Sukses

Beauty

Sebelum Operasi Plastik, Pertimbangkan 5 Hal Ini agar Tidak Menyesal

Fimela.com, Jakarta Operasi biasanya dilakukan untuk tindakan darurat demi kesehatan. Namun ada juga operasi yang dilakukan untuk mengubah penampilan. Saat ini banyak selebriti dunia yang melakukan bedah plastik untuk menunjang penampilan mereka. Sebagian bahkan sampai ketagihan melakukannya berkali-kali.

Sama seperti bedah kesehatan lainnya, bedah plastik untuk kecantikan pun perlu pertimbangan matang dari pasien dan dokter yang terlibat. Agar tak menyesal dan salah tindakan, pertimbangkan 5 hal ini sebelum memutuskan untuk bedah plastik.

1. Riwayat Kesehatan

Melansir dari Verywell Health, prosedur umun untuk melakukan bedah plastik adalah dengan pengecekan kesehatan. Pastikan untuk secara menjelaskan detail riwayat kesehatanmu. Hal ini akan menjadi pertimbangan apakah kamu bisa melakukan beda plastik atau tidak.

2. Pilih Prosedur yang Memberi Hasil Sesuai Keinginan

Setiap prosedur bedah plastik memberi hasil akhir yang berbeda-beda. Untuk itu, agar mendapat hasil sesuai harapan maka tanyakan secara rinci mengenai prosedur dan seperti apa hasil yang akan didapat. Bila tidak sesuai harapan, konsultasikan secara terbuka pada dokter yang bertanggung jawab.

3. Pertimbangkan Risikonya

Setiap tindakan pasti ada risiko yang menyertai. Baik itu bedah kesehatan maupun bedah kecantikan, tak dipungkiri bahwa efek samping selalu ada. Umumnya efek samping yang terjadi adalah infeksi, bekas luka, maupun garis halus pada bagian tubuh yang melakukan pembedahan.

4. Biaya yang Dibutuhkan

Tentu saja biaya menjadi pertimbangan utama lainnya. Harga yang tidak murah membuatmu harus memikirkan kembali kesanggupan untuk membayarnya. Belum lagi bila hasil yang diinginkan tidak sesuai, mau tidak mau bedah harus dilakukan kembali tanpa pengurangan biaya apapun. Maka dari itu, siapkan anggaran terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beda plastik.

5. Waktu Panjang untuk Pemulihan

Waktu pemulihan setelah menjalankan operasi plastik tidaklah sebentar. Pemulihan bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Belum lagi dengan rasa sakit, nyeri, dan memar yang akan dialami pada fase awal penyembuhan. Jika memiliki aktivitas yang cukup padat, maka waktu untuk pemulihan harus dipertimbangkan secara matang.

Bedah plastik untuk kecantikan memiliki banyak risiko dan pertimbangan yang banyak. Bila tidak yakin untuk melakukan bedah plastik, cobalah cara alternatif lain. Semua pilihan lebih baik dipertimbangkan secara matang ya, sahabat Fimela.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading