Sukses

Beauty

5 Kesalahan Penggunaan Shampo yang Bikin Keramas Jadi Kurang Maksimal, Ada yang Sering Dilakukan?

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu produk yang paling sering digunakan untuk perawatan rambut, shampo pastinya sudah nggak asing lagi dong. Produk ini tergolong basic treatment paling mudah dan terjangkau untuk menjaga kesehatan rambut sekaligus menutrisi kulit kepala. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa kesalahan penggunaan shampo yang bisa bikin hasil keramas jadi kurang maksimal?

Yup, kalau rutinitas perawatan rambut yang dilakukan nggak memberikan hasil yang diharapkan, atau malah menambah masalah yang ada, bisa jadi disebabkan beberapa kesalahan penggunaan shampo berikut ini.

Salah Pilih Shampo

Kesannnya sepele, tapi salah pilih shampo ternyata bisa memicu masalah rambut yang cukup serius. Kalau setelah keramas kamu malah mengalami kerontokan parah, ketombe, atau maah kulit kepala terasa berminyak dan gatal, bisa jadi disebabkan karena shampo yang kurang sesuai.

Penting untuk mempertimbangkan jenis kulit kepala dan tipe rambut ketika memilih jenis shampo yang tepat. Kenali jenis kulit kepala yang kamu miliki, apakah termasuk berminyak, kering atau sensitif. Jangan lupa pilih formula shampo yang sesuai kebutuhan rambut, misalnya untuk rambut berwarna, keriting, atau rambut rusak.

Tidak Membasahi Rambut dan Kulit Kepala Secara Menyeluruh Sebelum Memakai Shampo

Coba diingat-ingat kembali seperti apa sih kebiasaan keramas yang kamu lakukan? Sebelum mengaplikasikan shampo, apakah kamu sudah membasahi rambut dan kulit kepala dengan baik? Jangan dianggap sepele, karena hal ini ternyata juga bisa membuat hasil keramas jadi kurang maksimal.

Sebelum menggunakan shampo, pastikan kulit kepala dan rambut benar-benar dalam kondisi basah. Hal ini sangat penting karena formula shampo hanya bisa terurai dalam keadaan basah demi mendapatkan proses pembersihan yang efektif. Jika masih ada bagian yang kering, shampo akan cenderung menempel di bagian tersebut, sulit dibersihkan, sehingga meninggalkan masalah kulit kepala yang terasa lengkat dan gatal.

Shampo Tidak Terkena Kulit Kepala

Kesalahan lain yang biasanya terjadi saat keramas adalah tidak membersihkan kulit kepala dengan baik. Coba ngaku deh, seperti apa proses keramas yang kamu lakukan selama ini? Apakah hanya memastikan batang rambut saja yang dibersihkan saat keramas?

Faktanya, tujuan penggunaan shampo sebenarnya bukan untuk membersihkan batang rambut, melainkan kulit kepala. Formulanya bekerja untuk membersihkan kotoran yang menempel, minyak alami yang muncul, hingga kotoran lain yang ada di kulit kepala. Jika kulit kepala nggak dibersihkan secara maksimal, maka bisa muncul masalah lain seperti ketombe hingga gatal yang mengganggu.

Kurang Bersih Saat Membilas Rambut

Terburu-buru mengejar waktu untuk berangkat ke kantor membuatmu jadi harus keramas buru-buru juga? Eits, hal ini bukan kebiasaan yang baik karena berisiko membuat bilasan rambut saat keramas jadi kurang bersih. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat keramas jadi kurang maksimal.

Jadi, penting untuk memastikan bilasan shampo yang kamu lakukan saat keramas sudah maksimal, sehingga tidak ada produk yang tertinggal. Soalnya, sisa busa atau produk shampo yang masih menempel bisa membuat kulit kepala terasa gatal, memunculkan ketombe, hingga membuat rambut terlihat lepek dan berminyak.

Tidak Menggunakan Kondisioner

Keramas dengan shampo saja nggak cukup. Penting juga untuk melakukan perawatan rambut secara rutin dengan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan. Produk yang satu ini berperan untuk mengatasi berbagai masalah rambut, mulai dari kering, pecah-pecah, mengatasi kerontokan, dan menjaga kelembapan alami rambut.

Pastikan memakai kondisioner dari bagian tengah saja hingga ke ujungnya. Hal ini karena kondisioner memiliki formula yang lebih thick dibandingkan shampo biasa. Jika terkena kulit kepala bisa menyebabkan area tersebut terasa semakin berminyak.

Dari daftar kesalahan di atas, mana nih yang sering kamu lakukan? Saatnya hentikan kebiasaan tersebut untuk mendukung perawatan rambut yang lebih optimal yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading