Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Beruntusan di Dahi yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi produksi minyak (sebum) yang berlebihan, tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri, peradangan (inflamasi). Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Namun ada suatu kondisi yang mirip dengan jerawat, yaitu beruntusan. Beruntusan yaitu benjolan-benjolan kecil yang muncul di wajah dan membuat tekstur wajah jadi kasar. Beruntusan berbeda dengan jerawat. Jerawat berwarna kemerahan dan terkadang mengandung nanah, sedangkan beruntusan warnanya sama seperti kulit.

Beruntusan bisa terjadi bagian manapun di wajah, namun sering terjadi di bagian jidat. Sebenarnya untuk menghilangkannya tidak sulit kok. Berikut cara menghilangkan beruntusan di jidat yang cukup mengganggu penampilan.

Rajin Membersihkan Wajah

Salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan cara rajin membersihkan wajah. Bruntusan bisa terjadi karena kondisi kulit yang kotor dan membuat pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan wajah agar kotoran di wajah bisa hilang dengan maksimal.

Namun perlu dipahami bahwa membersihkan wajah itu tidak cukup hanya menggunakan sabun wajah saja lho, Sahabat Fimela, apalagi kalau kamu menggunakan makeup. Kamu juga perlu double cleansing, yaitu membersihkan wajah menggunakan produk cleansing khusus seperti micellar water, cleansing balm atau cleansing oil.

Gunakan Eksfoliasi

Untuk membersihkan pori-pori wajah, kamu perlu menggunakan produk eksfoliasi. Produk eksfoliasi yang bisa kamu gunakan adalah toner yang memiliki kandungan AHA, BHA atau PHA. Selain bisa membersihkan bruntusan, produk eksfoliasi juga bisa membersihkan bekas-bekasnya.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bruntusan

1. Masker Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang mampu memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bruntusan. Kamu juga bisa mencampurkan teh hijau dengan madu untuk mempercepat hilangnya bruntusan.

Untuk menggunakannya, gunakan dua kantong teh, lalu seduh dengan air hangat. Setelah itu buka kantong teh dan ambil daun teh, campurkan daun teh dengan madu, lalu aplikasikan di area bruntusan, diamkan selama 10 hingga 20 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi penggunaan masker ini setiap seminggu dua kali.

2. Oatmeal

Tidak hanya teh hijau, oatmeal juga memiliki kandungan antioksidan yang juga mampu menghilangkan bruntusan di jidat. Selain itu, oatmeal juga punya efek menenangkan kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah. Campurkan oatmeal dengan air hangat hingga mekar. Diamkan sebentar hingga dingin. Aplikasikan pada kulit wajah bruntusan. Diamkan selama 10 menit baru kemudian bilas dengan air, maka bruntusan akan hilang ketika pemakaian rutin.

3. Minyak Zaitun

Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bruntusan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi kulit.

Ambil minyak zaitun secukupnya dan campur dengan madu murni dengan perbandingan 1:1. Aduk hingga rata kemudian oleskan masker ke bagian wajah bruntusan selama beberapa menit, kemudian bilas. Gunakan secara rutin hingga bruntusan hilang.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bruntusan di jidat yang sangat mengganggu. Perlu dipahami bahwa menghilangkan bruntusan tidak bisa instan, tapi butuh proses yang cukup memakan waktu. Oleh karena itu, kamu harus sabar dan telaten sampai bruntusan hilang dari wajahmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading