Sukses

Beauty

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah Baik Diminum atau Dioles

Fimela.com, Jakarta Air kelapa tak hanya menghidrasi tubuh namun juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuh kulit, kita bisa meminum atau mengoleskannya ke kulit untuk mendapatkan semua manfaatnya.

Berikut sederet manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah melansir dari stylecraze.com. Menggunakan air kelapa secara topikal dapat mencegah biang keringat dan bisul, sampai meredakan ruam yang disebabkan oleh cacar, cacar air, dan campak.

Sementara itu, saat minum air kelapa, kita akan mendapat manfaat kulit yang terjaga hidrasinya atau kelembapannya. Apalagi saat cuaca panas, kulit bisa cepat hilang kelembapannya.

Manfaat lain dari air kelapa adalah melawan tanda-tanda penuaan. Minum air kelapa atau mengoleskannya pada kulit dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Hal itu disebabkan karena air kelapa mengandung sitokinin, terutama kinetin, yang dapat mencegah kerusakan oksidafit dan menunda proses yang mempercepat penuaan sel.

 

Dapat meningkatkan perkembangan kolagen

Air kelapa mengandung vitamin C dan asam laurat, yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan efek stres serta faktor lingkungan. Hal ini sekaligus meningkatkan perkembangan kolagen, yang membuat kulit awet muda. Asam lauranya memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit seperti jerawat.

Menjaga keseimbangan elektrolit

Manfaat lainnya dari air kelapa adalah sebagai sumber elektrolit yang baik. Yaitu sekelompok mineral yang menarik air. Apalagi saat kita berkeringant dan tubuh kehilangan elektrolitnya seperti saat berolahraga dan aktivitas fisik lainnya.

Memperbaiki tekstur kulit

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa memijat air kelapa di wajah, dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut dan halus. Selain itu, kita juga bisa minum air kelapa untuk menjaga kesehatan kulit. Serta bisa menambahkannya pada minuman, kari, semur, sup, dan kaldu.

Sertakan air kelapa dalam regime skincare

Air kelapa juga dapat disertakan dalam regime perawatan kulit harian kita. Baik dengan cara membuatnya sendiri sampai memilih produk kosmetik dan skincare yang mengandung ekstrak air kelapa.

Kita bisa mengoleskan air kelapa secara langsung ke kulit dengan kapas. Atau dapat menyimpannya dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke kulit.

Untuk DIY, kita juga bisa mencampurkan air kelapa dengan bahan-abahan seperti madu dan lidah buaya. Serta menggunakannya sebagai masker wajah untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, kita dapat menggunakan air kelapa sebagai bahan dasar pembersih. Sampai toner buatan sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading