Sukses

Beauty

Hindari 5 Kesalahan yang Bikin Tampilan Makeup Nggak Menyatu dengan Kulit, Yakin Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Penggunaan makeup memang sering jadi andalan untuk membuat penampilan terlihat lebih cantik dan flawless. Tapi, pernah nggak sih merasa kalau produk riasan yang digunakan nggak terlihat menyatu dengan kulit, kurang menempel dengan baik bahkan cenderung terlihat longsor? Well, hal ini jelas bisa bikin panik, terlebih ketika menghadapi momen istimewa yang menuntutmu tampil all out.

Jika kondisi tersebut yang sering kamu alami, bisa jadi penyebabnya adalah beberapa kesalahan dalam teknik mengaplikasikan makeup yang sering dilakukan. Biar nggak mengulangi kesalahan yang sama, cari tahu lebih lanjut lewat artikel ini yuk, Sahabat Fimela!

Terlalu Banyak Pakai Produk Makeup

Makeup yang paling sering rentan terlihat luntur adalah complexion. Beberapa dari kamu mungkin beranggapan jika mengaplikasikan produk dalam jumlah yang lebih banyak bisa membuat base makeup lebih tahan lama dan nggak mudah luntur. Namun, ternyata ini adalah anggapan yang salah, lho.

Terlalu banyak menggunakan produk makeup justru bisa bikin riasan susah diblend dan nggak menyatu dengan baik. Hal inilah yang membuat base makeup yang digunakan terlihat nggak menempel dan malah mudah luntur. Jadi, sebaiknya gunakan produk tipis-tipis terlebih dahulu kemudian ratakan hingga benar-benar membaur sempurna. Jika memang ada bagian yang butuh coverage ekstra, kamu cukup menambahkan produk di area tersebut saja.

Nggak Menggunakan Primer

Coba diingat-ingat lagi urutan penggunaan makeup yang kamu lakukan. Apakah sudah menggunakan primer? Jika kamu masih skip produk tersebut, bisa jadi inilah alasan yang bikin makeup gampang luntur.

Primer sendiri merupakan salah satu produk base makeup yang berfungsi untuk mempersiapkan wajah, membuatnya tampak lebih halus dan membantu makeup menempel lebih lama. Namun, jangan lupa pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya saja primer dengan formula matte dapat menyamarkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih, hydrating primer untuk kulit kering, atau color correcting primer yang baik untuk menyamarkan kulit yang mengalami noda hitam atau kemerahan. Jadi, pastikan untuk memakai primer yang tepat agar hasil riasan terlihat maksimal ya!

Menggunakan Produk dengan Kandungan Silikon

Jika masih sering mengalami masalah makeup yang luntur, coba cek kandungan produk skincare atau makeup yang digunakan. Apakah ada yang mengandung silikon di dalamnya? Kandungan yang satu ini memang umumnya digunakan dalam skincare atau makeup karena dapat melapisi kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan dan menciptakan tampilan kulit yang halus dan tahan lama.

Namun, struktur kimia yang ada dalam silikon membuat produk ini nggak bisa diserap kulit dan tetap bertahan di permukaan saja. Jika kamu mengaplikasikan produk berbahan dasar minyak atau air, bisa membuatnya jadi mudah luntur. Jika memang menggunakan primer yang mengandung silikon, ada baiknya gunakan juga foundation dan concealer dengan kandungan yang sama agar hasil makeup bisa lebih mulus.

Salah Teknik Penggunaan

Perhatikan juga cara kamu mengaplikasikan produk makeup yang digunakan, apakah sudah tepat? Sebagian perempuan mungkin masih mengaplikasikan produk makeup dengan cara digosok di permukaan wajah. Hindari hal ini karena bisa membuatnya tidak bisa menyatu dengan baik.

Penggunaan produk makeup yang tepat adalah dengan menepuk perlahan dan menekan-nekan produk untuk meningkatkan penyerapan dan penetrasi. Cara ini dapat membantu base makeup yang digunakan lebih menempel dan nggak mudah luntur.

Tidak Melakukan Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi jadi salah satu rutinitas penting untuk membuat wajah yang terlihat mulus saat menggunakan makeup. Malas melakukan ritual perawatan yang satu ini bisa jadi penyebab makeup terlihat tidak menyatu dengan kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit membuat produk makeup jadi nggak bisa diserap maksimal. Inilah yang membuat makeup jadi menumpuk di permukaan kulit dan luntur saat mulai berkeringat. Jadi, penting untuk mulai membiasakan eksfoliasi rutin 2 kali seminggu.

Hindari 5 kesalahan dalam merias wajah tersebut karena bisa membuat makeup terlihat nggak menyatu dan mudah luntur. Saatnya mulai perhatikan lebih detail riasan wajah yang digunakan supaya hasilnya maksimal!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading