Sukses

Beauty

5 Tips Mencegah Penuaan Dini yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Penuaan pada kulit memang wajar terjadi seiring bertambahnya umur. Namun, ketika penuaan pada kulit terjadi lebih cepat tentu membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. 

Beberapa tanda dari penuaan dini adalah munculnya kerutan halus dan kulit yang mengendur. Penuaan dini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak teratur ataupun gen bawaan. 

Sahabat Fimela tidak perlu khawatir. Kali ini Fimela akan memberi 5 tips untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang telah dilansir dari thorne.com. Lantas, apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya!

1. Perbanyak Bergerak

Berolahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penuaan dini. Ketika tubuhmu tidak banyak bergerak, maka banyak resiko yang akan dihadapi, seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Cobalah membiasakan diri dengan melakukan aktivitas yang membuat tubuh banyak bergerak, seperti jogging, melakukan aerobik, atau berangkat ke kantor dengan jalan kaki. 

2. Mengatur Pola Tidur

Tidur dapat membantu merilekasikan pikiran dan mengistirahatkan tubuh. Jika pola tidur berantakan, maka akan membawa banyak penyakit pada tubuh, Obesitas, depresi, dan penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh pola tidur yang tidak teratur. Agar tidur terasa nyaman, atur jam tidur dibawah jam 12 malam. Matikan lampu kamar agar tidur lebih nyenyak.

3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Kulit wajah yang terpapar sinar UV secara langsung dan tanpa perlindungan apapun dapat mempercepat proses penuaan kulit. Tak hanya itu, jika tidak melindungi kulit dari sinar UV dengan benar akan beresiko terkena kanker kulit. Pakailah sunscreen secara rutin, walaupun saat cuaca mendung sekalipun.

4. Hindari Stress

Banyaknya masalah yang dihadapi dapat menimbulkan stress. Rupanya, stress dapat mempercepat penuaan kulit dan menimbulkan kerutan-kerutan halus pada wajah. Lakukan meditasi untuk menyejukkan hati, hal ini ampuh agar kita bisa mengatur emosi agar terhindar dari stress. Selain itu, berbaur dengan banyak orang akan membantu mengurangi stress.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat mendatangkan banyak penyakit dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan merokok, proses penuaan kulit akan terjadi lebih cepat. Bagi perokok aktif, memang sulit untuk berhenti. Tetapi, ada beberapa cara untuk mengurangi merokok, seperti mengonsumsi permen karet sebagai pengganti, hindari situasi yang membuatmu ingin merokok, dan menahan nafsumu.

Gaya hidup yang tidak baik akan berdampak pada proses penuaan kulit. Untuk itu, cobalah merubah gaya hidupmu dengan beberapa kebiasaan baik diatas. Dijamin, sahabat Fimela akan terlihat lebih muda dan segar!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading