Sukses

Beauty

Bukan Tanggal Kedaluwarsa, Ternyata Begini Cara Mengetahui Batas Waktu Produk Makeup Aman Digunakan

Fimela.com, Jakarta Koleksi produk makeup memang menyenangkan karena bisa mendukung kamu dalam berkreasi dengan riasan sehari-hari. Apalagi kalau melihat ada produk yang baru dirilis dan booming, pasti rasanya nggak sabar buat ikutan mencoba juga kan? Tapi, tanpa sadar kebiasaan ini malah bikin makeup makin menumpuk. Eits, jangan lupa untuk tetap memperhatikan batas aman pemakaiannya, lho!

Ternyata untuk mengetahui batas produk makeup bukan dari tanggal kedaluwarsa yang tertera. Tanggal ini hanya menjadi penanda batas makeup jika memang belum dibuka sama sekali. Lalu, bagaimana dengan makeup yang sudah dipakai ya? Ternyata cara menghitungnya dari masa setelah produk dibuka lho, Sahabat Fimela.

Maskara

Coba diingat-ingat dulu, sudah berapa lama nih maskara yang biasa digunakan sehari-hari? Sudah lebih dari 6 bulan, atau malah ada yang masih tersimpan di pouch makeup selama bertahun-tahun? Stop kebiasaan ini dan segera buang maskaramu!

Ternyata, produk makeup yang satu ini punya masa pakai yang paling lama yaitu 3-6 bulan. Maskara yang cenderung basah dan sikat yang ada di dalamnya punya potensi besar menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Jadi, sebaiknya hindari menyimpan maskara lebih dari 6 bulan jika ingin produk ini tetap aman digunakan.

Eyeliner

Eyeliner menjadi salah satu produk penting untuk menciptakan garis mata yang tegas dan cantik. Namun, perhatikan juga masa penyimpanan di rumah supaya nggak menyebabkan iritasi saat digunakan.

Penyimpanan eyeliner dibedakan berdasarkan jenisnya. Khusus yang berbentuk gel bisa bertahan 6-8 bulan setelah pertama kali dibuka. Sementara itu, jenis pensil biasanya lebih lama disimpan, yaitu bisa bertahan hingga 1 tahun. Jenis pensil menjadi keunggulan tersendiri karena cenderung kering dan bakteri cenderung tidak mudah berkembang di area tersebut.

Foundation

Beralih ke foundation, produk yang satu ini sangat penting dalam menciptakan complexion yang diinginkan. Karena digunakan bersentuhan langsung dengan kulit, perhatikan selalu masa pakai foundation sejak pertama kali dibuka.

Foundation yang dikemas dalam jar biasanya hanya bisa digunakan hingga 6 bulan saja. Namun, jika memiliki foundie dalam bentuk botol pump, kamu bisa menggunakannya lebih lama hingga 2 tahun. Karena memiliki tekstur cair, produk ini sangat rentan menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Jadi, kemasan juga mempengaruhi masa pakai produk.

Produk Makeup Berbentuk Powder

Tekstur produk ternyata sangat mempengaruhi ketahanan masa pakai dari produk itu sendiri. Jika produk dengan tekstur cair memiliki masa pakai yang lebih singkat, berbeda dengan kosmetik berbentuk powder seperti blush on, eyeshadow, highlighter, dan produk sejenis lainnya.

Jadi, kamu bisa tetap menyimpan jenis produk ini maksimal hingga 2 tahun setelah pertama kali dibuka. Produk dengan tekstur padat seperti ini minim risiko berkembang biaknya bakteri. Namun, tetap hentikan penggunaan jika tekstur, warna, atau baunya mengalami perubahan ya!

Lipstik

Warna-warni cantik lipstik memang jadi salah satu faktor yang paling banyak menggoda perempuan untuk mengoleksinya. Untungnya, lipstik memiliki masa simpan yang cukup panjang yaitu 2 tahun sejak pertama kali digunakan. Jadi, kamu bisa mengoleksi beberapa warna yang memang disukai dalam waktu yang cukup lama.

Namun, tetap waspada jika ada perubahan warna, tekstur, atau bau yang dirasakan dari produk tersebut. Hal ini bisa menandakan jika produk sudah nggak layak digunakan. Jadi, tetap perhatikan jika ada yang aneh pada produk makeup kamu untuk mencegah masalah kulit yang nggak diinginkan.

Yuk coba diingat kembali, apakah makeup yang disimpan di rumah masih dalam batas aman pemakaian yang disarankan? Segera ganti dengan produk yang baru jika memang ada produk makeup yang sudah bertahan hingga bertahun-tahun sejak pertama kali dipakai! Belanja produk makeup yang melengkapi penampilan juga nggak perlu repot lagi, manfaatkan saja marketplace favorit yang menghadirkan koleksi makeup lengkap dengan berbagai promo menarik! Yuk, saatnya berburu diskon makeup di marketplace kesayanganmu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading