Sukses

Beauty

Tiba-Tiba Mengalami Mata Panda atau Bengkak Usai Bangun Tidur? Manfaatkan Timun di Rumah untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan tentu ingin wajahnya terlihat cantik setiap saat, termasuk usai bangun tidur. Namun, hal-hal tak terduga kadang justru muncul, seperti mata bengkak hingga mata panda atau lingkaran hitam pada mata. Tak perlu panik dulu jika mengalaminya, manfaatkan saja timun di rumah untuk mengatasinya.

Seringkali dijadikan lalapan sayur saat makan, nyatanya timun juga dapat diandalkan untuk mengatasi masalah mata bengkak hingga mata panda yang bisa muncul secara tiba-tiba. Ini karena timun dapat membantu menyegarkan kulit di sekitar mata.

Manfaat Timun untuk Kesehatan Kulit di Sekitar Mata

Timun atau Cucumin sativus, termasuk buah yang banyak mengandung air. Inilah yang membuat buah ini bisa dimanfaatkan untuk membantu melembapkan area bawah mata.

Kandungan air dalam timun juga dapat mengembalikan kelenturan alami kulit, sehingga berpotensi mencegah keriput. Bukan itu saja, timun juga punya efek dingin saat ditempelkan pada kulit.

Lebih-lebih jika disajikan dalam keadaan dingin, efeknya dapat menyegarkan kulit dan mencegah penumpukan cairan di sekitar kantung mata. Jika dijadikan kompres, efek dingin dari timun tadi juga dapat meringankan pembengkakan yang terjadi di area mata.

Timun Mengandung Beragam Nutrisi Penting Buat Kulit

Tak sampai di situ, timun juga mengandung banyak nutrisi penting bagi kulit, seperti vitamin C, vitamin K dan asam folat. Vitamin C dapat membangun kulit dengan merangsang pertumbuhan sel baru.

Sementara vitamin K dapat mengurangi perubahan warna mata yang menyebabkan lingkaran hitam atau mata panda. Sedangkan asam folat dapat merangsang antioksidan yang bisa melawan racun atau infeksi penyebab terjadinya pembengkakan di area mata.

Timun Juga Mengandung Banyak Antioksidan di Dalamnya

Di samping berbagai vitamin penting buat kulit, timun juga mengandung banyak antioksidan, seperti cucurbitacins, vitexin, orientin dan isoscoparin. Berbagai jenis senyawa antioksidan tersebut dapat membantu meringankan pembengkakan sekaligus lingkaran hitam pada mata.

Cara Memanfaatkan Timun untuk Mengatasi Mata Panda

Adapun cara memanfaatkan timun untuk mengatasi mata panda sekaligus bengkak yang terjadi tidaklah sulit. Kamu bisa mengawalinya dengan membersihkan wajah dan keringkan dengan handuk lembut terlebih dulu.

Setelah itu, siapkan timun yang sudah disimpan dalam lemari es. Potong ujung buah timun dan buang. Iris timun sebesar 1,5cm, agar tak terlalu tipis. Kulitnya bisa dikupas atau tidak.

Lalu, baringkan tubuh dan letakkan irisan timun di atas mata. Tunggu sekitar 15 menit, agar nutrisi timun dapat terserap secara maksimal oleh kulit di sekitar mata. Balikkan sisi timun, jika sudah tak terasa dingin lagi.

Apabila pembengkakan masih terus terjadi, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini untuk memastikan apakah pembengkakan atau lingkar mata yang menghitam tadi termasuk indikator kondisi kesehatan lainnya atau bukan, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading