Sukses

Beauty

6 Cara Menggunakan Eyeliner Cair

Fimela.com, Jakarta Makeup terkadang menjadi bagian yang penting bagi beberapa perempuan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Banyak di antara mereka juga yang mempelajari lebih dalam mengenai makeup untuk pekerjaannya. Makeup juga memiliki beragam jenis untuk setiap bagian wajah. Biasanya untuk mata kamu dapat menggunakan eyeliner, eyeshadow, maskara, alis, dan lainnya dan wajah secara keseluruhan dapat menggunakan bedak, foundation, contour, blush on, dan lainnya.

Biasanya bagi pemula penggunaan eyeliner menjadi bagian yang sulit jika tidak terbiasa untuk menggambar pada area sekitar mata. Dilansir dari beautyanswered.com, eyeliner merupakan jenis makeup yang digunakan di sepanjang tepi mata. Penggunaan eyeliner dapat menciptakan efek dramatis dan juga halus. Berdasarkan teksturnya eyeliner terdapat dalam bentuk eyeliner cair, eyeliner pensil berbahan dasar bubuk, eyeliner pensil berbahan dasar lilin, dan eyeiner kohl. Setiap eyeliner juga dapat ditemukan dalam beberapa warna, termasuk glitter.

Dilansir dari byrdie.com, eyeliner biasanya terbentuk dari tiga jenis bahan umum yaitu pembentuk film, bahan pengental, dan pigmen. Pembentuk film dirancang untuk meletakkan lapisan tipis pada kulit yang mempermudah pengaplikasiannya. Lalu, bahan pengental merupakan bagian terbesar dari pembuatan eyeliner seperti lilin tanah liat, dan gusi, sedangkan pigmen untuk membentuk warna produk. 

 

Cara Menggunakan Eyeliner Cair

Dilansir dari masterclass.com, eyeliner cair merupakan produk makeup mata yang dirancang untuk melapisi mata pada garis bulu mata atas tau bawah. Eyeliner cair sangat berpigmen dan memiliki ujung kuas yang tajam. Biasanya eyeliner cair tersedia dalam botol dengan ujung kuas yang dapat dilepas dan berikut beberapa cara untuk menggunakan eyeliner cair:

  1. Kocok botol eyeliner cair. Langkah pertama ini penting dilakukan supaya formula eyeliner menjadi halus dan tidak menggumpal. 
  2. Pegang kuas pada tangan yang dominan. Gunakan tangan utamamu untuk memegang eyeliner cair secara mendatar atau hampir tegak lurus dengan mata.
  3. Mulailah dari tengah kelopak mata. Kamu dapat memulai menggambar eyeliner dari bagian tengah mata dengan cara tarik garis lurus sedekat mungkin dengan garis bulu mata bagian atas dan mengikuti lekukan mata hingga ke sudut luar mata. 
  4. Tarik garis dari sudut dalam mata. Setelah itu, kamu dapat menarik garis dari sudut dalam mata hingga ke tengah mata.
  5. Membentuk sayap. Kemudian, untuk membentuk ujung sayap kamu dapat menggambarkan garis dengan sudut ke atas dari sudut luar mata yang berpatokan pada garis bulu mata bawah. Setelah itu, kamu dapat mengisi garis lebih banyak untuk membuat segitiga.
  6. Terakhir, oleskan eyeliner pada kelopak bawah mata. Jika ingin mengaplikasikan eyeliner pada bawah kelopak mata, kamu dapat melakukannya dengan sapuan kecil.

Tips untuk Menyempurnakan Penggunaan Eyeliner Cair

 Dilansir dari stylecraze.com, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menyempurnakan penggunaan eyeliner cair:

  • Pilih eyeliner yang tepat seperti eyeliner yang tahan air, smudge-proof, transferproof agar tidak mudah luntur.
  • Letakkan siku di atas permukaan seperti pada meja untuk menghindari gemetar. Setelah itu, kamu dapat meletakkan kelingking di pipi dan mengaplikasikan eyeliner. Tips ini dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan tangan.
  • Hubungkan titik. Kamu dapat menggambar titik atau garis dan menghubungkannya secara perlahan jika baru menggunakan eyeliner cair.
  • Curl Your Lashes. Jepit bulu mata sebelum menggunakan eyeliner supaya tidak berantakan.
  • Mengoleskan maskara. Penggunaan maskara dapat menambah daya angkat ekstra pada bulu mata sehingga dapat menentukan titik awal pembentukan sayap eyeliner.
  • Berikan titik untuk pembentukan sayap. Supaya sayap eyeliner tetap rata, kamu dapat meletakkan titik pada sudut luar setiap mata sebelum menggambarkannya. 
  • Menggunakan concealer. Kamu dapat menggunakan concealer untuk memperbaikinya.
  • Menggunakan scotch tape untuk menciptakan tampilan cat eye.
  • Gambarkan eyeliner dekat dengan bulu mata. Terdapat celah antara bulu mata dan eyeliner membuat hasilnya menjadi tidak bagus.  

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading