Sukses

Beauty

9 Cara Memakai Eyeliner Berdasarkan Bentuk Mata

Fimela.com, Jakarta Menggunakan makeup bagi beberapa perempuan mungkin menjadi kesenangan tersendiri supaya mereka dapat tampil lebih percaya diri. Makeup memiliki beragam jenis untuk setiap bagian pada wajah, seperti pada bagian mata biasanya produk yang digunakan seperti eyeliner, maskara, dan eyeshadow. Biasanya orang-orang akan menggunakan makeup pada bagian mata dengan alasan supaya mata terlihat lebih hidup. 

Penggunaan makeup pada bagian mata bagi beberapa orang menjadi hal yang sulit, terutama penggunaan eyeliner. Dilansir dari beautyanswered.com, eyeliner merupakan kosmetik yang digunakan di sepanjang tepi mata. Eyeliner dapat kamu temukan dalam empat kategori utama yaitu cair, pensil berbahan dasar bubuk, pensil berbahan dasar lilin, dan kohl.

Mungkin sebagian orang akan memilih eyeliner pensil karena pengaplikasiannya yang lebih mudah dikontrol dan memberikan kesan lebih halus daripada eyeliner cair. Eyeliner pensil biasanya berbahan dasar bubuk yang lebih keras sehingga dapat membuat garis yang lebih jelas daripada pensil berbahan dasar lilin yang lebih mudah untuk tercoreng, tetapi dapat digunakan untuk menciptakan efek berasap.

Penggunaan Eyeliner Berdasarkan Bentuk Mata

Dilansir dari byrdie.com, berikut cara penggunaan eyeliner berdasarkan bentuk mata:

Mata almond 

Jika memiliki mata berbentuk almond, kamu beruntung karena dapat mencoba hampir semua tampilan eyeliner yang dapat membuat mata menjadi terlihat bagus. 

Mata hooded 

Jika memiliki hooded eyes dalam menggunakan eyeliner pastikan kamu sudah memasukan liner secara tepat ke dasar garis bulu mata. Sebaiknya jika memiliki tipe mata ini, kamu membuat liner yang tebal, tetapi tetap sesuai dengan yang diinginkan karena garis tipis akan menjadi sulit terlihat saat mata terbuka. 

Mata monolid 

Jika memiliki jenis mata ini, kamu dapat memanjangkan liner keluar, hampir sejauh alis. Pastikan juga menggambarkan sayapnya yang cukup besar karena akan memberikan tampilan jentikan yang bagus. 

Mata besar

Jika memiliki mata bulat besar, kamu dapat menggunakan eyeliner untuk memanipulasi bentuk dengan lembut dan mengintensifkan mata. Selain itu, jaga ketebalan saat menggambar dan jangan membuat eyeliner yang terlalu panjang.

Mata kecil

Jika memiliki mata yang kecil, kamu dapat menerapkan garis tipis tepat di atas garis bulu mata dan letakkan di sudut luar, sedangkan untuk kelopak bagian bawah,  kamu dapat menghindari terlalu banyak lapisan garis karena akan membuat mata tampak menjadi lebih kecil.

Mata downturned

Jika memiliki jenis mata ini, kamu dapat menyeret liner melintasi mata ke arah luar dan ke atas. Setelah itu, gunakan cotton bud lembab untuk mengusap ke atas di bawahnya sudut garis luar untuk membersihkan tepi dan membuat sudut. 

Mata cekung 

Jika memiliki jenis mata ini, cara terbaik untuk menggunakan eyeliner adalah dengan memulai dari bagian luar. Lalu, oleskan liner cair pada titik tertinggi lekuk mata dan tarik keluar serta hentikan liner tepat pada bagian akhir bulu mata kamu. 

Mata bulat

Memiliki mata bulat, eyeliner yang dapat kamu aplikasikan dengan cara memanjangkan mata menjadi bentuk yang lebih eksotis. Kamu dapat membuat garis pada bulu mata atas dan memberikan sudut luar dengan sayap panjang atau mengoleskan liner gelap ke garis bulu mata atas dan bawah. 

Mata wide-set

Mata lebar memiliki pendekatan yang hampir sama dengan mata besar. Kamu dapat menggambar eyeliner dimulai dari saluran air mata dan ditarik ke depan serta ke luar.

 

*Penulis: Fani Varensia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading