Sukses

Beauty

Kulit Kering Selama Puasa, Atasi dengan Rutinitas Perawatan Kulit Ini

Fimela.com, Jakarta Di samping sisi kesehatan yang didapatkan dari puasa, terdapat masalah kulit yang bisa terjadi apabila tidak dijaga dengan baik. Salah satunya permasalahan kulit kering.

Kurangnya asupan cairan selama puasa, ditambah paparan AC terlalu lama bisa membuat kulit kering dan dehidrasi. Jika diabaikan, bisa memicu rasa gatal hingga mempercepat munculnya garis-garis halus pada kulit.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelembapan kulit selama berpuasa, Jergens, no. 1 body lotion di US berkolaborasi dengan Fimela menggelar acara talkshow bertajuk “Visibly Luminous Skin”. 

“Tema Visibly Luminous Skin diangkat karena di bulan Ramadan ini, kami ingin mengedukasi Sahabat Fimela untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi selama puasa. Sehingga kulit tetap sehat, kenyal, dan terhindar dari penuaan dini,” kata Clara Aurelia selaku Brand Representative Jergens Indonesia saat ditemui seusai acara di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Selain komunitas Fimelahood, acara ini juga dimeriahkan dengan dermatologis dr. Matahri SpKK dan muslim beauty influencer Indah Nada Puspita yang berbagi tips seputar perawatan kulit selama berpuasa. Seperti apa? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

 

Bahaya Kulit Kering

Menjaga kulit tetap lembap, terutama saat puasa di mana tubuh banyak kekurangan asupan cairan sangat penting. Sebab, menurut dr. Matahari, kulit kering tidak hanya memicu iritasi tetapi juga dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

“Bahaya kalau kulit kering jika diabaikan, maka kulit bisa pecah-pecah, memicu eksim, dan iritasi,” kata dr. Matahari

“Kulit kering itu juga  bikin cepat tua, kalau kita mempertahankan kelembapan kulit maka akan awet muda lebih lama,”lanjutnya.

Karena itu, kulit perlu dijaga kelembapannya dengan perawatan kulit yang tepat. Ada banyak aspek, menurut dr. Matahari yang harus diperhatikan selama berpuasa untuk mencegah kulit kering.

“Cara mengatasi kulit kering di bulan puasa? Pertama perbanyak minum saat sahur dan buka, hindari terlalu lama berada di ruang AC, hindari mandi air panas, fan yang paling penting gunakan body lotion setiap selesai mandi dan setiap diperlukan,” tutur dia.

Lalu, body lotion seperti apa yang bisa diandalkan?

Sel-sel kulit baru meregenerasi setiap harinya. Tetapi seiring bertambahnya usia, kemampuan meregenerasi kulit mulai melambat. Ditambah faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, paparan AC di dalam ruangan yang terlalu lama, serta polusi lainnya. Body lotion bisa membantu melindungi kulitmu dari hal-hal tersebut.

Menggunakan body lotion tidak hanya menjaga kulitmu tetap lembap, tetapi juga bertindak sebagai penahan air pada skin barrier untuk mencegah hilangnya kelembapan yang lebih parah lagi. Nah, agar hasilnya maksimal, dr. Matahari menyarankan untuk memilih body lotion yang mampu menutrisi dan melembapkan kulit secara sempurna.

“Selain itu, body lotion harus mengandung zat-zat antioksidan atau bisa mengurangi kekeringan dan iritasi kulit. Misalnya, mengandung argan oil yang bersifat oklusif untuk mencegah berkurangnya kadar air pada kulit sehingga tetap lembap. Serta mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan kulit,” tutur dr. Matahari.

Kandungan body lotion tersebut bisa didapatkan pada produk Jergens Deep Restoring Argan. Hadir dengan kandungan utama Moroccan Argan Oil dan vitamin E, pelembap ini dapat menjaga kulit agar tetap lembap, kenyal, dan sehat. Ditambah dengan Oil-infused Formula bekerja untuk mengunci kelembapan kulit selama 24 jam.

“Sejak 2 tahun terakhir, aku selalu memakai body lotion karena bisa memberikan ekstra kesegaran dan moodbooster setiap habis mandi. Jergens Deep Restoring Argan menjadi favoritku untuk bikin kulit tetap lembap dan plump. Selain itu, kalau pakai parfum wanginya juga lebih stay,” kata Indah Nada Puspita.

Berbeda dari pelembap biasanya Jergens sendiri memiliki kandungan unggulan, yaitu Illuminating Hydralucence Blend yang dapat menyerap ke 5 lapisan permukaan kulit sehingga menjaga kelembapan kulit secara mendalam hingga 48 jam. 

“Kalau biasanya produk body lotion yang digunakan hanya menyebar di seluruh bagian kulit tapi tidak bisa bertahan lama di permukaannya, berbeda dengan kandungan Jergens yang dapat bertahan di permukaan kulit dan membentuk lapisan Lamellar, sehingga kulit terlihat lebih cerah di setiap sisinya,” ungkap Clara.

Selain Jergens Deep Restoring Argan, terdapat 3 varian produk body lotion lainnya dari Jergens yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kulit kamu. Seperti Jergens Ultra Care yang cocok untuk pemilik kulit kering hingga ekstra kering, Jergens Soothing Aloe untuk kulit normal hingga kering, dan Jergens Nourishing Honey yang memiliki formula untuk melembutkan dan menghaluskan kulit pada pemilik kulit normal hingga kering.

Jadi, sudah tahu produk Jergens mana nih yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu kan, Sahabat Fimela? Sekarang waktunya lakukan perawatan kulit ekstra kering dengan produk yang tepat, rasakan sendiri manfaat dan perubahannya secara nyata. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading