Sukses

Beauty

10 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya Biar Wajah Makin Glowing

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang tampak sehat, cantik, dan glowing jelas jadi hal yang bisa meningkatkan penampilan. Nggak heran kalau banyak perempuan yang rela melakukan berbagai perawatan untuk mewujudkan tampilan yang maksimal. Sayangnya, ternyata nggak sedikit yang mengalami masalah kulit wajah kusam yang tentu saja mengganggu penampilan.

Kulit terlihat kering, kurang bercahaya, dan lifeless tentunya bisa jadi masalah yang bikin dilema. Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus memahami penyebab wajah kusam yang dialami. Saatnya kenali satu per satu apa saja penyebab kulit kusam dan wujudkan tampilan wajah yang glowing, yuk!

1. Penyebab Kulit Kusam karena Dehidrasi

Jika mengalami kondisi kulit yang terlihat kusam dan nggak bercahaya, bisa jadi penyebabnya adalah dehidrasi. Kondisi yang satu ini biasanya muncul karena minimnya kadar kelembapan tubuh yang mempengaruhi kondisi kulit juga ikut berubah dan mengalami dehidrasi.

Nah, beberapa ciri dehidrasi antara lain ditandai dengan kulit yang terasa mengendur, kasar, dan muncul kerutan halus yang mengganggu pada wajah. Nggak hanya itu saja, pada kondisi kulit yang mengalami dehidrasi juga akan kesulitan untuk memperbaiki diri. Jadi, muncul juga tanda-tanda seperti hiperpigmentasi dan bekas jerawat yang menambah parah penyebab wajah kusam.

2. Sel Kulit Mati Menumpuk

Secara alami, manusia sebenarnya melepaskan jutaan sel kulit mati setiap harinya untuk memunculkan kulit yang lebih sehat dan glowing. Namun, ada kalanya sel kulit mati yang ada malah menumpuk di permukaan kulit karena tidak dibersihkan dengan cara yang tepat.

Kondisi sel kulit mati yang menumpuk inilah yang menghambat regenerasi kulit baru yang lebih sehat dan glowing. Akibatnya, wajah pun terlihat kusam dan kurang cahaya. Terlebih seiring bertambahnya usia kemampuan kulit dalam melakukan regenerasi sel secara alami akan berkurang.

3. Paparan Sinar UV

Penyebab kulit kusam lainnya juga bisa terjadi akibat paparan sinar ultraviolet atau UV saat beraktivitas di luar rumah. Radiasi sinar UV ini ternyata nggak boleh dianggap sepele. Efeknya ternyata bisa menyebabkan masalah serius pada kulit. Misalnya saja kulit yang terlihat kusam, rusaknya sel kulit yang menyebabkan penurunan kondisi kulit, hingga dapat menyebabkan kanker kulit.

Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari paparan sinar UV dengan baik saat beraktivitas di luar rumah. Berikan perlindungan dengan pakaian yang dapat menutupi kulit hingga memakai sunscreen secara rutin.

4. Tanda Penuaan Dini

Jika mengalami masalah kulit kusam, saatnya waspada dengan tanda penuaan dini yang bisa menyerang siapa saja, bahkan di usia yang masih muda. Proses ini terjadi ketika kulit mulai mengalami kerusakan dan kehilangan kemampuan dalam menjaga struktur kulit lewat produksi kolagen dan elastin.

Namun, seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin semakin melambat diproduksi secara alami oleh kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat lebih kering dari kondisi seharusnya. Efek dari kerusakan kulit ini juga dapat menjadi penyebab kulit kusam yang patut diwaspadai.

5. Radikal Bebas

Faktor lingkungan juga menjadi salah satu pemicu kulit wajah yang terlihat kusam. Kehadiran radikal bebas yang ditemui dalam lingkungan sehari-hari, misalnya saja yang berasal dari polusi juga ikut merusak sel di dalam tubuh, nggak terkecuali sel kulit.

Debu dan bahan kimia yang terdapat pada polusi dapat menyebabkan rusaknya kolagen di dalam lapisan kulit. Selain itu, produksi pigmen kulit jadi semakin meningkat. Dari paparan tersebut, radikal bebas dapat menjadi salah satu faktor yang membuat kulit terlihat kusam dan lifeless.

6. Tidak Pernah Membersihkan Wajah dengan Benar

Coba ngaku, apakah kamu masih sering malas membersihkan wajah setelah selesai beraktivitas? Kalau iya, inilah salah satu penyebab kulit kusam yang kamu alami. Tidak membersihkan wajah dengan cara yang tepat bisa membuat sisa makeup, debu, kotoran, dan minyak alami menumpuk di wajah. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori yang memicu jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

Nggak hanya itu saja, pori-pori yang tersumbat juga membuat kulit jadi sulit 'bernapas' dan memperbaiki dirinya saat tidur. Artinya, regenerasi sel yang harusnya dapat mengelupas sel kulit mati jadi terhambat sehingga proses munculnya sel kulit baru juga ikut bermasalah. Inilah yang memicu kulit terlihat kusam dan nggak bercahaya.

7. Salah Menggunakan Produk Skincare

Jangan sembarangan memilih produk skincare yang digunakan sehari-hari, karena juga bisa menjadi penyebab kulit kusam yang mengganggu penampilan. Misalnya saja jika memiliki kulit wajah berminyak, salah memilih produk skincare yang malah memicu produksi minyak berlebih juga dapat membuat kulit terlihat lebih kusam.

Oleh karena itu, pastikan mengenal kondisi kulit terlebih dulu dan cari tahu apa yang menjadi kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu bisa memilih skincare yang tepat untuk perawatan kulit sehari-hari yang membuatnya tampak sehat dan glowing.

8. Pengaruh Pola Diet

Pola diet yang dilakukan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab kulit kusam yang wajib diketahui. Kenali makanan apa saja yang bisa memicu kulit terlihat kusam dan nggak bercahaya. Misalnya saja hindari makanan manis yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah. Kondisi tersebut bisa memicu tubuh mengalami peradangan yang merangsang produksi enzim yang dapat merusak kolagen. Tentu saja jika hal itu terjadi, dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Selain itu, hindari juga makanan dengan kadar garam yang tinggi seperti keripik kentang atau jenis junk food lainnya. Konsumsi kadar garam tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi yang membuat kulit kering dan kusam.

Terakhir, perhatikan juga konsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi seperti gorengan. Kadar lemak yang tinggi dapat memicu gangguan sirkulasi darah. Kondisi tersebut bisa membuat gangguan pada kulit, nggak terkecuali munculnya tanda wajah yang terlihat kusam.

9. Kurang Asupan Air Putih

Dehidrasi yang dialami kulit nggak hanya terjadi karena salah menggunakan produk kecantikan saja. Ketika kulit mengalami kondisi yang satu ini, Penyebab kulit kusam lainnya juga bisa terjadi akibat dehidrasi karena kurangnya asupan air putih.

Selain itu, hindari asupan minuman seperti soda yang memiliki kadar gula tinggi karena bisa membuat kadar gula meningkat di dalam tubuh, mengganggu kinerja metabolisme dan membuat kulit kusam.

10. Kurang Tidur

Masih sering begadang yang bikin jam tidur berkurang? Eits, waspada kalau kebiasaan yang satu ini jadi penyebab kulit kusam yang kamu alami, lho. Saat tubuh kekurangan jam istirahat, maka proses regenerasi sel di dalamnya tidak bisa berjalan dengan maksimal. Akibatnya, sel kulit mati tidak mengalami proses pengelupasan sempurna sehingga meninggalkan kulit wajah yang tampak kusam.

Selain kurang tidur, kondisi stres juga bisa menyebabkan wajah tampak kusam. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat memicu berbagai masalah pada kulit. Misalnya saja wajah yang jadi semakin terlihat berminyak hingga kulit kusam yang mengganggu.

Cara Mengatasi Kulit Kusam yang Mudah dan Simpel

Jika sudah mengenali faktor apa saja yang membuat kulit terlihat kusam dan kurang bercahaya, kamu bisa semakin memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Ada pun beberapa cara mengatasi kulit kusam yang mudah dan simpel untuk dilakukan di rumah antara lain sebagai berikut.

1. Pilih Produk Skincare dengan Formula yang Tepat

Tips menghilangkan kulit wajah kusam bisa diawali dengan pemilihan produk skincare dengan formula yang tepat. Misalnya saja kandungan hyaluronic acid dan ceramide yang belakangan ini jadi kandungan formula yang viral.

Hyaluronic acid merupakan kandungan yang dapat menjaga kelembapan kulit, meningkatkan elastisitasnya, meredakan kemerahan pada wajah dan mempercepat proses penyembuhan luka. Sementara itu, ceramide merupakan salah satu formula yang dapat meningkatkan skin barrier, mengunci kelembapan, serta mengurangi tanda penuaan yang muncul.

2. Rutin Melakukan Double Cleansing

Jangan lupa untuk melakukan kebiasaan membersihkan wajah dengan tepat dengan teknik double cleansing. Teknik ini merupakan cara membersihkan wajah dengan 2 tahap. Yang pertama adalah membersihkan wajah menggunakan micellar water yang dilanjutkan mencuci wajah dengan facial foam.

Double cleansing diperlukan untuk membuat wajah lebih bersih maksimal. Jadi, menghilangkan kotoran dan sisa makeup yang menyumbat pori-pori sehingga mencegah jerawat sekaligus merangsang regenerasi sel kulit mati.

3.Lakukan Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Salah satu hal yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam adalah menumpuknya sel kulit mati di permukaan wajah. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan lupa jadwalkan untuk melakukan eksfoliasi kulit setiap 2 kali dalam seminggu.

Eksfoliasi membantu proses pengelupasan sel kulit mati berlangsung dengan lebih maksimal, sehingga merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat. Pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit, misalnya saja scrub yang bisa diaplikasikan untuk pemilik kulit normal hingga berminyak dan chemical exfoliation seperti AHA dan BHA untuk kulit kering dan sensitif.

4. Nutrisi Kulit Lewat Makanan Bergizi

Jangan lupa perhatikan makanan bergizi yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembapannya dari dalam. Misalnya saja dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin untuk kesehatan kulitmu.

Perbanyak konsumsi alpukat yang kaya lemak sehat untuk mempertahankan kelembapan dan kekenyalam kulit. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E untuk melindungi dari paparan radikal bebas.

Selanjutnya, konsumsi buah seperti jeruk yang kaya vitamin C juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Kamu juga bisa memasukkan ikan berlemak dalam pola diet sehari-hari, seperti sarden dan salmon yang kaya Omega 3 untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Penuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh

Ingatlah kalau salah satu faktor pemicu kulit kusam adalah kondisi dehidrasi. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan kebutuhan hidrasi harian tubuh, salah satunya adalah dengan memperhatikan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Meskipun sibuk beraktivitas di luar rumah, tapi wajib untuk selalu memperhatikan asupan air putih harian. Bawa selalu botol minum saat beraktivitas di luar rumah supaya selalu ingat untuk mengisi kembali kebutuhan cairan tubuh. Kalau bosan dengan air putih yang tanpa rasa, kamu bisa menambahkan potongan buah-buahan seperti kiwi atau stroberi supaya terasa lebih segar.

Dengan mengenali penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya, perawatan kulit sehari-hari pun bisa lebih maksimal untuk wujudkan kulit cantik impianmu. Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading