Sukses

Beauty

Harus Ekstra Hati-hati, Begini Tips Mengatasi Jerawat yang Muncul pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan memang menyebabkan berbagai pengaruh pada kondisi fisik. Nggak jarang juga hal ini menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat. Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada ibu hamil, karena hormon androgen yang memproduksi minyak meningkat.

Meskipun normal terjadi, tapi wajah yang dipenuhi jerawat jelas bisa mengganggu penampilan dan membuat bumil jadi kurang percaya diri. Namun, jangan asal dalam melakukan perawatan ya, terlebih yang berhubungan dengan penggunaan skincare. Bumil harus ekstra hati-hati, berikut tips yang bisa dilakukan saat mengatasi jerawat yang bermunculan.

Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat

Bumil mungkin merasa gemas dengan banyaknya jerawat yang muncul di wajah. Namun, jangan sampai memencet jerawat yang ada di permukaan kulit. Kebiasaan ini bisa membuat transfer bakteri dari tangan ke kulit yang dapat membuat kondisi jerawat makin parah. Nggak menutup kemungkinan jerawat pun semakin menyebar. Jadi, sebisa mungkin jauhkan tangan dari wajah untuk menghindari infeksi atau kondisi lain yang makin parah.

Jaga Kebersihan Handuk dan Sarung Bantal

Merasa wajah jadi berjerawat banget? Bisa jadi penyebabnya karena handuk dan sarung bantal yang nggak diganti secara rutin. Kedua benda tersebut bisa jadi sarang bakteri yang jika terpapar pada kulit, bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Jadi, penting untuk selalu menjaga kebersihan handuk dan sarung bantal yang digunakan. Ganti setiap 1x dalam seminggu untuk memastikan barang-barang yang digunakan tetap bersih. Hal ini nggak hanya dapat meminimalisir jerawat, tapi juga mengurangi risiko alergi pada ibu hamil.

Perbanyak Asupan Nutrisi Kulit dari Dalam

Saat hamil, tubuh memerlukan banyak asupan nutrisi karena bumil harus membaginya dengan janin. Jadi, cobalah untuk menambah asupan vitamin dan mineral lewat asupan suplemen yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Hal ini penting juga untuk menutrisi kulit agar terbebas dari masalah jerawat.

Untuk mendukung kesehatan kulit agar tetap glowing di masa kehamilan, bumil bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin C dan E. Keduanya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus menjaga kulit agar tetap sehat.

Gunakan Produk Skincare yang Aman

Melakukan perawatan kulit selama hamil sangat disarankan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang biasa terjadi akibat perubahan hormon. Namun, pastikan kenali dulu kandungan skincare yang tepat dan amal untuk ibu dan janin dalam kandungan ya!

Untuk mengatasi masalah jerawat, bumil bisa mengandalkan niacinamide yang merupakan bentuk lain dari vitamin B3. Formula yang satu ini bekerja mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, serum yang mengandung vitamin C juga bisa digunakan para bumil. Formulanya nggak hanya mengandung antioksidan untuk mengatasi jerawat saja, tapi juga berperan untuk mencerahkan dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Jika mengalami masalah kulit seperti jerawat di masa kehamilan, jangan sembarangan menggunakan obat jerawat. Lakukan beberapa tips di atas dan pastikan rawat kulit dengan skincare yang aman untuk bumil. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading