Sukses

Beauty

10 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah yang Bisa Bikin Kulit Makin Mulus dan Cantik

Fimela.com, Jakarta Mengecilkan pori-pori mungkin jadi salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian perempuan untuk membuat wajah terlihat mulus dan cantik. Bukan tanpa alasan, kulit yang mulus dapat mendukung riasan yang digunakan menempel dengan baik. Hal ini tentu saja dapat menunjang penampilan sehari-hari.

Sayangnya, pori-pori yang terlihat membesar masih jadi salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh perempuan. Sering dibuat galau oleh problem yang satu ini, Sahabat Fimela? Untungnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pori-pori tampak kecil sehingga wajah pun makin mulus dan cantik. Gali infonya lebih dalam lewat artikel ini, ya!

Kok Bisa Sih Pori-pori Wajah Terlihat Membesar?

Buat yang memiliki masalah pori-pori wajah terlihat membesar, pasti dibuat bingung dengan hal yang satu ini. Apa sih yang menyebabkan pori-pori bisa terlihat besar? Ternyata, ada banyak faktor yang menjadi latar belakang problem tersebut. Misalnya saja faktor internal yang meliputi genetik, usia, dan perubahan hormon.

Faktor genetik biasanya bisa dilihat secara turun-temurun. Misalnya jika memiliki anggota keluarga yang pori-pori wajahnya besar, bisa jadi kamu juga memiliki jenis kulit tersebut. Faktor lain yaitu usia, semakin meningkat usia seseorang, maka produksi kolagen akan semakin menurun yang membuat elastisitas wajah berkurang sehingga pori-pori pun membesar. Sementara itu dari sisi perubahan hormon, ketika perempuan dalam masa ovulasi maka pori-porinya juga akan terlihat lebih membesar.

Selain faktor internal, ada juga beberapa kondisi eksternal yang bisa menyebabkan pori-pori membesar. Paparan sinar ultraviolet menjadi faktor terbesar yang bisa membuat pori-pori lebih lebar. Hal ini disebabkan radiasi sinar UV yang menghambat produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga elastisitas kulit berkurang dan membuat efek pori-pori yang terlihat lebih besar. Selain itu, kondisi pori-pori tersumbat juga bisa menjadi penyebab area kulit tersebut terlihat lebih membesar.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Lewat Perawatan Sehari-hari

Nggak perlu merasa galau dengan pori-pori wajah yang terlihat membesar. Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Lewat beberapa perawatan sehari-hari ini, kamu bisa mendapatkan pori-pori yang lebih kecil sehingga wajah pun terlihat lebih mulus dan cantik.

1. Double Cleansing

Salah satu penyebab pori-pori wajah terlihat membesar adalah karena kondisinya tersumbat. Jadi, penting banget untuk menerapkan ritual membersihkan wajah yang tepat untuk mencegah sumbatan pada pori-pori yang bisa menyebabkannya jadi terlihat membesar. Jangan lupa terapkan double cleansing dalam ritual kecantikan sehari-hari ya!

Pastikan membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari setelah melakukan berbagai aktivitas. Awali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water atau cleanser lain yang sesuai dengan jenis kulit dan lanjutnya dengan mencuci wajah menggunakan facial foam.

Double cleansing dapat membuat kegiatan membersihkan wajah jadi lebih maksimal. Kotoran, sisa makeup, hingga minyak alami yang menyumbat pori-pori bisa terangkat optimal dan menjaga kondisinya agar tetap terlihat kecil.

2. Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembap

Apa hubungannya pori-pori yang besar dengan penggunaan moisturizer atau pelembap ya? Jadi, secara umum moisturizer dapat membantu menjaga kelembapan dan hidrasi alami pada kulit wajah. Kondisi lembap ini akan membuat kulit terasa lebih kenyal, sehingga otomatis pori-pori pun akan lebih rapat.

Pastikan untuk selalu menggunakan moisturizer secara rutin, ya! Eits, produk ini nggak hanya wajib digunakan oleh pemilik kulit kering. Bagi kamu yang mempunyai jenis kulit berminyak juga disarankan untuk memakai pelembap. Jika kadar kelembapan alami kulit menurun dapat memicu produksi minyak yang berlebihan. Hal ini bisa membuat pori-pori wajah terlihat membesar. Jadi, pastikan pakai pelembap secara rutin yang sesuai jenis kulitmu ya!

3. Gunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Bukan rahasia lagi kalau sunscreen menjadi salah satu produk yang wajib digunakan saat beraktivitas di luar ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, paparan sinar UV berlebih bisa menyebabkan menurunnya tingkat elastisitas kulit. Hal ini bisa membuat kulit jadi tidak kencang dan pori-pori pun terlihat membersar.

Jika ingin mengecilkan pori-pori, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Pilih jenis sunscreen yang memiliki formula non-comedogenic supaya tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Selain itu, jangan lupa perhatikan tingkat SPF yang sesuai kebutuhan untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

Jika sudah menggunakan sunscreen, jangan lupa kalau produk yang satu ini harus digunakan ulang setiap 2 jam sekali. Hal ini karena formula sunscreen bisa saja luntur karena keringat. Ketahanannya pun bervariasi tergantung tingkat SPF yang dipilih.

4. Pilih Skincare dan Makeup dengan Label Non Comedogenic

Jika ingin membuat pori-pori terlihat lebih kecil, mulai sekarang kamu bisa memperhatikan dengan lebih seksama tentang kandungan suatu produk. Pastikan memilih produk skincare dan makeup dengan label non comedogenic untuk menjaga pori-pori agar tidak terlihat membesar.

Penggunaan produk yang terlalu 'berat' bisa membuat pori-pori tersumbat. Kondisi tersebut nggak hanya membuatnya jadi terlihat membesar, tapi juga dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Mulai dari munculnya komedo hingga jerawat yang mengganggu penampilan.

5. Pakai Toner Bebas Alkohol

Jika ingin membuat pori-pori tampak mengecil, jangan lupa gunakan toner dalam rutinitas skincare yang kamu lakukan sehari-hari. Produk yang satu ini memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit agar tidak mudah kering dan mengelupas, menyeimbangkan pH kulit, hingga mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Nggak hanya itu saja, toner juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, lho.

Setelah mencuci wajah, keringkan dengan handuk lembut dan segera aplikasikan toner sebelum menggunakan moisturizer. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, pastikan pilih toner yang bebas kandungan alkohol. Selain itu, pilih juga kandungan toner yang menyesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Bagi pemilik kulit kering, hydrating toner bisa jadi pilihannya. Namun bagi yang memiliki kulit berminyak atau sensitif, calming toner dapat dipakai untuk rutinitas perawatan sehari-hari.

6. Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-pori

Perawatan lain juga bisa dilakukan untuk mendukung cara mengecilkan pori-pori yang kamu lakukan di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan clay mask alias masker dengan bahan dasar tanah liat.

Masker yang satu ini dikenal dengan keunggulannya yang dapat menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Produksi sebum secara berlebihan dapat membuat pori-pori tampak lebih besar. Kondisi ini juga dapat memicu pertumbuhan jerawat. Selain itu, clay mask juga dikenal dengan kandungannya kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Salah satu manfaat clay mask yang paling sering jadi adnalan adalah kandungannya yang mampu mengecilkan pori-pori. Masker ini bekerja dengan cara menarik dan mengikat kotoran untuk mengeluarkannya dari pori-pori. Jadi, kulit pun terlihat lebih halus dan mulus.

7. Eksfoliasi Wajah secara Rutin

Sel kulit mati, kotoran, dan produksi minyak berlebih yang tidak dibersihkan dengan maksimal dapat mengendap dan menumpuk di permukaan wajah. Efeknya adalah bisa membuat kondisi pori-pori jadi tersumbat yang kemudian membuat tampilannya jadi terlihat membesar.

Nah, untuk mengecilkan pori-pori yang mengalami kondisi ini, kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin. Hal ini dapat membantu mengangkat sumbatan yang ada pada pori-pori, sehingga membuatnya terlihat lebih kecil dan wajah pun makin halus.

Lakukan eksfoliasi secara rutin setiap 1-2 kali dalam seminggu. Hindari over-exfoliation atau eksfoliasi berlebihan karena dapat menyebabkan wajah rentan mengalami iritasi dan terlihat kusam.

8. Gunakan Masker Alami

Perawatan dengan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami juga bisa menjadi alternatif untuk membuat pori-pori tampak lebih mengecil. Kamu bisa memanfaatkan bahan yang ada di sekitar dengan cara yang mudah. Misalnya saja lidah buaya yang banyak digunakan untuk produk kecantikan. Lidah buaya memiliki sifat melembapkan, sehingga dapat membantu kulit terlihat lebih kencang sekaligus membuat pori-pori lebih kecil.

Untuk mencoba masker ini, caranya mudah banget. Ambil 1 batang lidah buaya, cuci hingga bersih. Ambil bagian gel berwarna bening dan oleskan pada wajah. Tunggu 15 menit, bilas dengan air bersih.

Alternatif bahan lainnya adalah tomat yang kaya vitamin untuk menutrisi kulit. Kandungan di dalamnya bekerja untuk menjaga elastisitas kulit yang membantu membuat pori-pori lebih kecil sekaligus mengurangi kandungan minyak pada wajah. Cara membuatnya sederhana, cuci bersih 1 buah tomat, haluskan. Ambil kapas, celupkan ke dalam larutan tomat tersebut dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, bilas hingga bersih.

9. Perhatikan Asupan Air Putih

Selain menggunakan pelembap, penting juga menjaga hidrasi dan kelembapan alami kulit dari dalam. Kulit yang lembap dapat membuatnya terlihat lebih kencang. Artinya, pori-pori pun akan terlihat lebih kecil juga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih harian. Idealnya, kebutuhan air putih harian adalah 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Nggak hanya dapat mengecilkan pori-pori, kamu juga bisa membuat kulit terlihat lebih glowing sekaligus mendukung metabolisme tubuh yang lebih baik.

Biasanya kesibukan sehari-hari sering bikin banyak orang lupa minum air putih. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membawa botol minum ke mana pun pergi. Jika bosan dengan rasanya yang hambar, bisa juga nih dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti kiwi atau stroberi ke dalamnya.

10. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Produksi minyak yang berlebihan bisa membuat pori-pori terlihat besar dan lebar. Pastinya nggak banget dong saat menatap di cermin dan melihat wajah yang tampak banjir minyak dan membesar pori-porinya? Nah, salah satu cara mengendalikan produksi minyak adalah dengan mengatur pola makan sehari-hari.

Hindari makanan berminyak dan berlemak, karena semakin tinggi asupan minyak dan lemak di dalam tubuh, maka bisa memicu produksi minyak kulit yang meningkat juga. Ganti dengan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi, misalnya sayur dan buah yang kaya vitamin untuk menutrisi kesehatan kulit.

Mengecilkan pori-pori bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah di atas. Namun, perlu diperhatikan juga agar kamu rutin melakukan kebiasaan perawatan wajah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit yang optimal. Pastikan juga memilih skincare yang tepat agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading