Sukses

Beauty

3 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Smoothing Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki posisi tidur yang berbeda-beda sesuai dengan kenyamanan saat tidur. Posisi tidur menjadi penting untuk memberikan istirahat yang tenang dan terlelap supaya dapat mengumpulkan tenaga untuk keesokan harinya. Namun, ada terdapat beberapa alasan posisi tidurmu dapat berubah, seperti setelah melakukan smoothing rambut. 

Memiliki rambut yang susah diatur terkadang menjadi beban ketika ingin melakukan aktivitas sehingga kamu perlu untuk merawat rambut supaya tetap mudah diatur dan sehat. Salah satunya dengan melembutkan rambut yang dapat dilakukan dengan dua cara keratin atau menghaluskan rambut secara alami atau smoothing atau menghaluskan rambut menggunakan bahan-bahan kimia. 

Dilansir dari skinkraft.com, smoothing atau pelembut rambut merupakan perawatan kimiawi sementara yang dapat digunakan untuk merawat rambut yang sulit diatur dan kusut dengan menggunakan larutan formaldehida yang dapat melembabkan helai rambut kusut dan kering sehingga smoothing rambut menjadi cara perbaikan yang cepat untuk seseorang yang mempertimbangkan untuk meluruskan rambut.

 

 

Manfaat dan Langkah yang Dilakukan Setelah Smoothing Sebelum Tidur

Biasanya smoothing rambut bertahan selama 6 bulan atau lebih, tergantung dengan perawatan rambut yang kamu lakukan. Dilansir dari mamaearth.in, menghaluskan rambut dapat dikatakan tidak terlalu merusak rambut seperti meluruskan. Namun, melakukan smoothing pada rambut keriting memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Membuat rambut terlihat lurus dan halus secara alami.
  2. Menambah kekuatan pada rambut kusam, tak bernyawa, dan lemas. 
  3. Menyelaraskan rambut dan menjaga struktur rambut tetap utuh.
  4. Membuat rambut kusut menjadi berkurang sehingga juga mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut.
  5. Menghemat waktu tanpa menggunakan pelurus rambut setiap hari.
  6. Menambahkan kilau pada rambut dan membuat rambut mudah diatur.

Selain manfaat, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan setelah melakukan smoothing sebelum tidur agar rambutnya bertahan lama:

  1. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutera karena tidak akan membuat rambutmu yang baru dihaluskan menjadi kembali kusut akibat pergerakan saat tidur. Menjaga suhu kamar tetap terkondisi.
  2. Perlu bagi kamu menghindari keringat setelah melakukan smoothing rambut karena keringat dapat membuat rambut basah sehingga rambut menjadi kusut, keriting, dan hilangnya kilau dan kehalusan.
  3. Selalu menyisir rambut sebelum berbaring. 

Selain 3 langkah tersebut kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk menjaga rambut smoothingmu tetap terlindungi dengan baik selama tidur yang dilansir dari indialovesbes.in:

  1. Biarkan rambutmu tergerai.
  2. Mempertahankan posisi tidur yang benar seperti tidur dalam posisi lurus.
  3. Pisahkan rambut dengan menyisir secara lembut ketika bangun tidur dan jangan biarkan rambut kusut dalam jangka waktu yang lama.

Efek Samping Smoothing

Walaupun melakukan smoothing membuat rambut lebih mudah diatur dan berkilau, tetapi smoothing juga memberikan efek samping kepada rambutmu yang dilansir dari bebeautiful.in

  1. Membuat rambut menjadi rontok karena panas dan bahan kimia yang digunakan selama perawatan membuat folikel rambut menjadi lemah dan terlepas dari akarnya. Biasanya beberapa bulan setelah smoothing, rambut akan cenderung kehilangan kekuatan alaminya sehingga mulai patah.
  2. Menghilangkan tekstur alami rambut. Ikatan disulfida dan asam amino pada helai rambut menjadi rusak dan di rebonding untuk membentuk struktur baru sehingga membuat tekstur alami rambut menjadi hilang.
  3. Membuat rambut menjadi kering dan dehidrasi. Walaupun smoothing membuat rambut menjadi gampang diatur dan tidak kusut, tetapi kelembapan rambut menjadi hilang sehingga membuat rambut menjadi kering dan dehidrasi. Hal ini didorong karena bahan kimia yang digunakan selama perawatan meresap ke dalam kulit kepala membuat permukaan kepala menjadi terkelupas dan sisa racun yang digunakan untuk mengubah struktur rambut membuat rambut menjdai rapuh. 
  4. Membuat ujung rambut menjadi bercabang. Ketika kamu melakukan smoothing, rambut akan terkena panas yang bersuhu tinggi sehingga membuat ujung rambut menjadi bercabang.
  5. Membuat rambut menjadi berketombe dan kulit kepala menjadi gatal.

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading