Sukses

Beauty

Supaya Hasilnya Optimal, Begini Cara Memakai Skincare dengan Kandungan Retinol yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Produk perawatan kulit atau skincare mengandung beberapa bahan yang punya fungsi berbeda-beda. Salah satunya adalah retinol. Bagi yang belum tahu, retinol merupakan turunan dari vitamin A.

Retinol punya beberapa kegunaan dalam perawatan kulit. Salah satunya untuk merangsang produksi kolagen yang efektif mencegah terjadinya proses penuaan dini. Retinol juga memiliki peran dalam mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Meskipun punya segudang manfaat, nyatanya skincare dengan kandungan retinol juga tak boleh dipakai sembarangan. Supaya hasilnya optimal, begini cara tepat pemakaiannya.

Pakailah Skincare dengan Retinol di Malam Hari

Umumnya, produk skincare dengan retinol dikemas dalam botol berwarna gelap. Rupanya hal tersebut bukan tanpa sebab. Kemasan warna gelap dapat menjaga kualitas retinol agar tidak rusak atau terkena paparan sinar matahari.

Dari sinilah, skincare dengan retinol sebaiknya diaplikasikan saat malam hari, agar tak terpapar sinar matahari langsung. Bila memang terpaksa menggunakannya di pagi hari, jangan lupa mengoleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 sesudahnya.

Jangan Digunakan dengan Produk Eksfoliasi

Tak kalah penting, jangan gunakan skincare berbahan retinol dengan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung benzoil peroksida, seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Kandungan tersebut biasa ditemukan dalam produk eksfoliasi. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menggunakan skincare dengan retinol ini setelah melakukan eksfoliasi. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan kulit mengelupas, kering dan iritasi.

Aplikasikan Pada Kulit yang Tak Terkena Air

Skincare dengan kandungan retinol sebaiknya tidak diaplikasikan bersama air atau toner hidrasi, karena bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Ini karena air dapat membuat retinol lebih cepat menembus ke dalam kulit.

Sementara dalam aplikasinya, skincare dengan retinol sebaiknya digunakan pada kulit yang tidak terkena air, agar kulit tak sampai iritasi. Risiko iritasi ini dapat dikurangi dengan memadukan pemakaian pelembap dulu, setelah meresap baru aplikasikan skincare dengan retinol. Tunggu beberapa saat, lalu lapisi dengan pelembap lagi.

Gunakan Skincare dengan Retinol Secukupnya

Penggunaan skincare dengan retinol yang benar bukan dipakai secara berlebihan, melainkan cukup digunakan seperlunya saja. Jadi, kalau terlalu sering juga kurang bagus efeknya.

Nah, yang benar, mulai gunakan produk skincare dengan retinol dari konsentrasi rendah, terutama memiliki jenis kulit sensitif atau baru pertama kali memakainya. bila sudah terbiasa, baru tingkatkan konsentrasinya secara perlahan dan bertahap.

Jangan Digunakan Selama Masa Kehamilan

Tak semua produk skincare cocok digunakan selama berlangsungnya masa kehamilan. Begitu halnya dengan produk skincare dengan kandungan retinol. Banyak penelitian yang mengungkapkan jika penggunaan retinol dapat mengganggu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Khusus untuk pemakaian skincare saat hamil ini ada baiknya konsultasi ke dokter, agar mendapatkan arahan yang tepat. Pada akhirnya, keputusan untuk menggunakan skincare dengan retinol ini tetap dibutuhkan kehati-hatian. Sebab, walau dapat membantu produk kolagen, tetapi yang perlu diingat, pada dasarnya retinol dapat memicu iritasi kulit, terutama jika salah mengaplikasikannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading