Sukses

Beauty

Perawatan Wajah dengan Air Beras Ternyata Banyak Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah mulus, bersih, dan glowing adalah impian bagi semua orang. Namun, terkadang impian tidak diimbangi dengan usaha. Kalau memang itu menjadi impian kamu seharusnya kamu memiliki usaha untuk menggapainya. Mulai dari merawat diri, mencari tau bagaimana perawatan wajah yang benar sehingga impian kamu tercapai. 

Namun, masih banyak orang yang masih malas-malasan dan menunda-nunda perawatan wajah dengan alasan harga produk-produk yang terlalu mahal dan merasa kulitnya tidak memerlukan perawatan. Mungkin efeknya tidak sekarang, tetapi akan muncul di kemudian hari. 

Dilansir dari colorscience.com, setidaknya ada 3 alasan kamu harus merawat kulit yaitu karena kesehatan kulit berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan, membuat kamu tampak lebih awet muda, dan membantu pencegahan masalah kulit di masa yang akan datang.

 

Perawatan wajah dengan air beras

Bagi kamu yang ingin merawat wajah, tetapi masih terhalang karena harga produk. Tenang aja karena ternyata kamu bisa menggunakan air beras untuk merawat kulitmu. Awalnya air beras dianggap dapat membuat rambut menjadi kuat dan indah, tetapi saat ini air beras semakin dikenal karena dapat menjadi alat perawatan kulit. Air beras dianggap dapat menenangkan dan mengencangkan kulit serta membantu memberi perlindungan dan perbaikan kulit kamu, dilansir dari healthline.com. 

 

Dilansir dari stylecraze.com, terdapat 3 cara pemakaian air beras untuk kulit:

Spray air beras untuk cerah secara alami:

  • Simpan air beras dalam botol semprot di dalam kulkas.
  • Semprotkan pada wajah secara teratur.
  • Ketika musim panas, kamu dapat menyampurkannya dengan jus mentimun dalam takaran yang sama dan satu atau dua sendok makan air jeruk nipis. 

Paket air beras untuk kulit lebih cerah:

  • Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 makan gel lidah buaya.
  • Oles tipis adukan tersebut ke muka kamu dan pijat dengan lembut
  • Biarkan adonan selama 10-20 menit, lalu bilas.

Es batu air besar untuk menenangkan kulit:

  • Setelah membuat air beras, tuangkan ke dalam wadah es batu dan simpan di dalam freezer.
  • Es yang sudah dapat digunakan untuk menyegarkan dan melembabkan kulit atau menenangkan iritasi dan gatal. 

 

 

Kegunaan Air Beras untuk Wajah

Dilansir dari purplle.com, air beras memiliki beberapa manfaat bagi wajah:

  1. Sebagai obat untuk mencegah penuaan. Dalam air beras terdapat kandungan asam amino, antioksidan, dan mineral yang dapat memperlambat atau menghentikan proses penuaan kulit sehingga air beras dapat mempertahankan kekenyalan kulit dan menyembunyikan tanda-tanda penuaan pada kulit.
  2. Meringankan bekas luka dan mencerahkan. Air beras yang difermentasi dapat menjadi solusi ketika kamu memiliki masalah kulit kusam, jerawat, atau warna kulit yang tidak merata karena Sintesis kolagen kulit anda akan meningkat dan menghasilkan kulit yang kenyal dan bercahaya serta memudarkan bekas luka, bintik-bintik pigmen, dan noda.
  3. Menenangkan sengatan matahari untuk kulit yang terbakar. Air beras dapat menjadi obat karena air beras dapat menyembuhkan tanda-tanda kecil sengatan matahari, seperti kemerahan, bengkak, dan gatal.
  4. Mengurangi tampilan kulit berminyak. Bilas wajah kamu dengan air beras untuk mengurangi sifat berminyak dan melindungi kulit dari jerawat karena sifat astrigen air beras. 

 

Bagi kamu yang ingin membuat air beras di rumah, berikut caranya, dilansir dari medicalnews.today:

  • Rendam ½ cangkir beras mentah dalam 2-3 cangkir air selama 30 menit
  • Masak nasi yang direbus air panas dengan takaran air dua kali lipat dari biasanya
  • Saring air ke dalam mangkuk atau botol bersih, simpan sisanya ke dalam wadah bersih di lemari es.
  • Jika ingin membuat air beras fermentasi, ikutin langkah pertama dan diamkan air beras dalam suhu ruangan selama 1-2 hari sebelum disimpan di lemari es. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading