Sukses

Beauty

5 Manfaat Lemon untuk Kulit Wajah dari Perawatan Jerawat-Meningkatkan Kolagen

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan kulit supaya tetap terlihat cerah dan ternutrisi dapat dilakukan dengan melakukan perawatan. Perawatan kulit dapat berasal dari produk-produk tertentu atau bahan-bahan alami yang dapat dibuat sendiri seperti buah-buahan. Setiap buah-buahan memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda. Salah satunya buah lemon yang ternyata memiliki manfaat untuk kulit. 

Dilansir dari everydayhealth.com, lemon merupakan bagian dari keluarga buah jeruk yang memiliki kandungan beberapa tingkat asam sitrat dan senyawa yang bertanggung jawab atas rasa asamnya yang terkenal. Lemon tumbuh subur di iklim tropis dan subtropis di seluruh dunia dan menjadi buah yang digunakan untuk membuat jus dan memberikan rasa tambahan pada sayuran, ikan, dan unggas. Tak hanya itu, berbagai bagian pada lemon digunakan untuk menghasilkan asam sitrat, pengawet dan perasa, pektin, serat larut yang dapat digunakan untuk mengentalkan makanan dan minyak esensial. 

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat berfungsi untuk kekebalan tubuh dan melawan stres oksidatif penyebab penyakit. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga menyerap zat besi pada makanan. Ketika tubuh memiliki zat besi yang terlalu sedikit akan menyebabkan anemia, membuat tubuh menjadi lemah, kurang energi, dan tidak dapat berkonsentrasi. Oleh karena itu, perpaduan antara zat besi dan vitamin C dapat membantu menyerap mineral dengan baik. Selain itu, lemon juga merupakan sumber folat dan magnesium. 

 

Manfaat Lemon bagi Kesehatan

Dilansir dari healthline.com, lemon mengandung sedikit lemak dan protein karena biasanya terdiri dari 10% karbohidrat yang sebagian besarnya merupakan serat larut dan gula dan 88-89% air. Serat utama yang terkandung dalam lemon adalah pektin yang dapat menurunkan kadar gula darah. 

Namun, lemon juga memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral, di antaranya:

  • Vitamin C. Vitamin dan antioksidan esensial yang berfungsi untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. 
  • Kalium dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.
  • Vitamin B6 yang dapat mengubah makanan menjadi energi. 

Lemon dengan kandungannya memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Kesehatan jantung. Kadar vitamin C yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Serat dari buah lemon juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan minyak esensial dalam lemon dapat melindungi partikel kolesterol LDL supaya tidak teroksidasi. 
  2. Pencegahan batu ginjal. Asam sitrat dalam lemon dapat mengurangi risiko batu ginjal. 
  3. Pencegahan anemia. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi pada seseorang. Lemon memang mengandung sedikit zat besi, tetapi merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat yang bagus sehingga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain.
  4. Mengurangi risiko kanker karena lemon mengandung senyawa tumbuhan seperti hesperidin dan d-limonene.

Manfaat Lemon untuk Kulit Wajah

Dilansir dari healthline.com, berikut manfaat yang diberikan jika kamu menggunakan lemon pada kulit:

  1. Perawatan jerawat. Jus lemon memiliki kualitas astrigen karena tingkat asamnya dan bahan yang memiliki tingkat pH rendah dapat mengurangi peradangan dan minyak yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam lemon juga dapat memecah sel kulit mati yang menyebabkan bentuk jerawat non inflamasi seperti komedo. 
  2. Memberikan efek antimikroba yang dapat menjinakkan bakteri propionibacterium acnes yang menyebabkan peradangan jerawat. Lemon juga memiliki efek antijamur yang dapat mengobati ruam kandida dan jamur kulit kepala yang terkadang terjadi bersamaan dengan dermatitis seboroik.
  3. Mencerahkan bintik-nintik penuaan atau bekas jerawat serta rambut di wajah.
  4. Dapat meringankan bercak kulit yang dikaitkan dengan psoriasis dan ketombe dan efek pengelupasan pada kulit sebagai efek kandungan asam sitrat alami lemon.
  5. Meningkatkan kolagen. Kolagen merupakan protein yang secara alami teurai seiring bertambahnya usia dan dapat menyebabkan garis halus dan kerutan. Dengan kandung antioksidan vitamin C lemon dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan membuat kulit menjadi halus.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading