Sukses

Beauty

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Menurut Dokter Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mulai dari penggunaan skincare hingga pergi ke klinik kecantikan. Sayangnya, masih banyak tahapan yang keliru hingga membuat perawatan tidak maksimal.

Lalu bagaimana cara benar merawat kecantikan kulit wajah? dr. Alya selaku dokter kecantikan mengatakan sebenarnya hanya ada yang harus selalu diingat dalam merawat kesehatan kulit wajah. 

Pertama, Less is more, jangan menggunakan terlalu banyak produk terutama saat ingin mencoba skincare baru. Cukup dengan gentle cleanser dua kali per hari untuk memberishkan wajah, lalu menggunakan moisturizer yang berfungsi menjaga skin barrier kulit dengan kandungan ceramide, pseudoceramide, allantoin, PHA, glycerin, panthenol, hyaluronic acid, yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah water loss. 

Tak lupa wajah harus memakai sunscreen minimal SPF 30 PA++++ untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Apabila dibutuhkan bisa ditambahkan serum antiokidant dan exfoliasi. 

Kedua, prepare and prevent, yaitu mencegah kulit dari serangan penyakit sebelum mengalaminya. Misalnya, menghindari mencuci wajah dengan air panas, menggunakan scrub berlebihan, tidak menggunakan sunscreen, tidak minum air putih cukup, stres, waktu tidur tidak cukup, menghindari makanan yg mengandung dairy dan index glikemik yang tinggi, merokok, junkfood, tidak membersihkan makeup dan alat makeup.

Ketiga, tidak semua orang cocok dengan hal yang sama. Tidak ada vitamin khusus yang harus dikonsumsi. Semua itu disesuaikan untuk kebutuhan masing-masing kulit setiap orang. Namun, semua itu bisa dikonsultasikan dengan dokter karena kondisi setiap orang berbeda-beda.

 “Jangan terlalu percaya dengan kata orang, cermati dan lihat kandungan apa yang ada di dalam skincare tersebut. Masyarakat harus banyak membaca apabila bingung. Kemudian, silakan konsultasi dengan ahlinya,” ujar dr. Alya yang juga pemilik Alya Esthetic Center yang berlokasi Rw. Bambu No.7B, RT 1, RW 7, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1252 yang memiliki berbagai jenis perawatan mulai dari facial, anti wrinkle injection, peeling, laser, skinbooster, slimming, hair restoration program, salon, facial contouring.

Tips lainnya

Keempat, menurut dr. Alya, kesehatan tubuh dan pikiran adalah hal yang sangat penting. Sebab, hal itu sangat berpengaruh dalam proses menjaga kesehatan kulit. Lalu, gaya hidup sehat sangat berhubungan erat dengan kesehatan kulit, kuku dan rambut.

Kelima, konsisten untuk menggunakan skincare sekaligus menjalani perawatan rutin. Beberapa skincare dan treatment membutuhkan waktu dan dilakukan berulang agar hasil yang diinginkan dapat tercapai. Lalu mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang sudah cukup.

Selain itu, masyarakat harus mengenali jenis kulitnya masing-masing. “Skin goals kamu juga penting, terkait pemilihan produk. Bagi pemula bisa menggunakan basic skincare, sesuai tipe kulit. Namun, apabila ragu, bisa dikonsultasikan ke dokter. jelas dr. Alya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading