah diatur, begini cara merawat rambut keriting yang tepat. Catat baik-baik, ya!

Gunakan Air Dingin Saat Mencuci Rambut

Berbeda dengan jenis rambut lurus, rambut keriting biasanya lebih mudah kusut saat terkena panas. Maka dari itu, saat mandi atau mencuci rambut sebaiknya menggunakan air dingin saja, bukan air panas.

Setelah mencuci rambut, jangan buru-buru mengeringkan rambut keriting. Hindari penggunaan alat pengering rambut biasa. Sebaliknya, gunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dan pasang pada pengaturan rendah. Sementara jika tak tergesa-gesa, biarkan rambut keriting mengering secara alami usai dicuci maupun mandi.

Jangan Sering-Sering Keramas dengan Sampo

Rambut keriting rentan menjadi kering, karena minyak alami yang melapisi kulit kepala susah menyusuri rambut. Supaya kulit kepala tak sampai terlalu kering, maka jangan sering-sering keramas pakai sampo.

Cukup cuci rambut menggunakan sampo sebanyak dua kali dalam seminggu. Jangan lupa memilih produk sampo dan kondisioner yang juga dibuat khusus untuk rambut kering. Tujuannya agar rambut keriting jadi lebih mudah diatur dan terawat dengan baik.

Selalu Pakai Pelembap Rambut

Apapun jenis rambutnya, penting banget untuk menjaga kelembapannya. Tak terkecuali dengan rambut keriting. Setelah mencuci rambut, sebaiknya aplikasikan produk pelembap, seperti krim pelembap khusus rambut. Gunakan juga produk ini setiap kali mau menata rambut atau sisiran.

Selain itu, setiap dua bulan sekali cobalah melakukan deep conditioning. Pilih produk deep conditioning yang diperuntukkan kulit keriting. Diamkan selama 10-15 menit atau jika ingin hasilnya lebih maksimal gunakan semalaman.

Pilih Produk Tambahan yang Bisa Menutrisi Rambut

Tanpa perawatan yang intensif, rambut keriting memang rawan kering dan rusak. Oleh karena itu, gunakan juga produk perawatan rambut tambahan yang dapat menutrisi rambut. Baik itu serum, kondisioner, hingga masker rambut.

Hindari produk-produk yang mengandung alkohol dan sulfate. Hal ini karena kedua zat tersebut dapat merusak rambut. Sebut saja sodium lauryl sulfate yang dapat membuat rambut keriting menjadi gampang kering.

Di samping melakukan perawatan-perawatan tersebut secara mandiri di rumah, maksimalkan perawatan rambut keriting dengan datang ke salon secara rutin. Tujuannya untuk melakukan trim rambut atau memotong ujung rambut yang kering dan rusak. Minimal lakukan setiap 3 bulan sekali, agar rambut keriting selalu tampak menarik, sehat dan mudah diatur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading