Sukses

Beauty

Prosedur Transplantasi Rambut yang Aman untuk Atasi Kebotakan Kini Hadir di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang rambut hanya penting bagi perempuan? Banyak orang menganggap rambut merupakan mahkota wanita yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun pada kenyataannya, pria juga menjadikan rambut sebagai penunjang penampilan sekaligus memperkuat kepercayaan diri.

Sayangnya, pria cenderung mengalami kebotakan seiring dengan bertambahnya usia. Faktor genetik tertentu serta gaya hidup yang tidak sehat turut mempercepat terjadinya kebotakan pada pria.

Menurut data dari American Hair Loss Association menunjukkan 25 persen pria mulai mengalami kerontokan rambut di usia 21 tahun. Saat menginjak 50 tahun, ketebalan rambut dari 85 persen pria akan makin menipis. Hal ini menyebabkan transplantasi rambut semakin diminati, menurut dr. Koray Erdogan, ahli transplantasi rambut asal Turki.

Menggeluti dunia transplantasi rambut selama lebih dari 20 tahun, dr. Koray Erdogan akhirnya mendirikan klinik transplantasi rambut miliknya sendiri di Turki pada 2001 dengan nama ASMED.

 

Prosedur transplantasi rambut

Di 2004, dr. Koray berhasil mengembangkan sistem manusal Follicular Unit Extraction yang dinilai mampu mengatasi masalah kebotakan secara efektif. Dikenal dengan Sequential Technique, prosedur ini semakin terkenal di berbagai forum dan publikasi internasional. Tingkat keberhasilan yang cukup tinggi membuat semakin banyak orang yang menjalani prosedur transplantasi rambut ini ke Turki.

Dalam prosedur tersebut, pasien akan diobservasi menggunakan teknologi terkini yang disebut KE-BOT. Teknologi akan memindai area kulit kepala secara menyeluruh untuk menentukan seberapa banyak transplatansi rambut yang harus dilakukan. Kemudian akan diambil sample rambut dari area tertentu untuk ditanamkan di area yang telah ditentukan. Untuk proses penanaman rambut sendiri, dr. Koray memilih dilakukan secara satu persatu atau manual menggunakan tangan oleh tim sehingga hasilnya akan lebih natural.

Menurut penuturan dr. Koray, hasil dari transplantasi rambut ini akan mulai terlihat setelah enam bulan. Sementara hasil secara keseluruhan bisa dilihat setelah 12 bulan menjalani prosedur.

 

Layanan konsultasinya ada di Indonesia

"Setelah operasi tidak harus kembali ke klinik. Operasi biasanya memakan waktu satu hari. Namun kalau (transplantasi rambut) sampai lebih dari 500 yang ingin ditanamkan bisa dua hari. More less 3 days maksimal, di hari ketiga diobservasi setelah itu bisa pulang," jelas dr. Koray.

Setelah menjalani prosedur, pasien akan dipantau oleh tim secara berkala. Pemantauan pun dilakukan secara online sehingga tidak mengharuskan pasien untuk kembali ke klinik.

Namun, ASMED kini telah hadir di Indonesia dalam bentuk layanan konsultasi transplantasi rambut sebelum melakukan prosedurnya di Turki. Berlokasi di The Dharmawangsa Jakarta, Gedung Bimasena, ASMED Hair Transplant memiliki fasilitas perawatan dengan kualitas internasional. Mulai dari peralatan dan perlengkapan yang digunakan, tim ahli dan tim medis yang terkualifikasi, hingga pelayanan monitoring oleh personel ASMED sejak konsultasi, menjalani transplantasi, hingga mendapatkan hasil akhir dari transplantasi rambut tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading