Sukses

Beauty

Nggak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Kesalahan Merawat Wajah yang Bisa Bikin Pori-Pori Terlihat Besar

Fimela.com, Jakarta Punya wajah yang terlihat glowing dan mulus mungkin selama ini sudah jadi impian. Nggak heran jika sebagian dari kamu melakukan banyak cara untuk mewujudkan hal tersebut. Namun, saat diperhatikan di cermin, pori-pori kok malah terlihat terbuka dan membesar ya?

Sekilas memang terlihat sepele, tapi pori-pori yang terlihat besar bisa membuat wajah terlihat kurang mulus. Coba diperhatikan dulu, beberapa kesalahan dalam merawat wajah ini bisa jadi penyebabnya. Apa saja?

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah memang diperlukan untuk membersihkan kulit di area tersebut dari kotoran, minyak alami, debu, dan sisa makeup yang menempel. Namun, beberapa kondisi tertentu seringnya bikin kamu ingin cuci muka terus nih. Misalnya saat wajah terlihat sangat berminyak atau ketika cuaca panas.

Eits, jangan teruskan kebiasaan mencuci wajah berlebihan ini, lho. Idealnya, kamu cukup melakukan rutinitas tersebut 2 kali saja dalam sehari. Jika berlebihan, kandungan sabun yang digunakan bisa mengikis kelembapan alami kulit yang membuat produksi minyak semakin meningkat dan membuat pori-pori terlihat membesar. Jadi, hindari kesalahan yang satu ini ya.

Memencet Komedo

Komedo yang terlihat nongol di sekitar hidung, dagu, dan area wajah lainnya memang sering bikin gemas. Rasanya ingin banget menyingkirkan problem yang satu ini, sehingga nggak sedikit dari kamu yang sering memencet dan mengeluarkan komedo secara paksa. It's a big no! Kebiasaan tersebut juga bisa membuat pori-pori terlihat membesar.

Mengeluarkan komedo secara paksa bisa merusak jaringan kulit, bahkan berpotensi menimbulkan iritasi dan luka. Kondisi inilah yang kemudian membuat banyak bakteri berkumpul dan membuat pori-pori terlihat membesar. Jika memang punya masalah komedo, rutin lakukan eksfoliasi dengan scrub atau skincare khusus yang mengandung AHA, BHA, atau PHA.

Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi memang bisa membantu mengangkat komedo dan sel kulit mati yang membantu wajah jadi terlihat lebih glowing. Namun, perhatikan juga aturan mainnya. Hindari eksfoliasi berlebihan karena bisa menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya adalah pori-pori yang terlihat membesar.

Produk eksfoliasi bekerja untuk merangsang pengelupasan sel kulit mati sekaligus membuka pori-pori untuk membersihkan sumbatannya dari kotoran atau pun minyak alami. Jika dilakukan secara berlebihan, nggak hanya bikin pori-pori semakin terlihat besar saja, tapi juga risiko iritasi juga bisa kamu alami. Jadi, pastikan ikuti aturan eksfoliasi yang tepat yaitu cukup 1 kali dalam seminggu.

Terlalu Sering Retouch Makeup

Bagi yang punya aktivitas padat seharian, retouch makeup memang jadi kebutuhan untuk menjaga penampilan agar tetap terlihat segar dan menarik. Misalnya dengan menambahkan bedak agar wajah tidak terlihat kusam, lipstik, hingga blush on yang membuat terlihat makin fresh. Namun, ternyata kebiasaan ini ada efeknya, lho.

Saat retouch makeup, artinya lapisan makeup di atas kulit semakin tebal yang cenderung bisa membuat pori-pori tersumbat. Hal ini juga yang memicu pori-pori terlihat lebih besar. Untuk mengantisipasinya, mungkin kamu bisa memilih jenis riasan long lasting dengan formula non comedogenic yang tahan lama, tapi tetap ringan saat digunakan.

Malas Menggunakan Masker Wajah

Coba ngaku, ada yang masih rutin menggunakan perawatan masker wajah setiap minggunya? Jangan diabaikan, karena rutinitas skincare yang satu ini juga penting untuk menutrisi kulit lebih dalam.

Untuk mengatasi masalah pori-pori yang membesar, masker wajah berjenis clay mask juga bisa diandalkan kok. Bahan yang satu ini bekerja untuk menghaluskan pori-pori, mengangkat komedo serta mencegah munculnya jerawat yang bisa mengganggu penampilan. Jangan lupa pilih jenis masker wajah dengan kandungan yang dapat menenangkan kulit serta menjaga pori-pori agar tetap mengecil.

Yuk, saatnya hindari kesalahan di atas dan lakukan perawatan yang tepat untuk bikin wajah mulus, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading