Sukses

Beauty

Waspada 4 Kebiasaaan Pakai Makeup yang Bikin Wajah Jadi Jerawatan

Fimela.com, Jakarta Penggunaan makeup memang bisa membantu membuat penampilan terlihat lebih segar dan menawan. Nggak heran kalau banyak perempuan yang kemudian mengandalkan makeup untuk membuat mereka tampil lebih percaya diri dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa kebiasaan makeup yang ternyata bisa memicu munculnya jerawat yang mengganggu penampilan?

Kalau merasa wajah jadi mengalami jerawat parah saat menggunakan makeup, mungkin saatnya perlu mengecek ulang kebiasaan kamu dalam menggunakan riasan. Deretan kebiasaan ini mana yang paling sering kamu lakukan, Sahabat Fimela?

Tidak Pernah Membersihkan Kuas Makeup

Brush atau kuas makeup menjadi salah satu alat penting yang membantu aplikasi riasan jadi lebih maksimal. Sering digunakan untuk membantu riasan wajah sehari-hari, tahu nggak kalau ternyata benda yang satu ini sangat mudah kotor dan terpapar bakteri?

Menggunakan kuas makeup yang kotor bisa membuat wajah berisiko mengalami jerawat, kemerahan, gatal, hingga iritasi. Jadwalkan untuk membersihkan kuas makeup ini setiap 2 minggu sekali dan pastikan kamu memiliki cadangan makeup brush lain sebagai pengganti, karena menunggu kuas kering dan bisa kembali digunakan cukup memakan waktu lama.

Tidak Berhati-hati dalam Menggunakan Tester

Saat belanja makeup secara offline, beberapa toko makeup menyediakan tester yang bisa dicoba sebelum membeli produk. Warna-warni tester yang cantik nggak jarang bikin kamu tergoda untuk mencoba berbagai produk makeup yang ada. Eits, wajib waspada karena ada risiko jerawatan yang menghantui, lho!

Makeup tester biasanya digunakan banyak orang secara bergantian, sehingga rentan terpapar berbagai macam bakteri, termasuk E.coli. Jika digunakan pada wajah, nggak hanya berisiko jerawatan, tapi juga alergi hingga iritasi. Jika ingin aman saat mencoba makeup tester, sebaiknya usapkan di bagian punggung tangan dan bukan di wajah. Jadi, bisa langsung dibersihkan setelah selesai mencoba.

Nggak Mengecek Batas Kedaluwarsa Produk Makeup

Jangan lupa untuk selalu mengecek produk makeup yang dimiliki, baik itu yang tersimpan di dalam pouch maupun di rumah. Cek kapan pertama kali kamu membuka produk tersebut, jangan-jangan selama ini makeup yang digunakan sudah nggak layak pakai.

For your information, batas aman penggunaan produk makeup bukan terletak pada tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan, tapi berdasarkan berapa lama produk tersebut sudah dibuka. Misalnya saja maskara dan eyeliner yang rata-rata hanya bisa dipakai sampai 6 bulan saja. Sementara itu, produk foundation dalam botol pump, lipstik, dan produk berjenis powder bisa digunakan hingga 2 tahun. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan, karena memakai makeup yang kedaluwarsa bisa membuat wajah berisiko muncul jerawat hingga iritasi.

Menyimpan Produk Kosmetik di Kamar Mandi

Sebagian dari kamu mungkin beranggapan menyimpan produk makeup di kamar mandi lebih praktis karena bisa langsung berdandan setelah selesai mandi. Namun, ternyata kebiasaan ini nggak baik untuk menjaga kualitas produk makeup, lho.

Kondisi kamar mandi yang cenderung lembap sangat rentan menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang membuat produk makeup juga ikut terpapar. Selain itu, kondisi lembap ini juga dapat memperpendek masa pakai kosmetik pribadi. Jadi, cobalah untuk mengeluarkan produk tersebut dari kamar mandi dan simpan di tempat yang kering dan bersih untuk meminimalisir paparan bakteri di dalamnya.

Dari berbagai kebiasaan di atas, ada nggak nih yang masih sering dilakukan? Saatnya mulai mengenali kebiasaan apa saja yang dapat menjaga kesehatan kulitmu ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading