Sukses

Beauty

4 Langkah Efektif Atasi Blackhead, Si Komedo Hitam yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, blackhead alias si komedo hitam juga menjadi musuh terbesar yang sering mengganggu penampilan. Wajah jadi auto nggak terlihat mulus dengan kehadiran benjolan kecil dengan warna kehitaman tersebut. Nggak heran nih kalau banyak yang merasa galau dan ingin segera menyingkirkan masalah yang satu ini.

Namun, jangan lupa untuk mencari penanganan blackhead yang tepat. Salah metode perawatan kulit yang dilakukan, bisa-bisa malah hasilnya semakin parah. Yuk, intip dulu beberapa tips mengatasi blackhead alias si komedo hitam yang lebih efektif!

Jangan Hanya Menggunakan Pore Strip

Kalau ngobrolin masalah komedo, pore strip mungkin jadi salah satu solusi yang banyak digunakan. Produk kecantikan berupa lembaran lengket yang digunakan di area hidung ini memang sering jadi andalan buat mengangkat komedo hitam tersebut. Biarpun praktis, tapi produk ini ternyata bukan satu-satunya solusi, lho.

Pore strips biasanya hanya mengangkat komedo di permukaan, tapi nggak mengatasi masalah sampai ke akarnya. Jadi, perlu didukung dengan penggunaan skincare yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Gunakan Pelembap dalam Rutinitas Skincare Harian

Komedo sebenarnya disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati dan produksi minyak alami berlebih sehingga membuat pori-pori tersumbat. Nah, salah satu trik pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan rutin menggunakan pelembap dalam rutinitas skincare harian.

Apapun jenis kulitmu, baik itu kering maupun berminyak, pelembap atau moisturizer jadi skincare yang wajib digunakan untuk menjaga hidrasi alami kulit sehingga menekan produksi minyak berlebih. Namun, pastikan pilih jenis pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya saja bagi pemilik kulit berminyak, moisturizer dengan tekstur gel bisa jadi pilihan.

Gunakan Skincare Retinoid

Komedo hitam termasuk salah satu jenis yang membandel dan sulit diatasi karena akar pertumbuhannya di dalam pori-pori. Nah, penggunaan skincare yang mengandung retinoid ternyata bisa jadi salah satu cara yang direkomendasikan oleh ahli dermatologis, lho.

Retinoid bekerja untuk mengatasi komedo dan pori-pori tersumbat. Caranya adalah dengan mengurangi sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mempercepat laju pembalikan dan regenerasi kulit.

Rutin Melakukan Scrubbing

Salah satu langkah sederhana yang efektif untuk mencegah pertumbuhan komedo adalah dengan rutin melakukan scrubbing. Namun, pastikan pilih scrub yang mengandung formula untuk mengatasi masalah blackhead, misalnya saja salicylic acid.

Formula asam yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengangkat minyak berlebih, mengeksfoliasi kulit mati yang menumpuk, serta mencegah pertumbuhan blackhead yang mengganggu. Pastikan pilih produk scrub yang aman dan ramah di wajah, yaitu dengan butiran lembut. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk memberikan hasil sesuai harapan.

Blackhead alias si komedo hitam memang sering bikin galau. Untungnya beberapa cara di atas bisa memberikan inspirasi yang dibutuhkan. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading