Sukses

Beauty

10 Perawatan Kulit Kering dan Sensitif yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kering dan sensitif memang bisa jadi tantangan tersendiri karena ibarat double combo! Kondisi ini nggak hanya ditandai dengan kulit yang minim kelembapan, terasa kaku, atau bersisik saja, tapi juga ditambah kulit yang mudah bereaksi dan iritasi jika terkena bahan kimia atau kondisi lingkungan lainnya.

Nggak heran banyak perempuan yang merasa galau dengan kondisi yang satu ini. Selain tidak nyaman, munculnya kemerahan hingga iritasi kulit tentunya bisa mengganggu penampilan. Namun tak perlu galau, perawatan kulit kering dan sensitif sebenarnya mudah dilakukan di rumah dengan mengaplikasikan beberapa langkah berikut ini, Sahabat Fimela. Apa saja sih?

Mengenali Penyebab Kulit Kering dan Sensitif

Kulit kering sebenarnya merupakan kondisi umum yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Biasanya hal ini terjadi karena minimnya tingkat kelembapan pada area kulit yang bisa disebabkan karena produksi sebum yang rendah, penggunaan produk perawatan yang kurang tepat, hingga kondisi lingkungan sekitar seperti cuaca yang mengikis kelembapan alami kulit dan paparan polusi.

Namun, pada kasus kulit sensitif, kondisinya nggak hanya berhenti sampai di situ saja. Kulit juga mudah terlihat pecah-pecah yang kemudian memicu iritasi. Nah, sensitivitas kulit pada setiap orang sebenarnya beda-beda, tapi umumnya ditandai dengan beberapa hal. Misalnya muncul ruam, mudah terkena alergi, kulit sering mengelupas, gatal, dan sensitif terhadap produk kosmetik atau skincare lainnya.

Perawatan Kulit Kering dan Sensitif yang Mudah Dilakukan di Rumah

Kulit kering dan sensitif membutuhkan perawatan khusus untuk menjaganya tetap sehat sekaligus meminimalisir kondisi yang lebih parah. Jadi, penting untuk menerapkan basic skincare routine yang tepat sesuai dengan kondisi kulitmu. Nah, berikut ini 10 cara merawat kulit kering dan sensitif yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa saja sih?

1. Pilih Moisturizer yang Tepat

Moisturizer menjadi salah satu produk yang wajib digunakan untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Skincare yang satu ini bekerja untuk menjaga kelembapan kulit yang sangat dibutuhkan oleh pemilik kondisi tersebut. Namun, sudahkah kamu memilih jenis moisturizer yang tepat?

Untuk pemilik kulit kering dan sensitif, moisturizer dengan tekstur cream bisa jadi pilihan karena tingkat kepekatan produk dinilai lebih pas untuk menjaga kelembapan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pilih kandungan produk yang aman untuk kulit sensitif. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya, pilih produk yang tidak mengandung pewarna maupun pewangi buatan untuk mencegah reaksi iritasi yang tidak diinginkan.

2. Hindari Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas di malam hari setelah sederet aktivitas dan kesibukan sehari-hari memang dapat memberikan kenyamanan. Kegiatan ini nggak hanya dapat membersihkan tubuh saja. Tapi juga membantu menghilangkan stres dan menghadirkan efek relaksasi yang dibutuhkan.

Eits, namun jangan lupa memperhatikan suhu air yang dipakai saat mandi. Umumnya, gunakan air di suhu hangat yang sudah tidak terlalu panas lagi demi menjaga kesehatan kulit kering dan sensitif.

3. Keringkan Kulit dengan Tepat Setelah Mandi atau Mencuci Wajah

Nggak hanya suhu air saja yang perlu diperhatikan. Penting juga memperhatikan cara mengeringkan kulit yang tepat setelah mandi atau mencuci wajah. Hal ini menjadi bagian dari perawatan kulit kering dan sensitif yang penting.

Pastikan langsung mengeringkan kulit, baik itu setelah mandi maupun mencuci wajah. Hal tersebut karena butiran air yang tertinggal di permukaan kulit bisa menguap dan membuat kondisi kulit lebih kering dari sebelumnya. Nggak hanya itu, pastikan menggunakan handuk lembut untuk mengeringkan kulit. Tepuk-tepuk perlahan pada area tubuh yang basah, hindari menggosok handuk dengan kasar karena bisa memicu kulit sensitif mengalami iritasi.

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih Harian

Kurangnya hidrasi tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering pada banyak orang. Saat tubuh dehidrasi, efeknya nggak hanya mengganggu kerja organ di dalamnya saja. Tapi juga bisa terlihat pada kondisi kulit sehari-hari, lho.

Oleh karena itu, saatnya memperhatikan kebutuhan cairan tubuh harian dengan cara mengonsumsi air putih secara teratur. Idealnya, minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendukung aktivitas harian, menghidrasi tubuh, sekaligus menjaga kelembapan alami kulit agar terlihat sehat dan glowing. Bagi yang punya aktivitas padat di luar rumah, bawa selalu botol air putih sebagai pengingat untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini, ya!

5. Treatment dengan Masker Khusus Secara Rutin

Perawatan kulit kering dan sensitif juga bisa dilakukan dengan penggunaan masker wajah yang dibuat sendiri di rumah. Kulit wajah yang kering sering mempengaruhi hasil makeup jadi kurang sempurna, misalnya nggak bisa blend dengan baik hingga muncul crack yang mengganggu penampilan. Inilah yang membuat kamu perlu melakukan perawatan wajah secara rutin.

Ada banyak bahan alami yang mudah didapatkan untuk diolah menjadi masker wajah yang cocok bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Misalnya saja buah alpukat yang mengandung minyak, vitamin A, E, C dan flavonoid untuk menjaga tekstur kulit agar tetap halus, membuatnya lebih lembap, kenyal, serta menangkal radikal bebas. Cara mengolahnya juga mudah, cukup haluskan 1 buah alpukat dengan blender dan kombinasikan 1 sendok madu. Aplikasikan merata pada wajah.

Selain itu, lidah buaya juga menjadi bahan lain yang direkomendasikan untuk merawat kulit kering dan sensitif. Tanaman ini mengandung vitamin A, E, Lignin, Saponin dan Astrigent yang bekerja untuk melembapkan, mencerahkan, serta mencegah jerawat. Cara membuatnya juga mudah, kupas kulit lidah buaya dan haluskan. Oleskan ke seluruh permukaan wajah selama 20 menit.

6. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya pada Kosmetik/Skincare

Pemilik kulit kering dan sensitif memang harus ekstra waspada terhadap kosmetik atau skincare yang digunakan sehari-hari. Salah pilih produk bisa membuat kulit semakin kering dan memperparah kondisinya. Selain itu, kenali juga bahan kimia berbahaya yang sebaiknya tidak digunakan dalam skincare dan kosmetik yang dipakai.

Misalnya saja hindari produk yang mengandung alkohol karena dapat mengikis kelembapan alami kulit. Selain itu ada juga oxybenzone yang biasa ada dalam produk sunscreen. Zat yang satu ini wajib diwaspadai menurut Food and Drugs Administration (FDA) karena bisa memberikan reaksi kimia pada kulit saat terpapar sinar matahari. Akibatnya adalah membuat kinerja hormon endokrin terhambat dan memicu alergi pada kulit. Jangan lupa update terus pengetahuan tentang bahan kimia berbahaya apa saja yang wajib dihindari bagi pemilik kulit kering dan sensitif biar nggak salah pilih produk.

7. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Perawatan kulit kering dan sensitif nggak hanya dilakukan dari luar saja lewat produk skincare yang digunakan. Penting juga untuk memperhatikan asupan dari dalam yang bekerja sebagai nutrisi penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing. Jadi, perhatikan selalu pola diet sehari-hari, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Kabar baiknya, ada banyak asupan sayur dan buah yang bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi kulit tambahan selain skincare yang digunakan. Misalnya saja timun yang mengandung 96% air yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, makanan ini juga mengandung caffeic acid yang berperan untuk mengembalikan kerusakan kulit akibat radiasi matahari dan menenangkan kulit sensitif yang mengalami iritasi.

Selain itu, seledri juga dikenal dengan kandungan air yang tinggi sehingga cocok dinikmati pemilik kulit kering. Di dalamnya juga mengandung nutrisi penting lain seperti vitamin A, C dan K yang baik untuk kulit.

Nah, buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti semangka juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pemilik kulit kering dan sensitif. Kandungan Vitamin C, magnesium dan potassium di dalamnya bekerja untuk menjaga hidrasi tubuh, serta mendorong produksi kolagen dan elastin yang menjaga elastisitas kulit.

8. Nutrisi dengan Suplemen Vitamin C dan E

Melengkapi ritual merawat kulit kering dan sensitif yang bisa dilakukan sehari-hari, konsumsi suplemen yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit bisa jadi pilihan yang bisa dilakukan. Ada beberapa jenis vitamin yang memiliki manfaat untuk menjaga kulit kering agar tetap sehat dan glowing. Salah satunya adalah vitamin C. Suplemen kulit yang mengandung vitamin C bekerja untuk melindungi kulit dari kerusakan sel dan jaringan akibat paparan sinar matahari yang membuat kulit semakin terasa kering. Zat yang satu ini terbukti berperan sebagai anti-inflamasi.

Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin E yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E bekerja untuk membantu tubuh mendapatkan kembali kelembapannya, sehingga mencegah kulit kering. Nggak hanya itu saja, konsumsi suplemen vitamin E sebanyak 30 IU setiap harinya juga dapat mengurangi kerutan halus serta memperbaiki tekstur kulit, lho.

9. Rawat Kulit Saat Berada dalam Ruangan Ber-AC dalam Waktu Lama

Bekerja seharian di dalam ruangan ber-AC memang bisa jadi salah satu tantangan besar bagi para pemilik kulit kering dan sensitif. Suhu dingin di ruangan AC dapat mengikis kelembapan kulit. Efeknya tak hanya membuat kulit kering, sering juga muncul masalah lain seperti kaku, terasa seperti ditarik, hingga pecah-pecah dan alergi.

Perawatan kulit kering dan sensitif sangat diperlukan saat berada di dalam ruangan ber-AC seharian. Misalnya saja dengan rutin mengaplikasikan moisturizer dan lotion yang dapat menjaga kelembapan kulit dengan maksimal selama berada di dalam ruangan. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan air putih, minimalisir minuman diuretik seperti teh dan kopi, serta bawa cemilan untuk menghidrasi tubuh seperti buah-buahan.

10. Gunakan Humidifier

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, salah satu langkah perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan humidifier di dalam ruangan. Peralatan yang satu ini bekerja sebagai pelembap udara yang bisa membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Jadi, membantu menjaga kulit tetap lembap dan nggak mudah gatal juga.

Simpan humidifier di beberapa titik di dalam rumah, misalnya saja kamar. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir kondisi kering dan sensitif pada kulit agar tidak semakin parah.

Perawatan kulit kering dan sensitif ternyata nggak sulit dilakukan, bukan? Beberapa cara di atas bisa jadi rutinitas perawatan sehari-hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing. Yuk, saatnya terapkan perawatan kulit kering dan sensitif di atas ya, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading