Sukses

Beauty

14 Langkah Mendapatkan Kilau Rambut Sehat Alami yang Mudah dan Murah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Perempuan mana yang tak senang jika punya kilau rambut sehat setiap saat? Selain terlihat indah alami, rambut yang sehat berkilau juga bisa menambah rasa percaya diri. Apalagi bagi perempuan, rambut sudah seperti mahkota yang harus dijaga keindahannya, sehingga wajar jika rambut sehat berkilau selalu jadi dambaan.

Walau demikian, rambut yang seperti itu tak bisa didapatkan secara instan. Tentunya, ada langkah-langkah yang harus dijalani, biar kilau rambut sehat bisa didapatkan. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena ternyata ada cara yang mudah dan relatif murah untuk mewujudkan rambut sehat yang berkilau alami di rumah. Penasaran seperti apa?

1. Cukup Keramas Dua Hari Sekali Saja

Rambut memang perlu dicuci secara rutin, akan tetapi pastikan agar tidak terlalu sering melakukannya, terutama dengan keramas menggunakan sampo. Hal ini karena keramas terlalu sering justru dapat mengurangi minyak alami pada kulit kepala. Padahal, keberadaan minyak alami pada kulit kepala dibutuhkan untuk menutrisi rambut, agar pertumbuhannya dapat berlangsung dengan baik.

Sebaliknya, yang benar adalah cukup keramas menggunakan sampo dan kondisioner setiap dua hari sekali saja. Tak kalah penting, cucilah rambut atau keramaslah menggunakan air dingin dan biasa saja. Jangan mencuci rambut menggunakan air panas, karena bisa menghilangkan minyak alami rambut. Akibatnya, rambut jadi akan terlihat kusam dan kering.

Setelah itu, biarkan rambut kering dengan sendirinya. Seminimalkan mungkin gunakan hairdryer. Jangan pula menggosoknya dengan handuk apalagi disisir saat rambut saat basah. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat rambut mudah patah dan mengalami kerontokan.

2. Lebih Baik Menggunakan Sampo yang Ada Pelembapnya

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam mendapatkan rambut sehat berkilau di rumah adalah jangan salah memilih sampo untuk merawat rambut. Pilihlah sampo yang ada kandungan pelembapnya. Hal ini karena rambut membutuhkan minyak untuk menjaga lapisan keratin.

Hanya saha, kondisi lingkungan yang panas dan kering ditambah faktor gaya hidup, membuat kadar kelembapan alami pada rambut dan kulit kepala ini menjadi berkurang. Penggunaan sampo yang ada kandungan pelembapnya dapat membantu mengembalikan kelembapan setiap helai rambut, sekaligus menjaga rambut tetap berkilau.

Selain itu, pastikan untuk memilih jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan sesuai dengan masalah rambut yang dialami, seperti ketombe, rambut bercabang maupun rambut rontok. Hindari memilih sampo yang mengandung bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate.

3. Aplikasikan Kondisioner Saat Keramas

Fungsi kondisioner dalam mempertahankan kilau rambut sehat sangatlah besar. Akan tetapi, beberapa orang masih sering keramas hanya menggunakan sampo saja dan jarang atau bahkan tak pernah pakai kondisioner sama sekali. Padahal, rutin menggunakan kondisioner dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut.

Selain itu, penggunaan kondisioner juga dapat membuat rambut lebih gampang diatur atau mudah ditata. Pilihlah kondisioner yang sesuai dengan tipe rambut. Aplikasikan saat keramas atau sesudah menggunakan sampo. Kemudian, sisirlah rambut dengan jari setelah pemakaian kondisioner, agar rambut tak sampai patah.

4. Pakailah Masker dan Vitamin Rambut

Jangan hanya puas merawat rambut menggunakan sampo dan kondisioner saja. Untuk mendapatkan kilau rambut sehat, kamu butuh perawatan ekstra, termasuk salah satunya dengan memakai masker rambut dan vitamin rambut. Kedua produk tambahan ini diperlukan agar rambut bisa lebih terawat secara maksimal.

Sebelum membeli masker dan vitamin rambut, pastikan untuk melihat label produk dan kegunaannya. Tujuannya agar lebih sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut. Baik masker rambut maupun vitamin rambut sangat berguna untuk merawat rambut, khususnya yang sempat mengalami kerusakan. Dengan begitu, rambut dapat kembali terawat dan tampak sehat berkilau lagi.

5. Jangan Menyisir Rambut Asal-Asalan

Walau sekilas tampak sepele, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menyisir rambut. Pastinya dengan catatan, menyisirnya harus dengan cara yang tepat, bukan asal-asalan. Nah, di samping dapat menambah kilau rambut sehat, menyisir rambut juga dapat membantu melancarkan aliran darah di kulit kepala.

Hal ini karena beberapa sisir dapat memberikan pijatan kecil pada kulit kepala. Pijatan tersebut ternyata mampu merangsang aliran darah ke kulit kepala. Manfaatnya bagi rambut, pertumbuhan rambut yang sehat jadi dapat meningkat.

Biar rambut tak mudah rontok, gunakan sisir bergigi renggang. Hindari menggunakan sisir yang terlalu rapat, terutama jika rambut sudah sering rontok. Setelah mandi dan rambut sudah kering betul, sisirlah rambut dengan lembut dan perlahan. Lakukan hal ini juga sebelum tidur, agar keindahan rambut dapat terjaga sepanjang waktu.

6. Bersihkan Alat Styling Rambut Secara Rutin

Usai keramas atau mencuci rambut, biasanya perempuan suka menata rambutnya, lebih-lebih jika ingin pergi keluar. Sebab, hal tersebut amat penting untuk menunjang penampilan. Hanya saja yang perlu diingat, alat penata rambut ini cukup sering digunakan, jadi jangan malas membersihkannya.

Bukan tanpa alasan, alat penata rambut yang kotor dapat membuat proses penataan rambut menjadi kurang maksimal. Bahkan, tak jarang hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut. Alat penata rambut ini pun bisa berupa sisir, jepit maupun sirkam. Bersihkan dengan cara mencucinya pakai sabun dan sikat gigi tak terpakai. Jemur sampai benar-benar kering, sebelum digunakan kembali.

7. Gunakan Produk Pelindung Rambut dari Panas

Ketika styling rambut, kadang tak cukup menggunakan peralatan konvensional saja. Demi mendapatkan hasil terbaik, beberapa perempuan memilih menggunakan alat pelurus rambut atau alat untuk mengeritingkan rambut elektrik yang panas.

Model rambut yang diinginkan memang lebih mudah didapatkan dengan alat tersebut, tetapi yang perlu diingat adalah alat tersebut menghasilkan panas yang juga berisiko menyebabkan kerusakan rambut. Supaya rambut tetap terlindungi dengan baik selama menggunakan alat pelurus maupun pengeriting rambut yang panas, maka gunakan produk pelindung rambut dari panas atau heat protector.

Aplikasikan produk tersebut pada rambut sebelum mulai ditata. Produk satu ini efektif melindungi rambut dari suhu panas, sehingga dapat meminimalkan kerusakan pada batang rambut. Menariknya, produk satu ini juga mudah didapatkan di berbagai toko kecantikan. Bahkan, tak sedikit yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau lho.

8. Potong Ujung Rambut Secara Rutin

Apabila rambut sudah tampak panjang, segeralah untuk memotongnya, terutama bagian ujung-ujungnya. Memotong rambut bukan saja penting untuk mempertahankan penampilan agar senantiasa menarik dalam beragam kesempatan. Akan tetapi, rutin memotong rambut juga dapat mempertahankan kilau rambut sehat lebih lama.

Tentunya tak harus dipotong sampai pendek, cukup bagian ujung-ujung rambut saja. Sebab, ujung-ujung rambut ini biasanya acap kering dan bercabang, sehingga jika tidak rutin dipotong maka dapat membuat rambut jadi mudah mengembang, kering dan susah diatur. Potonglah ujung rambut ini paling tidak setiap delapan minggu sekali, agar kesehatan rambut tetap terjaga setiap saat.

9. Gunakan Sarung Bantal Bahan Sutra

Supaya perawatan rambut yang telah dilakukan tidak sia-sia, maka maksimalkan dengan memakai sarung bantal hingga seprai yang berbahan sutra. Bukan tanpa sebab, selain bikin tidur lebih nyenyak, penggunaan sarung bantal ternyata juga berpengaruh pada kesehatan rambut.

Adapun alasan kenapa bahan sutra ini sebaiknya dipilih, sebab saat tidur rambut jadi tak mudah tersangkut maupun patah. Apalagi saat malam hari, durasi tidur lebih lama, sehingga berpindah posisi kepala pun tak dapat dihindari. Akibatnya, rambut jadi mudah patah maupun rontok saat tidur. Supaya kerusakan rambut tak sampai terjadi selama tidur, mulailah menggunakan sarung bantal berbahan sutra dari sekarang.

10. Biarkan Rambut Tergerai Alami

Rambut memang lebih nyaman dikuncir agar tidak terlalu terasa gerah, lebih-lebih saat sedang sibuk beraktivitas. Namun, pastikan untuk tidak sering-sering atau terlalu lama menguncir rambut. Terlalu sering apalagi jika ikatannya amat keras dalam mengikat rambut dapat menyebabkan sirkulasi darah di kulit kepala terhambat.

Bukan itu saja, peredaran darah juga menjadi kurang lancar jika rambut terlalu sering dikuncir. Akibatnya, saraf di kelapa menjadi tertarik dan bikin kepala kerap merasakan pusing. Oleh karena itu, saat sedang tidak beraktivitas, biarkan rambut tergerai alami agar bisa bebas bernapas. Apabila merasa cukup mengganggu lantaran terlalu panjang misalnya, bisa jadi waktunya memotong rambut atau ganti gaya rambut yang lebih pendek.

11. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar UV

Tahukah kamu, paparan sinar UV dari matahari di siang hari bukan saja berisiko buruk bagi kesehatan kulit, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan rambut. Apabila terlalu lama dan sering terpapar sinar UV rambut jadi mudah kering, mengembang dan susah diatur.

Upayakan untuk selalu menggunakan pelindung kepala, seperti topi. Khususnya jika sering bepergian ke luar atau acap berpanas-panasan di jalan. Dengan begitu, rambut sekaligus kulit wajah tak sampai terpapar sinar UV langsung, yang berisiko bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan, termasuk masalah rambut.

12. Jangan Stres Terus-Terusan

Langkah lainnya yang tak kalah penting dilakukan untuk mendapatkan kilau rambut alami adalah menjaga diri agar tak sampai mengalami stres terus-terusan. Stres tak hanya membuat produktivitas jadi terhambat maupun terganggu, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bilamana berlangsung secara berlarut-larut.

Bukan saja kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan rambut juga akan terdampak akibat stres ini. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan diri untuk mulai mengontrol stres. Terapkan gaya hidup yang lebih rileks.

Misalnya dengan membagi waktu bekerja dan beristirahat secara seimbang. Jika perlu rekreasi atau menyenangkan diri, tak perlu ditunda. Bila bisa menikmati hidup lebih bahagia, stres dapat diminimalkan atau bahkan bisa dihindari, sehingga kilau rambut sehat dapat dipertahankan.

13. Perhatikan Pola Makan yang Tepat

Mendapatkan rambut yang sehat berkilau tidak hanya bergantung pada perawatan dari luar saja. Kamu juga perlu mengimbanginya dengan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan bergizi seimbang sebagai asupan nutrisi harian.

Konsumsilah makanan bergizi, terutama yang kaya akan protein, seperti daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang, susu hingga telur. Aneka makanan bergizi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya zinc dan asam lemak omega-3, seperti sayuran berdaun hijau, makanan laut, buah-buahan, keju dan juga yogurt. Bila perlu, konsumsi suplemen tambahan seperti biotin untuk mengurangi dan mencegah kerontokan rambut.

Perhatikan juga asupan air putih secara cukup. Sebab, air putih dapat memberi energi pada ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami pada kulit dan akar rambut. Terlebih lagi, minum air putih secara cukup setiap hari juga dapat membantu menghilangkan masalah rambut, seperti ketombe dan dermatitis seboroik.

14. Jangan Lupakan Olahraga Secara Rutin

Tak hanya memperhatikan pola makan dengan asupan bergizi seimbang, kesehatan rambut juga perlu didapatkan dengan menerapkan olahraga secara rutin. Ini karena olahraga tak hanya membuat tubuh lebih bugar dan pikiran lebih segar, tetapi juga memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan rambut.

Melakukan olahraga secara teratur dapat memberikan kontribusi dalam menyuburkan folikel rambut. Selama berolahraga aliran darah menjadi lebih lancar, dan membuat oksigen dapat tersuplai dengan baik hingga ke bagian folikel rambut. Hasilnya, rambut dapat tumbuh dengan baik, karena sirkulasi darah yang lancar dapat menstimulasi folikel rambut.

Itulah beberapa langkah mendapatkan kilau rambut sehat yang bisa diaplikasikan dengan mudah sekaligus murah di rumah. Selain itu, beberapa cara tersebut bisa dipraktekkan sendiri tanpa harus menunggu bantuan orang lain, apalagi pergi ke salon terlebih dulu. Hasilnya, bukan hanya bisa membuat rambut menjadi lebih sehat berkilau, tetapi juga tetap bisa hemat di kantong dari segi biaya.

Supaya hasilnya maksimal, jangan lupa menerapkan beberapa langkah tersebut secara konsisten. Sebab, susah mendapatkan hasil maksimal jika sekadar mencoba sekali dua kali saja. Bagaimanapun proses tak akan menghianati hasil. Semakin rutin dilakukan, kilau rambut sehat pun bisa cepat kamu dapatkan maupun kamu pertahankan. Bagaimana, siapa mempraktekkannya sendiri di rumah, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading