Sukses

Beauty

5 Pilihan Jenis Face Soap untuk Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah bersih berkilau tentu menjadi goals baik bagi perempuan maupun pria. Munculnya berbagai permasalahan wajah, seperti jerawat, bintik-bintik hitam, dan beruntusan, sebagian besar disebabkan karena wajah yang kotor. Ini menunjukkan betapa pentingnya membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian. Pemilihan jenis face soap juga bisa mempengaruhi seberapa baik mereka melakukan pembersihan.

Pembersihan adalah tahapan pertama dan terpenting dalam rutinitas perawatan wajah. Menggunakan face soap dalam rutinitas membersihkan wajah berfungsi untuk menghilangkan semua kotoran, bakteri, dan noda yang menempel dari udara luar. Selain itu, mereka juga mampu untuk membersihkan sisa-sisa dari riasan yang masih menempel. Memilih face soap yang tepat sebenarnya sangat mudah. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kulit wajah kamu, apakah berminyak, kering, atau kombinasi.

Ditengah gempuran produk pembersih wajah yang tersedia di pasaran saat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilihnya. Untuk mendapatkan pembersihan secara maksimal, pilih jenis face soap yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Di bawah ini ada beberapa jenis face soap yang akan membersihkan wajah kamu secara maksimal.

Gel cleanser

Seperti namanya, gel cleanser, adalah sabun pencuci wajah yang memiliki konsistensi kental, ringan, dan bening bertekstur seperti gel. Mereka dirancang untuk membersihkan wajah dari sebum minyak yang berlebih dan bekerja dengan maksimal untuk membersihkan pori-pori secara mendalam. Gel cleanser juga mampu untuk membantu melawan bakteri penyebab jerawat berkat antiseptiknya. Maka dari itu, gel cleanser sangat direkomendasikan bagi orang yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat. Rasakan kulit bersih, lembab, dan segar setelah menggunakan gel cleanser.

Oil cleanser

Berbeda dengan gel cleanser, oil cleanser memiliki tekstur berbasis minyak. Mereka merupakan produk yang tepat untuk membersihkan riasan secara lembut tanpa meninggalkan rasa ketarik dan kekeringan. Pada dasarnya, penyebab utama dari munculnya jerawat adalah kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori. Oil cleanser di sini mampu untuk melakukan pembersihan secara mendalam sehingga kotoran akan bersih dengan sempurna. Jenis sabun pencuci wajah ini cocok digunakan bagi tipe kulit kering ataupun berminyak.

Cream cleanser

Bagi yang memiliki tipe kulit kering, maka cream cleanser adalah jawaban yang tepat. Pembersih wajah dengan tekstur kental dan berwarna putih ini mengandung bahan pelembab yang baik. Mereka mampu untuk melakukan pembersihan secara mendalam sekaligus memberikan kelembapan yang sempurna. Menjadikannya produk ideal untuk jenis kulit kering serta sensitif. Cream cleanser bekerja dengan baik untuk membersihkan kulit dengan lembut tanpa memberikan tarikan dan tidak menghilangkan minyak alami dari wajah. 

Foam cleanser

Pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur diantara gel dan krim, sehingga tidak terlalu kental seperti gel dan tidak juga menyerupai lotion. Ini cocok untuk jenis kulit kombinasi. Beberapa bagian wajah terasa kering, sementara bagian lainnya cenderung berminyak. Ketika dioleskan di tangan, tekstur gel atau krim akan berubah menjadi busa yang melimpah. Ini adalah cara kerja foam cleanser. Mereka mampu untuk menghilangkan minyak berlebih dengan busa tersebut, sama efektifnya dengan jenis sabun pencuci wajah lainnya. Cara menggunakannya harus menggosok-gosokkannya sampai mengeluarkan banyak busa sebelum langsung dioleskan ke wajah. 

Clay soap

Ketika mendengar kata clay pasti langsung terpikirkan clay mask, bukan? Memang jenis sabun pencuci wajah ini cukup unik dan kebanyakan hanya digunakan untuk badan. Padahal ini bisa menjadi pembersih wajah yang sempurna. Konsistensinya padat seperti sabun mandi batang dan bisa mengeluarkan busa layaknya foam cleanser. Sabun ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Mampu untuk menghilangkan sebum minyak berlebih dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, clay soap rata-rata menggunakan bahan alami sehingga bagi yang memiliki kulit sensitif bisa menggunakannya. 

Pilih face soap sesuai dengan kebutuhan

Ketika memilih sabun pencuci wajah, ini harus sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing kulit. Tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Satu jenis face soap belum tentu cocok di semua orang. Jangan hanya terpengaruh dari iklan yang belum tentu sesuai dengan keluhan kulit kamu. Kenali jenis kulit kamu sebelum memilih pembersih wajah, ini perlu dilakukan agar terhindar dari iritasi dan kemerahan akibat tidak cocok dengan pembersih wajah tertentu.

Penting untuk menggunakan pembersih wajah setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan di malam hari usai melaksanakan aktivitas seharian. Rasakan nikmatnya wajah yang bersih, lembab, dan segar.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading