Sukses

Beauty

4 Hal yang Wajib Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Saat Sering Menggunakan Waterproof Makeup

Fimela.com, Jakarta Wajah yang terlihat segar dan glowing jadi hal yang dapat meningkatkan penampilan perempuan. Nggak heran nih kalau banyak dari mereka yang sering bereksperimen dengan berbagai macam makeup. Bagi yang memiliki aktivitas padat atau harus menghadiri event spesial, waterproof makeup sering jadi pilihan biar nggak perlu repot-repot touch up.

Biarpun bisa mempercantik wajah dalam waktu yang cukup lama, tapi penggunaan waterproof makeup juga rentan mengganggu kesehatan kulit. Munculnya jerawat hingga kulit yang terlihat kusam sering jadi masalah umum nih. Demi menjaga kulit wajah tetap sehat, beberapa hal ini wajib kamu ketahui, Sahabat Fimela!

Hindari Kandungan Silikon

Beberapa produk waterproof makeup biasanya memiliki kandungan silikon. Formula yang satu ini berperan untuk menciptakan lapisan yang bisa mengunci kelembapan kulit dan membuat wajah terlihat mulus. Makeup pun nggak mudah luntur ketika terkena keringat atau tetesan air.

Biarpun bisa membuat makeup jadi tahan lama, nyatanya produk dengan kandungan silikon memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan wajah. Kandungan ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat dan komedo, membuat kulit kusam, serta makeup jadi lebih sulit dibersihkan.

Lakukan Persiapan Wajah yang Maksimal

Pada dasarnya, persiapan wajah dengan ritual skincare yang tepat sangat penting sebelum menggunakan produk makeup apapun. Termasuk yang memiliki kategori waterproof. Jangan lupa awali dengan membersihkan wajah terlebih dulu dan aplikasikan produk skincare yang dapat membantu persiapan kulit.

Jangan lewatkan penggunaan moisturizer dan primer yang berperan untuk membuat foundation dan produk makeup lainnya menempel dengan baik. Waterproof makeup biasanya memiliki tekstur yang sedikit berat, jadi primer dapat membantu melapisi kulit agar wajah tidak kering.

Pilih Makeup Remover yang Tepat

Ini dia bagian penting yang sering dilupakan oleh sebagian perempuan. Kalau menggunakan riasan waterproof, maka pastikan makeup remover yang digunakan juga memiliki formula untuk membersihkan jenis makeup tersebut. Hal ini penting agar sisa riasan bisa terangkat dengan maksimal, sehingga mencegah pori-pori tersumbat yang bisa menyebabkan jerawat atau wajah yang terlihat kusam.

Pembersih khusus untuk waterproof makeup biasanya memiliki formula khusus, misalnya saja oil-based product yang dapat membantu membersihkan waterproof makeup jadi lebih mudah. Selain itu, pilih kandungan pembersih yang mild agar tidak membuat kulit kering dan dehidrasi.

Beri Waktu 'Libur' untuk Kulit

Karena memiliki formula yang lebih 'berat' untuk menjaga makeup tidak mudah luntur, penggunaan produk yang satu ini memang nggak disarankan setiap hari. Jadi, sebisa mungkin cobalah membuat jadwal 'libur' saat kulit nggak perlu menggunakan makeup sama sekali.

Misalnya, saat libur kerja dan nggak ada acara ke mana-mana, beri waktu agar kulit bebas makeup, sehingga bisa 'bernapas'. Meskipun sepele, tapi penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat selama menggunakan waterproof makeup. Yuk, praktikkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading