Sukses

Beauty

3 Cara Memakai Cuka Apel untuk Wajah

Fimela.com, Jakarta Perawatan wajah sangat dibutuhkan untuk para perempuan untuk memiliki wajah yang sehat dan cerah serta ternutrisi dengan baik, terutama bagi kamu yang banyak memiliki kegiatan di luar ruangan atau di bawah paparan sinar matahari. Perawatan wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara dari bahan alami di rumah, menggunakan produk tertentu hingga perawatan di klinik kecantikan. 

Biasanya, banyak perempuan yang menggunakan bahan alami untuk menjamin keamanan dan khasiat yang diberikan, salah satunya cuka apel. Dilansir dari webmd.com, Cuka sari apel (ACV) merupakan sejenis cuka yang berasal dari apel yang dihancurkan, ragi, dan gula. Cuka apel ini biasanya digunakan sebagai bahan dalam beberapa makanan seperti saus salad, acar, dan bumbu perendam.

Selain itu, cuka apel juga telah digunakan sebagian orang untuk obat rumahan yang berguna untuk melawan kuman dan mencegah mulas. Namun, baru-baru ini juga sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka apel juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu penurunan berat badan.

Cara memakai cuka apel untuk wajah

Dilansir dari healthline.com, terdapat beberapa resep perawatan kulit yang menggunakan cuka apel sebagai bahan utamanya dan berikut beberapa cara untuk memasukkan cuka apel ke dalam produk wajah buatan. 

Sabun muka cuka apel

Mencuci wajah setiap hari tentu wajib untuk dilakukan setiap orang terutama setelah beraktivitas seharian di luar ruangan. Dengan mencuci wajah, dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah. Pastikan kamu menggunakan pencuci muka atau pembersih untuk menghasilkan wajah yang bersih dan cerah. Cuka apel dapat digunakan sebagai pembersih wajah karena secara efektif dapat membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran. Kamu dapat melakukan cara berikut untuk membuat pembersih wajah menggunakan cuka apel alami:

  • Siapkan ¼ cangkir air hangat dan 1 sendok makan cuka apel.
  • Setelah itu, campurkan keduanya dan siap untuk digunakan.

Toner cuka apel

Toner berfungsi untuk membersihkan dan mengencangkan kulit serta melindunginya dari bakteri dan kotoran lainnya. Cuka apel adalah astringen yang dapat berfungsi sebagai toner saat digunakan pada kulit. Kamu dapat mencampurkan 1 bagian cuka sari dengan 2 bagian air murni untuk menggunakannya sebagai toner dengan menggunakan kapas atau botol semprot saat mengaplikasikannya. 

Cuka apel spot treatment 

Perawatan cuka apel dapat menjadi cara yang tepat untuk kamu gunakan untuk menghentikan noda membandel karena kandungan antibakteri cuka apel dapat mencegah timbulnya jerawat. Caranya dengan mengoleskannya sedikit ke noda dengan kapas yang dibasahi.

Manfaat cuka apel untuk kulit

Dilansir dari byrdie.com, cuka apel memiliki beberapa manfaat untuk kulit seperti:

  • Menyeimbangkan pH kulit. Cuka apel dapat menjaga kulit untuk berfungsi secara optimal dengan memproduksi minyak dalam jumlah tepat dan mengatasi penyebab jerawat melalui kandungan asam malat yang bekerja baik pada kulit yang cenderung berjerawat untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan bakteri melalui pengelupasan lembut. 
  • Melawan komedo dan jerawat. Cuka apel memiliki kandungan antibakteri yang dapat dicampur dengan soda kue dan air untuk mengelupas dan menghilangkan komedo. 
  • Meningkatkan hiperpigmentasi. Cuka apel dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi seperti bintik hitam karena kandungan asam malat yang dapat menurunkan produksi melanin. 
  • Dapat mencegah dan mengobati kondisi kulit tertentu. Kandungan sifat antimikroba dan antibakteri cuka apel dapat mencegah infeksi kulit tertentu termasuk yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading