Sukses

Beauty

7 Fakta yang Harus Dipahami Seputar Awet Muda dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Fimela.com, Jakarta Menjadi dambaan para perempuan untuk terlihat awet muda saat sudah mencapai usia tua. Kulit wajah akan berubah seiring berjalannya waktu, dari yang lembut, halus, dan kencang, mungkin akan mulai menunjukkan garis-garis halus, kerutan, ataupun kendur pada wajah. Tenang saja, ini alami dan sangat normal untuk dihadapi karena kondisi ini merupakan proses menuju penuaan. 

Ada banyak produk dan prosedur perawatan kulit yang tersedia untuk membantu kamu agar  terlihat lebih muda dan mengurangi tanda penuaan. Tidak sedikit dari mereka rela menghabiskan uang yang tidak sedikit demi mencegah datangnya tanda-tanda penuaan tersebut. Meskipun begitu, hasil yang didapatkan dari rangkaian prosedur perawatan kulit memang terlihat signifikan.

Namun sayangnya, masih banyak misinformasi mengenai kulit awet muda dan bagaimana cara mendapatkannya. Maka dari itu, pahami terlebih dahulu fakta-fakta seputar awet muda dibawah ini yang dikutip dari Everyday Health, agar tidak mudah percaya dengan embel-embel iklan kecantikan.

Perawatan wajah yang mahal tidak menjamin hasil yang maksimal

Perumpamaan ‘Ada harga ada kualitas’ memang betul, namun faktanya tidak semua produk yang mahal akan selalu menjamin hasil yang lebih efektif. Bagi beberapa orang yang sudah mencoba berbagai produk perawatan kulit yang mahal, masih belum merasakan efek yang luar biasa dari produk tersebut. Pada dasarnya banyak pula produk perawatan kulit yang jauh lebih murah dan lebih efektif dibandingkan harus bayar mahal-mahal ke klinik kecantikan.

Sunscreen adalah kunci awet muda

Menggunakan sunscreen adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan membantu memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama sinar UVA dan UVB  dapat menyebabkan kulit iritasi dan tumbuhnya bintik-bintik hitam, bahkan kanker kulit. Maka dari itu disarankan untuk selalu memakai sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap hari ketika ingin beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung. 

Memakai produk perawatan yang banyak tidak akan selalu berakhiran baik

Meskipun memakai produk perawatan kulit mampu membantu menjaga kecantikan kulit, tetapi jika memakainya terlalu berlebihan akan akan meningkatkan risiko iritasi dan berjerawat jika tidak cocok dengan semua produk tersebut. Jangan mudah percaya dengan informasi-informasi yang mengatakan bahwa dengan menggunakan produk wajah yang banyak maka akan semakin optimal hasilnya. Tiap-tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Produk perawatan tertentu akan bekerja dengan baik untuk seseorang, namun belum tentu cocok bagi orang lain. 

Cukup gunakan produk sesuai dengan kebutuhan

Berkaitan dengan fakta sebelumnya, disarankan hanya untuk menggunakan beberapa produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit kamu sekarang. Beberapa rangkaian perawatan wajah dasar, seperti facial wash, toner, serum, pelembab, dan sunscreen. Pilih produk dengan kandungan yang cocok untuk tipe kulitmu, dan untuk hasil yang maksimal, gunakan setiap hari secara rutin. Pastikan kembali apakah semua produk yang digunakan tersebut cocok dan tidak meninggalkan efek samping yang membuat kulitmu iritasi. 

Pola gaya hidup berpengaruh untuk tampil awet muda

Rangkaian produk perawatan kulit bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga wajah awet muda, pola gaya hidup sehari-hari juga dapat berpengaruh besar. Faktor-faktor seperti pola makan yang kaya akan antioksidan dan bernutrisi, rutin berolahraga, tidur yang cukup, menghindari stres, hingga tidak merokok, dapat membantu kamu untuk mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini. Dengan menerapkan pola gaya hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang merusak kulit, akan membantu menghasilkan tampilan wajah awet muda. 

Usia paling baik untuk memulai memakai produk anti aging

Dikutip dari Medical News Today, beberapa ahli merekomendasikan agar mulai menggunakan produk anti aging sejak usia 20-an. Hal ini bukan berarti orang yang berumur 20 berkewajiban untuk membeli dan memakai produk anti penuaan khusus. Masih banyak produk lain yang cukup untuk mencerahkan dan melembapkan kulit, tanpa keharusan menggunakan produk khusus anti aging. Salah satunya adalah moisturizer dan sunscreen, dua produk tersebut disarankan untuk mulai digunakan, sehingga dapat melindungi kulit serta mencegah timbulnya bintik-bintik hitam.

Membutuhkan waktu yang lama untuk hasil yang optimal

Dalam merawat kulit, hendaknya untuk selalu bersabar dan percaya bahwa ini proses yang akan lama dan pasti akan terlihat perubahannya. Untuk melihat hasil yang optimal biasanya membutuhkan beberapa minggu, bahkan berbulan-bulan untuk melihat perubahan yang signifikan. Namun bukan berarti kamu tidak akan melihat sedikit perubahan dalam waktu singkat. Perlu waktu dan kesabaran untuk selalu konsisten menggunakan produk perawatan kulit demi menghasilkan kulit awet muda. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading