Sukses

Beauty

Tutorial Membuat Natural Makeup Look yang Mudah dan Anti Gagal, Hasilnya Pasti Cantik

Fimela.com, Jakarta Makeup menjadi salah satu kebutuhan para perempuan untuk menciptakan penampilan yang cantik dan menawan. Menariknya, saat ini sudah ada banyak sekali jenis makeup look yang populer di kalangan beauty enthusiast. Di antaranya adalah natural makeup look, yang kini menjadi salah satu yang paling digemari dan dijadikan sebagai pilihan utama untuk menyempurnakan penampilan sehari-hari. 

Natural makeup look sendiri merupakan jenis riasan wajah yang hasil akhirnya terlihat sangat natural seperti tanpa menggunakan makeup. Sehingga, wajah pun juga nggak terlihat menor dan tampak lebih muda dibandingkan usia yang sebenarnya. Hebatnya lagi, jenis makeup look ini juga bisa diaplikasikan untuk berbagai acara, mulai dari formal, semi formal, hingga non formal sekalipun. 

Meskipun terlihat simpel, ternyata membuat riasan wajah natural ini nggak bisa sembarangan, lho. Dibutuhkan skill dan teknik yang tepat agar hasilnya tetap maksimal dan tanpa kekurangan apapun. Lalu, bagaimana sih caranya membuat natural makeup look yang gampang dan anti gagal? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Lakukan Skin Preparation

Sebelum mengaplikasikan berbagai alat makeup pada wajah, ada bagusnya jika kamu melakukan skin preparation terlebih dahulu. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk menciptakan pelindung agar kulit wajah nggak mengenai produk-produk makeup secara langsung. Sebab, aneka macam makeup ini pada umumnya mengandung bahan kimia, yang punya efek samping tertentu jika dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Adapun yang harus dilakukan dalam tahap ini adalah membersihkan wajah menggunakan first cleanser, lalu tonner, dan kemudian diikuti dengan face wash. Selain untuk menghilangkan kotoran, membersihkan wajah juga memiliki kegunaan untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati yang masih menempel. Sehingga, proses pembuatan natural makeup look akan lebih mudah dan memiliki peluang keberhasilan yang besar.

Selanjutnya, aplikasikan pelembap atau moisturizer yang berguna untuk mengunci kelembapan pada kulit. Ini juga wajib dilakukan agar makeup yang digunakan bisa bercampur secara sempurna. Selanjutnya, pakai sunscreen supaya kulit bisa mendapatkan perlindungan dari sinar UV matahari. 

2. Pakai Foundation yang Ringan di Kulit

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memakai foundation sebagai base makeup wajah. Dalam menciptakan riasan natural, foundation ini berfungsi untuk menutupi noda-noda serta membuat riasan pada wajah bisa bertahan lama. Namun ingat, selalu aplikasikan foundation secara tipis agar hasilnya nggak berlebihan.

Oiya, pastikan juga untuk menggunakan foundation sesuai dengan warna kulit kamu. Karena, warna foundation yang nggak sesuai dengan warna kulit akan membuat wajah menjadi abu-abu jika digunakan. Jadi, ketahui warna kulit wajah yang dimiliki dan pilih foundation yang tepat, ya.

3. Pilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Dalam membuat natural makeup look, penggunaan bedak ternyata juga sangat diperlukan, lho. Penggunaan bedak ini berfungsi untuk mengunci makeup natural agar tetap sempurna sepanjang hari. Namun, memilih bedak juga harus memperhatikan jenis kulit yang dimiliki. 

Misalnya jenis kulitmu cenderung lebih berminyak, maka pilihlah bedak tabur yang bisa menempel dengan lebih baik dan memiliki kemampuan untuk mengikat minyak di permukaan kulit wajah. Lalu, bedak tabur ini juga cocok jika digunakan untuk kulit wajah yang berjerawat serta berkomedo. Sementara itu, untuk kulit wajah normal dan kering, sebaiknya gunakan bedak padat agar makeup yang diaplikasikan bisa menempel lebih awet.

4. Gunakan Blush On dan Highlighter

Mengoleskan blush on juga jadi poin penting lainnya dalam menciptakan tampilan natural. Cukup usapkan blush on berwarna pink atau peach pada kedua tulang pipi dan kemudian ratakan menggunakan kuas makeup. Jika ingin hasilnya lebih merona dan alami, kamu juga bisa meratakan blush on menggunakan jari tangan. Jadi, pastikan untuk membersihkan tangan kamu dulu sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah. 

Nggak cuma blush on saja, kamu pun juga bisa menambahkan highlighter di sekitar area puncak tulang pipi, batang hidung, dan area kening agar tampilan wajah bisa terlihat lebih segar. Akan tetapi, jangan sampai terlalu berlebihan saat mengaplikasikannya.

5. Perindah Tampilan Mata dengan Eyeshadow dan Maskara

Pilihan eyeshadow dengan warna dominan cokelat atau beige akan sangat cocok untuk menciptakan natural makeup look. Biar hasil akhirnya bisa semakin cantik, cobalah untuk mengaplikasikan eyeshadow menggunakan teknik gradasi. Gunakan warna yang lebih muda sebagai base pada kelopak mata. Kemudian, lapisi dengan warna yang lebih gelap agar hasilnya bisa tampak lebih natural. 

Nggak ketinggalan, kenakan pula maskara agar setiap helai bulu mata bisa terkesan lebih panjang dan lentik. Kamu bisa memilih maskara dengan warna hitam, karena dapat memberikan efek mata yang lebih lebar. Tapi, jangan gunakan produk ini terlalu banyak. Sebab, maskara yang dipakai berlebihan justru bisa membuatnya menggumpal dan nggak terlihat bagus di mata.

6. Jangan Lupa Isi Alis

Alis juga perlu diperhatikan dalam membuat riasan natural. Saat ini ada berbagai varian produk alis yang bisa dipilih dalam membuat tampilan di sekitar mata jadi semakin sempurna. Ada yang berbentuk powder, pencil, mascara, dan bahkan pomade. 

Nah, untuk tampilan natural sendiri, kamu bisa memilih produk alis yang berbentuk powder atau pencil. Pasalnya, kedua produk ini akan menghasilkan after finish yang lebih alami dan presisi. Selain itu, pilihlah warna cokelat atau hitam, biar hasilnya bisa lebih menyatu dengan warna asli dari alis kamu. 

Namun sebelum mengenakan produk alis, pastikan dulu jika kamu sudah merapikan bulu alis dengan sisir alis atau spoolie, ya. 

7. Sempurnakan Tampilan Bibir dengan Lip Product Berwarna Nude 

Langkah selanjutnya yang nggak kalah penting untuk dilakukan adalah menyempurnakan tampilan bibir. Untuk yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan lip product dengan warna nude. Misalnya saja seperti lipstik, lipgloss, liptint, atau pun lipcream. 

Saat memilih lip product berwarna nude, usahakan untuk menghindari warna-warna yang terlalu muda. Pasalnya, jenis warna tersebut justru bisa membuat bibir terlihat lebih pucat. Apabila memiliki kulit yang lebih putih, maka lip product dengan warna nude pink atau nude peach bisa dijadikan pilihan yang sempurna. Sementara itu, warna nude brown bisa dijadikan opsi tepat bagi kamu yang punya kulit lebih gelap. 

8. Selesaikan dengan Menggunakan Setting Spray

Setelah rangkaian makeup selesai digunakan, waktunya mengunci riasan tersebut menggunakan setting spray. Produk ini merupakan cairan yang dapat disemprotkan pada wajah agar hasil riasan bisa lebih awet dan terhindar dari kelunturan. Ini semua tentunya berkat kandungan dalam setting spray yang dibuat secara khusus agar hasil makeup bisa bertahan lebih lama di setiap kesempatan.

Setting spray ini juga berfungsi untuk meningkatkan tampilan akhir makeup yang kamu inginkan. Entah itu dewy, matte, atau glowing. Produk ini bahkan memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit agar nggak kering setelah menggunakan makeup. So, pastikan kamu nggak melupakan langkah terakhir ini, ya.

Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Menyempurnakan Natural Makeup Look 

Selain mengandalkan penggunaan makeup, kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari ternyata juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menciptakan natural makeup look, lho. Dengan beragam kebiasaan baik ini, kulit wajah akan lebih sehat, bagus, serta terawat. Sehingga, riasan natural yang dibuat pun dapat semakin cantik dan paripurna di wajah kamu. Kira-kira apa saja sih kebiasaan baik yang bisa ditiru?

Selalu Mencuci Wajah dengan Rutin dan Benar

Rutin mencuci wajah dengan benar dipercaya dapat memberikan kelembapan yang tepat bagi kulit. Meski begitu, mencucinya terlalu sering juga nggak disarankan karena bisa menghilangkan kelembapan pada kulit dan menyebabkannya jadi kering. Untuk itu, disarankan agar mencuci wajah setiap dua kali sehari, di pagi dan malam sebelum tidur.

Mencukupi Kebutuhan Air

Sel-sel kulit umumnya membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Dengan rajin minum air, kulit bisa terjaga kelembapannya serta membuatnya lebih kenyal dan elastis. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk penuhi kebutuhan air setiap harinya. 

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Kebiasaan baik lainnya yang bisa bantu menyempurnakan makeup natural untuk pemula adalah mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Makanan sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kecantikan kulit. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi adalah seperti buah-buahan dan sayur-sayuran hijau. Kedua jenis bahan makanan ini dinilai memiliki ragam kandungan vitamin yang tinggi serta mineral yang tentunya sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Tidur Tepat Waktu

Tidur tepat waktu nyatanya juga penting dalam keberhasilan menciptakan riasan natural. Mengapa demikian? Pasalnya kulit seseorang yang memiliki jadwal tidur yang teratur dinilai lebih sehat dan minim masalah jika dibandingkan dengan kulit yang jam tidurnya nggak karuan. 

Selain itu, tidur dengan kuantitas dan kualitas yang baik juga mampu menghindarkan mata dari lingkaran hitam yang mengganggu. Untuk itu, tidurlah selama kira-kira 7-8 jam per harinya. Jangan lupa pula untuk menghindari kegiatan apapun di larut malam.

Menyempatkan Waktu untuk Olahraga

Rahasia lainnya yang dapat membuat hasil natural makeup menjadi lebih sempurna adalah dengan berolahraga. Selain bikin tubuh sehat dan bugar, ternyata olahraga ini juga bermanfaat bagi kecantikan kulit yang dimiliki. Olahraga sendiri dapat membantu menciptakan kulit yang lebih bersih dan bersinar. 

Bukan cuma itu, kegiatan sehat ini bahkan berguna untuk melancarkan sirkulasi darah yang ada di seluruh tubuh, termasuk pula di bagian kulit. Jika kamu ingin berolahraga, bisa banget kok mencoba mulai dari yang ringan dulu. Misalnya saja seperti jogging, yoga, bersepeda, berenang, dan masih banyak yang lainnya.

Menciptakan natural makeup ternyata nggak sesulit yang dibayangkan, bukan? Langkah-langkahnya juga nggak banyak dan bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun. Meskipun begitu, jangan lupa untuk membiarkan kulit wajah bernapas setelah dirias.

Adapun hal yang bisa dilakukan adalah membersihkan riasan di wajah dengan metode double cleansing. Prosesnya bisa dibilang sama dengan saat melakukan skin preparation. Pertama, hapus makeup dengan memakai micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm. Kedua, cuci muka menggunakan sabun cuci muka untuk menghilangkan semua sisa-sisa riasan yang masih menempel pada kulit wajah. Sehabis itu, keringkan menggunakan handuk bersih dan jangan lupa pakai moisturizer juga.

Yuk, terapkan tutorial membuat natural makeup look di atas agar penampilan bisa paripurna sepanjang hari!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading