Sukses

Beauty

Cuaca Sedang Panas-Panasnya, Perhatikan Cara Merawat Rambut yang Tepat Biar Tetap Sehat dan Tergerai Indah

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini cuaca sedang tidak menentu. Kendati hujan masih sering mengguyur, tetapi di waktu yang sama juga acap begitu terik dan menyengat. Bahkan, saking panasnya kadang sampai bimbang mau keluar rumah.

Terlebih lagi, cuaca yang sedang panas-panasnya ini bukan saja dapat membahayakan kulit, tetapi juga membuat rambut lebih mudah kusam dan kering. Tak jarang paparan sinar matahari ini juga dapat merusak rambut.

Lantas, bagaimana cara merawat rambut yang tepat biar tetap sehat dan tergerai indah di tengah cuaca yang panas?

Rutinlah Memotong Ujung Rambut

Saat rambut amat panjang, biasanya bagian ujung-ujungnya cenderung bercabang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memotong bagian ujung secara rutin. Setelah itu, oleskan minyak kelapa setelah memotong rambut, agar rambut lebih lembap dan tak mudah kering saat cuaca panas.

Keramaslah yang Rutin Agar Rambut Tetap Sehat

Saat cuaca sedang panas-panasnya, kulit kepala akan cenderung memproduksi minyak lebih banyak. Penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala ini pun dapat memicu terjadinya masalah rambut lainnya, seperti ketombe.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan keramas secara rutin. Tak perlu menggunakan kondisioner terlebih dulu, agar rambut tak semakin berminyak. Namun, jika rambut gampang rapuh, bisa menggunakan kondisioner asal diaplikasikan di bagian ujung rambut saja. Bisa juga menggunakan dry shampoo yang dapat menyerap minyak.

Sementara bagi pemilik rambut kering, penggunaan kondisioner tetap diperlukan, agar dapat menjaga kelembapan rambut. Namun, keramaslah hanya saat rambut mulai berminyak saja. Yang jelas, selama musim kemarau atau cuaca sedang panas-panasnya, biasanya keringat yang muncul lebih banyak. Belum lagi ditambah polusi dan debu yang menempel, sehingga keramas secara rutin diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat.

Hindari Penggunaan Alat Pengering Rambut

Panasnya matahari sudah cukup membuat rambut rentan kering, sehingga selepas keramas kalau bisa menghindari menggunakan alat pengering rambut. Lebih-lebih jika sedang tak buru-buru keluar. Penggunaan alat pengering rambut hanya akan membuat rambut semakin kusam dan kering.

Jangan Mengeriting Rambut Terlebih Dulu

Menggunakan gaya rambut yang sama memang mudah banget bikin bosan. Biar tak sekadar terlihat lurus saja, beberapa orang pun akhirnya memutuskan mengeriting rambut.

Hanya saja langkah ini dapat menyebabkan kutikula rambut menjadi kasar dan bikin molekul udara lembap mudah menembus batang rambut. Akibatnya rambut jadi mengembang. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan serum berbahan dasar silikon, agar rambut kembali halus.

Produk tersebut cocok digunakan untuk menata rambut, karena dapat melembutkan kutikula rambut serta bisa mencegah penyerapan molekul air dari udara. Adapun jika ingin mencoba sesekali gaya rambut baru, maka yang tepat saat cuaca panas adalah gaya rambut cepol, kuncir kuda dan kepang.

Lindungi Warna Rambut dengan Spray

Paparan sinar matahari yang begitu lama dan panas dapat menghilangkan kilau dan warna rambut. Bukan saja rambut yang diwarnai, tetapi warna rambut alami juga akan memudar.

Supaya hal ini tak sampai terjadi, pastikan untuk melindungi warna rambut dengan spray khusus. Layaknya produk sunscreen yang dibuat khusus untuk melindungi kulit dari sinar matahari, spray khusus ini juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi rambut dari panasnya sinar matahari.

Penuhi Kebutuhan Minum Air Putih yang Cukup

Selain melakukan perlindungan dari luar, berikan perlindungan dri dalam dengan cukup minum air putih. Ketika cuaca sedang panas-panasnya, biasanya tubuh akan lebih mudah mengalami kehilangan cairan. Hal ini tak hanya berdampak pada munculnya dehidrasi dan masalah kesehatan tubuh lainnya.

Bagi kesehatan rambut, kekurangan cairan tubuh juga dapat membuat rambut lebih kering, kusam dan berisiko mengalami kerusakan parah. Itulah sebabnya, pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih secara cukup, agar rambut sehat dan indah berkilau dapat dipertahankan, termasuk di tengah cuaca yang sedang panas-panasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading