Sukses

Beauty

5 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Beserta Cara Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit sehat dan bersinar adalah impian banyak orang. Selain untuk menunjang penampilan, kulit sehat akan terhindar dari berbagai masalah kulit dan memberi rasa nyaman. Banyak orang melakukan perawatan kulit dengan produk terkini yang harganya mahal atau pergi ke dokter ahli. Sebenarnya ada cara alternatif untuk mendapat kulit sehat, misalnya dengan es batu.

Menggunakan es ke area tubuh untuk tujuan kesehatan dan kecantikan dikenal sebagai terapi dingin atau cryotherapy. Es yang memiliki sifat mendinginkan ternyata bermanfaat untuk perawatan kulit. Cara ini cukup populer di kalangan penata rias dan ahli kecantikan. Umumnya es batu digunakan untuk meredakan mata bengkak. Melansir dari Health Line ada banyak manfaat es batu dan cara menggunakannya. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengatasi Mata Bengkak

Untuk mengurangi bengkak pada area mata, cara terbaik adalah mengompresnya dengan es batu. Oles lembut es batu pada area mata yang bengkak selama 15-20 menit. Sesekali, kompres bagian tertentu. Agar tetap bersih, lapisi es batu dengan kain tipis untuk mengoles dan mengompres.

2. Kempeskan Jerawat

Menggunakan es batu untuk kompres jerawat dipercaya ampuh untuk kempeskan jerawat, memperlambat peradangan, dan mengecilkan pori-pori kulit agar tidak memproduksi minyak berlebih. Karena sifat anti inflamasinya es lebih mungkin membantu peradangan jerawat. Gunakan es batu untuk kompres jerawat tepat pada lokasi jerawat dan diamkan beberapa menit. Bila jerawat lebih dari satu maka gantilah kain pembalut es batu agar tidak menyebabkan penyebaran bakteri.

3. Memberi Kulit Glowing Secara Instan

Menggosok es batu pada permukaan kulit wajah mampu memberi penampilan kulit glowing secara instan. Hal ini karena sirkulasi kulit akan meningkat yang membuat kulit bercahaya. Gunakan setiap hari dengan mengompres wajah selama beberapa menit sebelum menggunakan skincare dan riasan.

4. Menenangkan Kulit dari Sengatan Matahari

Saat cuaca panas kulit akan terbakar dan terasa panas yang membuatnya terlihat memerah. Cara terbaik menetralkan panas adalah dengan dingin. Hal yang sama dapat diterapkan pada kulit yang terkena sengatan matahari. Kompres dengan es batu dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan. Cara lainnya bisa dengan menggunakan gel lidah buaya beku yang dibalurkan pada bagian kulit yang terbakar.

5. Menenangkan Kulit Saat Perawatan

Perawatan kulit seperti mencabut bulu pada wajah mungkin terasa menyakitkan. Tidak semua orang dapat menolerir rasa sakit saat rambut tubuh dicabut. Cara termudah untuk menenangkannya adalah dengan kompres es batu. Hal ini dapat diterapkan pada bagian tubuh mana pun selain wajah. Sensasi dingin pada es akan mengurangi kemerahan dan iritasi akibat luka.

Sebelum menggunakan es batu untuk kecantikan, pastikan air yang menjadi bahan dasar pembuatan berasal dari air bersih. Jaga kebersihan seluruh bahan dan alat untuk perawatan kulit agar tidak menimbulkan risiko jerawat akibat bakteri.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading